Lokakarya 6 - PGP Angkatan 2 Kabupaten Majalengka (16 Oktober 2021)
Aktivitas KelompokÂ
1. Membuat Rantai Hasil
a. Input : Guru, Murid, Al-Quran, Lapangan serbaguna
b. Aktivitas : Gerakan 30 menit membaca Al-Quran dan mendalami Ilmu Tajdwidnya sebagai bentuk literasi di awal pelajaran setiap hari selasa, Rabu, Kamis dan Sabtu. Sebelum di mulai murid belajar memimpin untuk mengkondisikan seluruh temannya berada di lapangan. Dan setiap murid membawa Al-Quran masing-masing. Murid yang telah dijadwalkan berada di depan dan didampingi oleh guru piket beserta guru agama memandu dan memimpin pembacaan Al-Quran untuk diikuti murid-murid lainnya. Setelah membaca Guru piket beserta guru Agama dan seluruh murid mendiskusi ilmu tajwid yang ada pada bacaan Al-Quran hari itu. Guru meminta beberapa murid ke depan untuk menjelaskan ilmu Tajwid yang terdapat pada bacaan Al-Quran untuk menumbuhkan kepercayaan diri dan keberanian diri pada anak. Di akhir seluruh murid dan guru menghapal satu ayat AL-Quran untuk menambah hapalan harian.
c. Hasil Langsung (Out Put) : Terampil , lancar dalam membaca Al-Quran sesuai ilmu tajwidnya, Hapal satu ayat setiap hari    Â
d. TujuanCapaian Antara (Outcome) : Upaya menumbuhkan Penguatan pendidikan karakter Religius Mandiri
e. Dampak (impact/goal) : Meningkatkan reputasi sekolah dengan program 30 menit membaca Al-Quran
2. Manajemen Risiko
a. Kemungkinan Risiko yang Terjadi : Tindakan indisipliner dari murid perempuan yang menghindari kegiatan 30 menit membaca Al-Quran, Menurunnya kedisiplinan guru
b. Ukuran Risiko : Sedang