Mohon tunggu...
Yudi Hamdan Dardiri
Yudi Hamdan Dardiri Mohon Tunggu... Guru - Matematika

SMPN 2 Talaga

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Lokakarya 6 Pendidikan Guru Penggerak

25 Oktober 2021   22:06 Diperbarui: 25 Oktober 2021   22:14 9829
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Lokakarya 6 - PGP Angkatan 2 Kabupaten Majalengka (16 Oktober 2021)

Aktivitas Kelompok 

1. Membuat Rantai Hasil

a. Input : Guru, Murid, Al-Quran, Lapangan serbaguna

b. Aktivitas : Gerakan 30 menit membaca Al-Quran dan mendalami Ilmu Tajdwidnya sebagai bentuk literasi di awal pelajaran setiap hari selasa, Rabu, Kamis dan Sabtu. Sebelum di mulai murid belajar memimpin untuk mengkondisikan seluruh temannya berada di lapangan. Dan setiap murid membawa Al-Quran masing-masing. Murid yang telah dijadwalkan berada di depan dan didampingi oleh guru piket beserta guru agama memandu dan memimpin pembacaan Al-Quran untuk diikuti murid-murid lainnya. Setelah membaca Guru piket beserta guru Agama dan seluruh murid mendiskusi ilmu tajwid yang ada pada bacaan Al-Quran hari itu. Guru meminta beberapa murid ke depan untuk menjelaskan ilmu Tajwid yang terdapat pada bacaan Al-Quran untuk menumbuhkan kepercayaan diri dan keberanian diri pada anak. Di akhir seluruh murid dan guru menghapal satu ayat AL-Quran untuk menambah hapalan harian.

c. Hasil Langsung (Out Put) : Terampil , lancar dalam membaca Al-Quran sesuai ilmu tajwidnya, Hapal satu ayat setiap hari       

d. TujuanCapaian Antara (Outcome) : Upaya menumbuhkan Penguatan pendidikan karakter Religius Mandiri

e. Dampak (impact/goal) : Meningkatkan reputasi sekolah dengan program 30 menit membaca Al-Quran

2. Manajemen Risiko

a. Kemungkinan Risiko yang Terjadi : Tindakan indisipliner dari murid perempuan yang menghindari kegiatan 30 menit membaca Al-Quran, Menurunnya kedisiplinan guru

b. Ukuran Risiko : Sedang

c. Strategi Pengendalian : Membuat kesepakatan sekolah disertai konsekuensi, Mengingatkan kembali akan tupoksi guru, Kedisiplinan guru dan peran guru dalam program tersebut

3. Kerangka Monev

a. Pertanyaan Kunci Evaluasi

Pertanyaan Kunci Evaluasi Program  

Sejauh apa program membaca Al Quran 30 menit yang dirancang ini berjalan sesuai dengan rencana dan tujuan yang diinginkan?

Seberapa banyak kendala yang ditemui selama program membaca Al Quran 30 menit berlangsung? Mengapa bisa terjadi demikian?

Seberapa efektifnya program ini dalam meningkatnya keterampilan , lancar dalam membaca Al-Quran .

b. Fokus Monitoring

  • Fokus Monitoring

Proses pelaksanaan  program  membaca Al Quran 30 menit dapat berjalan dengan baik  (Guru) dan murid.

  • Pertimbangan Pemilihan

Untuk memastikan kegiatan berjalan dengan baik guru tim monitoring  yang bersangkutan melakukan pemantauan monitoring kegiatan. Untuk memastikan murid dapat mengikuti program dengan nyaman.

  • Pertanyaan Umum

Sejauh mana kegiatan program ini  berjalan dengan baik?

Bagaimana perasaan anda setelah mengikuti program ini? (murid)

c. Metode Yang digunakan

  • Pertanyaan Monitoring : Apakah kegiatan program membaca Al Quran 30 menit dilaksanakan dengan baik ?
  • Sumber Informasi : Murid,  guru
  • Metode : Wawancara, daftar ceklis
  • Kapan/Bagaimana : Pada saat kegiatan selesai di minggu terakhir tiap bulan

d. Strategi Pengolahan Data

  • Pertanyaan Monitoring (Diisi dengan pertanyaan monitoring dan pertanyaan tambahan tentang tim pengelola program)

Bagaimana pembagian peran anggota tim pelaksana dalam program ini ? Apakah sudah sesuai dan menjalankan tugasnya?

  • Data yang Terkumpul (Diisi dengan data dan informasi yang menjawab pertanyaan monitoring tersebut, dari berbagai metode)

Seluruh anggota tim telah melaksanakan perannya dengan baik

  • Kesimpulan (Diisi kesimpulan yang dapat ditarik untuk menjawab pertanyaan monitoring dari data dan informasi yang ada pada kolom kedua)

Kegiatan program berjalan dengan lancar dan tertib

  • Catatan Khusus, Pengecualian, dll (Bila ada catatan khusus yang memberikan nuansa atas kesimpulan yang ditarik, catat di kolom ini)

Jika ada murid tidak mengikuti dikarenakan sakit maka dilakukan pengecualian terhadapnya.

4. Strategi Pengolahan Data

a. Pertanyaan Monitoring (Diisi dengan pertanyaan monitoring dan pertanyaan tambahan tentang tim pengelola program)

Bagaimana pembagian peran anggota tim pelaksana dalam program ini ? Apakah sudah sesuai dan menjalankan tugasnya?

b. Data yang Terkumpul (Diisi dengan data dan informasi yang menjawab pertanyaan monitoring tersebut, dari berbagai metode)

Seluruh anggota tim telah melaksanakan perannya dengan baik

c. Kesimpulan (Diisi kesimpulan yang dapat ditarik untuk menjawab pertanyaan monitoring dari data dan informasi yang ada pada kolom kedua)Kegiatan program berjalan dengan lancar dan tertib

d. Catatan Khusus, Pengecualian, dll (Bila ada catatan khusus yang memberikan nuansa atas kesimpulan yang ditarik, catat di kolom ini)

Jika ada murid tidak mengikuti dikarenakan sakit maka dilakukan pengecualian terhadapnya

Semoga Bermanfaat

Salam Guru Penggerak

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun