Mohon tunggu...
Money Artikel Utama

Beberapa Tips Sukses dalam Online Marketing

21 Mei 2015   12:33 Diperbarui: 17 Juni 2015   06:45 57
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

www.yugashop.com

Seperti yang kita tahu bahwa di abad sekarang ini pengguna internet dari semua kalangan di seluruh dunia hampir 24 jam online, entah itu di situs jejaring sosial, game online, dll. Apalagi kita sedang menghadapi era Smart-phonenisasi yang hampir setiap individu memiliki gadget tersebut. Bahkan sekarang-sekarang ini bila ada sebuah flyer atau brosur banyak yang agak kurang puas jika mereka tidak mencari informasi yang mereka butuh kan melalui internet. Maka disinilah peranan online marketing sangat berguna

Walaupun sebenarnya dulu internet lebih fokus terhadap sebuah informasi saja. Praktisi pebisnis yang meluangkan waktunya di online marketing ternyata lebih sukses mencapai target di banding yang hanya menggunakan metode konvensional.

Lalu bagaimana kita mencapai target pasar yang diinginkan melalui metode ekspansi online atau lebih di kenal dengan online marketing, dengan target yang tepat dan dengan budget yang minim?

Berikut beberapa tips yang dapat anda lakukan :

Kenali Pasar Anda

Strategi marketing apapun itu tidak akan pernah sukses bila kita tidak mengenal audience di dunia maya. Sebelum anda meluangkan waktu anda merencanakan strategi marketing anda, kenalilah dahulu siapa dan dimana target pasar anda. Anda tak perlu mengeluarkan uang yang banyak dengan menyewa sebuah agency market research. Jika anda mengenal produk atau jasa anda, maka akan sangat mudah menentukan siapakah sasaran yang tepat. Sebagai contoh, siapakah yang tertarik dengan produk atau jasa anda? Laki-laki atau Perempuan? Berapakah usia mereka? Apa yang membuat mereka tertarik? Dan bagaimanakah situasi finansial mereka?

Setelah anda mengetahui target pasar anda tersebut, bagaimana cara menyentuh hati mereka akan sangat lebih mudah di tentukan. Karena setiap manusia akan tergerak jika kita mengerti, mendengarkan, dan mencapai apa yang mereka harapkan. Bukankah usaha anda bisa besar dan terkenal karena adanya kostumer yang loyal?

Buat dan Rencanakan Target Anda Tentukan dan pilihlah target yang akan anda capai di strategi online marketing anda secara tepat. Sebagai contoh apakah anda ingin mengenalkan kepada publik tentang produk atau jasa anda? Meningkatkan penjualan produk atau jasa anda?. Ketika anda sudah menentukan target strategi anda tersebut maka buatlah target baru agar usaha anda terus berimprovisasi.

Rencanakan Budget Ketika anda sudah mengetahui siapa target pasar anda dan merencanakan tujuan anda, berarti itu saat nya anda menentukan atau menyiapkan budget yang sesuai. Sudah menjadi rahasia umum bahwa marketing online akan lebih minim budget di banding marketing offline. Banyak platform yang bisa di gunakan sebagai media pemasaran dengan gratis. Namun bagaimanapun juga jika anda ingin memperoleh sesuatu yang besar anda memerlukan pengorbanan. Contoh nya siapkan budget pemasangan iklan di beberapa situs web yang sudah terkenal, contoh nya Google adword, Iklan di facebook, platform chatting dan lain-lain.

Brandingkan Produk atau Jasa Anda Bedakan usaha anda dari yang lain. Banyak sekali perusahaan-perusahaan yang menjual produk atau jasanya melalui internet. Yang perlu anda lakukan adalah buat usaha anda berbeda dan mudah di ingat. Hal ini di mulai dari website anda. Nama domain anda seharusnya menjadi representativ dari usaha anda. Jika ada sebuah perusahaan online yang mempunyai persamaan dengan nama domain anda, mungkin perlu di pertimbangkan lagi untuk mengganti nama domain tersebut dengan tujuan tidak membuat konsumen bingung siapa perusahaan yang mewakili sebuah produk atau jasa. Menentukan nama domain sudah tentu ada biaya yang terlibat, namun jika kita bisa memilih service hosting yang baik maka hal tersebut akan sangat berharga, meskipun budget anda minim.

Bagaimana cara anda mempresentasikan brand anda itu semua terserah bagaimana anda menjabarkannya. Tapi jika anda sudah menemukan caranya tetap konsisten dengan cara tersebut. Karena brand adalah bagaimana kostumer melihat, memandang, dan menilai anda.

Search Engine Optimization. Search engine optimization atau optimalisasi di mesin pencari sangat penting peranannya. Karena sudah menjadi kebiasaan setiap pengguna internet jika ingin mencari informasi yang di butuhkan mereka akan menggunakan mesin pencari seperti google, yahoo, bing dll. Dan seperti yang kita tahu juga para mesin pencari tersebut selalu berubah-ubah dalam penyaringan kata kunci. Sebagai contoh nya google di tahun 2015 ini lebih mengedepankan website yang mobile friendly atau dengan kata lain yang menyesuaikan layar gadget pengguna internet.

Maka meluangkan waktu untuk membenahi website anda agar lebih SEO friendly tampak nya sangatlah di butuhkan.

Blogging. Semakin banyak konten yang anda punya maka semakin besar kemungkinan website anda akan di pilih oleh para mesin pencari. Metode Blogging akan sangat berguna dan gratis, sebagai cara mengumpulkan audience ke website anda. Buatlah konten yang berkualitas, menarik, ramah dengan mesin pencari, dan ingat konsistensi. Karena blog konten yang baik adalah blog yang menjaga konsistensi nya.

Social media. Jangan hanya sign up, membuat profile fan page dan kemudian dilupakan. Mulailah aktif di social media anda. Social media adalah sarana yang tepat untuk mempromosikan dan berkomunikasi dengan potensial kostumer anda. Bagaimanapun juga kebanyakan orang jarang mem-follow sebuah perusahaan di social media tanpa alasan. Jadi sudah tentu bukan, berikan mereka alasan untuk memilih anda.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun