Mohon tunggu...
Yudhistira Mahasena
Yudhistira Mahasena Mohon Tunggu... Freelancer - Desainer Grafis

Ini akun kedua saya. Calon pegiat industri kreatif yang candu terhadap K-pop (kebanyakan girl group) dan Tekken.

Selanjutnya

Tutup

Games Pilihan

#MAGANG (Membahas Gaming Sambil Ngabuburit) Episode 3: Semua tentang Sonic the Hedgehog

14 Maret 2024   17:35 Diperbarui: 14 Maret 2024   17:42 144
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sonic the Hedgehog. (sumber: IGN)

Bismillahirrahmanirrahim.

Setelah di episode #MAGANG (Membahas Gaming Sambil Ngabuburit) kemarin kita membahas Mario, sang maskot Nintendo, kita akan melanjutkan rubrik #MAGANG sebagai teman ngabuburit Anda di Ramadan tahun ini. Kali ini kita akan membahas Sonic the Hedgehog, si landak biru super cepat yang bangga menjadi maskot Sega sejak tahun 1991.

Sega di sini bukan dibaca seperti cara teman-teman Jawa kita di Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Kebumen, Brebes, Tegal, dan Pemalang menyebut nasi (di luar itu mereka menyebutnya sego). Sega Corporation adalah perusahaan video game dan hiburan multinasional Jepang yang bermarkas di Shinagawa, Tokyo, dan didirikan oleh Martin Bromley dan Richard Stewart. Sonic diciptakan oleh Yuji Naka, Naoto Ohshima, dan Hirokazu Yasuhara untuk Sega.

Pak Naka, Pak Ohshima, dan Pak Yasuhara mengembangkan game Sonic pertama, yang dirilis pada tahun 1991 untuk Sega Genesis untuk memberikan Sega maskot untuk bersaing dengan Mario-nya Nintendo. Kesuksesannya membantu Sega menjadi salah satu perusahaan video game terkemuka selama generasi keempat konsol video game di awal tahun 1990, yang bersaing dengan Super Nintendo Entertainment System, SNK Neo Geo, dan Philips CD-i.

Waralaba Sega lainnya yang terkenal adalah Super Monkey Ball, Nights into Dreams, Space Channel, Jet Set Radio, The House of the Dead, Puyo Pop, Golden Axe, Alex Kidd, Ecco the Dolphin, Virtua Fighter, dll.

Sega Genesis. (sumber: Amazon)
Sega Genesis. (sumber: Amazon)

Sonic mempunyai misi, yaitu mengalahkan Dr. Eggman Robotnik, seorang ilmuwan jahat dengan IQ 300 yang menawan binatang-binatang kecil dalam robot dan mencari Chaos Emeralds untuk menguasai dunia. Dalam game-nya, Sonic mengumpulkan cincin emas. Cincin-cincin ini berguna untuk menjaga Sonic tetap sehat, karena jika dia terkena musuh, cincinnya akan bertebaran di mana-mana, dan jika kena dua kali, dia akan kehilangan satu nyawa.

Musik dalam game Sonic the Hedgehog pertama digubah oleh Masato Nakamura, bassis band J-pop Dreams Come True.


Pak Naka tidak puas dengan perlakuannya selama di Sega dan merasa bahwa beliau mendapat sedikit pujian atas keterlibatannya dalam kesuksesan Sonic the Hedgehog. Beliau berhenti dari Sega namun dipekerjakan oleh Mark Cerny untuk bekerja di Sega Technical Institute (STI), dengan gaji lebih tinggi dan lebih banyak kebebasan kreatif. Pak Yasuhara juga pindah ke STI. STI mulai mengerjakan Sonic the Hedgehog 2 pada November 1991. 

Di game ini, sahabat Sonic, Miles "Tails" Prower, seekor rubah berekor dua dan berbulu kuning, diperkenalkan. Tails bisa terbang dengan menggunakan ekornya. Tujuan Sonic di game ini masih sama, yaitu menghadang Dr. Eggman dari mengklaim Chaos Emeralds untuk memberi tenaga pada stasiun luar angkasanya


Seperti pendahulunya, Sonic the Hedgehog 2 sukses, namun pengembangannya mengalami kendala bahasa dan perbedaan budaya antara pengembangnya di Jepang dan Amerika Serikat. Sementara STI mengembangkan Sonic 2, Pak Ohshima memimpin timnya di Jepang untuk menciptakan Sonic CD untuk asesoris CD-ROM-nya Sega Genesis, Sega CD. Amy, gadis cantik berambut pink yang sangat menyukai Sonic, pertama kali muncul di Sonic CD.


Segera setelah pengembangan Sonic 2 selesai, Pak Cerny keluar dari STI dan digantikan oleh Roger Hector. STI pun dipecah menjadi dua bagian: tim pengembang Jepang yang dipimpin oleh Pak Naka, dan tim pengembang Amerika. Tim pengembang Jepang pun mengembangkan Sonic the Hedgehog 3, yang dirilis pada tahun 1994 untuk Sega Genesis. Di game ini, saingan Sonic, Knuckles the Echidna yang berbulu merah, diperkenalkan. Di game ini pula Sonic dan Tails berusaha mendapatkan Chaos Emeralds untuk menghentikan Dr. Eggman dari meluncurkan kembali stasiun luar angkasanya, Death Egg, setelah mendarat darurat di pulau misterius.


Karena promosi yang akan datang dengan McDonald's dan batasan ukuran kartrid, proyek Sonic the Hedgehog 3 dibagi menjadi dua: Sonic 3 dirilis pada bulan Februari 1994 dan Sonic and Knuckles dirilis beberapa bulan kemudian.


Menyusul dirilisnya Sonic and Knuckles, Pak Naka kembali ke Jepang setelah ditawari pekerjaan sebagai produser di Sega. Beliau dipersatukan kembali dengan Pak Ohshima dan membawa Pak Takashi Iizuka dengannya, yang bekerja dengan tim Pak Naka di STI. Dengan kembalinya Pak Naka, Sonic Team secara resmi terbentuk sebagai brand. 

Sonic Team mulai mengerjakan hak milik intelektual baru, Nights into Dreams (1996), yang dirilis untuk Sega Saturn. Di tahun yang sama, menuju penghujung siklus hidup Sega Genesis, Sega merilis Sonic 3D Blast. 

Game ini adalah game Sonic terakhir yang dirilis untuk Genesis, dan dikembangkan sebagai karya terakhir untuk sistem tersebut. Meskipun Sonic 3D Blast laku keras, game tersebut dikritik karena gameplay-nya, kontrolnya, dan lambatnya kecepatannya. Karena Sonic Team sedang asyik dengan Nights into Dreams, Sonic 3D Blast dialihdayakan kepada Traveller's Tales, studio pengembang video game ternama asal Inggris.


Sementara itu, di Amerika Serikat, STI sedang mengerjakan Sonic X-treme, yang digadang-gadang menjadi game Sonic pertama yang 3D dan dirilis untuk Sega Saturn serta dimaksudkan untuk musim belanja liburan 1996. Pengembangan game ini terhalang oleh sengketa antara Sega Amerika dan Jepang, penolakan Pak Naka untuk membiarkan STI menggunakan mesin permainan serial Nights, dan masalah dalam mengadaptasi serial tersebut ke dalam bentuk 3D. 

Setelah dua pengembang utama Sonic X-treme jatuh sakit, game tersebut batal. Karena pembatalan Sonic X-treme, Sonic 3D Blast di-port ke Sega Saturn dengan grafis yang lebih bagus dan level bonus yang dikembangkan oleh Sonic Team.


Setahun kemudian, tahun 1997, Sega mengumumkan "Project Sonic", sebuah kampanye promosi yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran pasar dan memperbarui kegembiraan terhadap merek Sonic. Rilisan pertama Project Sonic adalah Sonic Jam, kompilasi game utama Sonic yang dirilis untuk Genesis. Inilah game Sonic pertama yang 3D.


Sonic Team dan Traveller's Tales kembali berkolaborasi untuk mengembangkan game Project Sonic kedua, yaitu Sonic R, game balapan 3D dan satu-satunya game Sonic yang original untuk Sega Saturn. Pak Yasuhara kemudian pindah ke London untuk membantu pengembangan Sonic R.


Sonic Jam diterima dengan baik, sedangkan opini publik terhadap Sonic R terbagi-bagi. Batalnya Sonic X-treme serta kurangnya game Sonic untuk Sega Saturn dianggap sebagai faktor penting gagalnya konsol tersebut. Sega Saturn gagal, jadi ketika Sega merilis Dreamcast pada tahun 1998, konsol ini menjadi nyali terakhir mereka. Pak Iizuka kemudian memimpin pengembangan Sonic Adventure, sebuah game RPG dengan penekanan pada storytelling. 

Dirilis pada tahun 1998 dan diarahkan oleh Pak Iizuka, Sonic Adventure merupakan salah satu video game generasi keenam yang pertama. Pemain dapat bermain sebagai salah satu karakter berikut: Sonic, Tails, Knuckles, Amy Rose, Big the Cat, dan E-102 Gamma dalam misi untuk mengumpulkan Chaos Emeralds dan menghentikan Dr. Eggman dari melepaskan Chaos.


Pada tahun 1999, Pak Iizuka dan 11 anggota Sonic Team lainnya pindah ke San Francisco, California dan mendirikan Sonic Team USA untuk mengembangkan Sonic Adventure 2 yang lebih terorientasi aksi. Di game yang dirilis pada tahun 2001 ini, Sonic, Tails, dan Knuckles berusaha menyelamatkan dunia dari Shadow the Hedgehog, Dr. Eggman, dan Rouge the Bat. Ini adalah game Sonic terakhir untuk konsol Sega sebelum perusahaan tersebut men-discontinue Dreamcast dan bertransisi menjadi pengembang pihak ketiga.


Sementara kedua game Sonic Adventure diterima dengan baik dan sama-sama menjual lebih dari 2 juta eksemplar, minat konsumen terhadap Dreamcast memudar dengan cepat, dan upaya Sega untuk memacu penjualan melalui harga yang lebih rendah dan potongan tunai menyebabkan kerugian finansial yang semakin besar.

Setelah itu, Sonic Team USA mengembangkan game Sonic pertama yang multi-platform, yaitu Sonic Heroes, yang dirilis untuk Nintendo GameCube, Microsoft Xbox, dan Sony PlayStation 2.


Sementara itu Sega masih terus merilis game Sonic secara 2D untuk platform handheld. Pada tahun 1999, mereka berkolaborasi dengan SNK untuk memproduksi Sonic the Hedgehog Pocket Adventure, adaptasi Sonic 2 untuk SNK Neo Geo Pocket Color.


Beberapa staf SNK membentuk Dimps tahun berikutnya, dan mengembangkan game Sonic original 2D, yaitu trilogi Sonic Advance untuk Nintendo Game Boy Advance. Sonic Advance adalah game Sonic original pertama yang dirilis untuk konsol Nintendo setelah persaingan ganas antara Sega dan Nintendo di tahun 1990-an. Sonic Advance dirilis pada tahun 2001. Pemain dapat bermain sebagai Sonic, Tails, Knuckles, atau Amy.


Sonic Advance 2 dirilis tahun 2002, dan di sini pemain dapat memilih apakah ingin bermain sebagai Sonic, Tails, Knuckles, atau Cream the Rabbit, karakter baru yang imut yang diperkenalkan di game ini.


Dua tahun kemudian, tahun 2004, yang merupakan tahun kelahiran adik saya, Sonic Advance 3 dirilis untuk Nintendo Game Boy Advance pula. Pemain dapat memilih bermain sebagai Sonic, Tails, Knuckles, Cream, atau Amy, dalam tugas mereka untuk mencegah Dr. Eggman dan asisten robotnya, Gemerl, dari membangun kekaisaran dari tujuh bagian bumi.


Ketiga game Sonic Advance ini di-outsource ke Dimps karena Sonic Team kekurangan staf dengan karyawan yang familiar dengan GBA. Dimps juga mengembangkan Sonic Rush untuk Nintendo DS pada tahun 2005. Saya pernah memainkan Sonic Rush ketika masih bermain DS, sebuah platform yang menggunakan stylus dan berlayar dua. Sonic Rush menggunakan perspektif 2,5D. Game ini memperkenalkan karakter baru, yakni Blaze the Cat. Ini adalah game Sonic terakhir yang diproduseri oleh Pak Yuji Naka sebelum beliau keluar dari Sega.


Sayangnya antara 2005-2010, waralaba Sonic mengalami kemunduran. Saat itu Sonic Team USA berganti nama menjadi Sega Studios USA setelah menyelesaikan Sonic Heroes. Kepemimpinan Sega dan Team Sonic memasuki perubahan ketika mereka bereksperimen dengan menyimpang dari formula Sonic klasik. 

Proyek Sega Studios USA pasca-Sonic Heroes adalah Shadow the Hedgehog, dirilis pada tahun 2005 untuk GameCube, PlayStation 2, dan Xbox. Game ini ditujukan untuk audiens dewasa dan memperkenalkan mode third-person shooting dan gameplay non-linier. Shadow the Hedgehog disorot karena kontrolnya, desain levelnya, dan tema dewasanya, tetapi sukses secara komersial dan menjual setidaknya 1,59 juta eksemplar.


Pada tahun 2006, ketika waralaba Sonic the Hedgehog berusia 15 tahun, Sonic Team mengembangkan dua game baru: Sonic Riders, sebuah game balapan, dan Sonic the Hedgehog (atau yang biasa dikenal Sonic '06). Dengan latar yang lebih realistis daripada game-game Sonic sebelumnya, Sonic '06 dimaksudkan untuk meluncurkan ulang serial tersebut untuk konsol-konsol generasi ketujuh seperti Microsoft Xbox 360 dan Sony PlayStation 3.

Sonic '06 dianggap game Sonic terburuk karena sering nge-bug, kontrolnya, kameranya, dan ceritanya yang amburadul. Pengembangannya juga terburu-buru karena Pak Naka mengundurkan diri sebagai kepala Sonic Team untuk membentuk Prope, dan timnya bubar sehingga pengerjaan game Sonic untuk Nintendo Wii dapat dimulai.


Lain halnya dengan Sonic Riders. Game ini adalah game balapan Sonic terseru menurut saya, karena mereka balapan papan seluncur. Pemain dapat memilih bermain sebagai Sonic, Tails, Knuckles, Amy, Cream, Dr. Eggman, Rogue, Jet, Storm, atau Wave. Di game ini ada lima trek pilihan: Metal City, Splash Canyon, Green Cave, Sand Ruins, dan Egg Factory. Metal City dan Splash Canyon bertema futuristik, sedangkan Green Cave berbentuk hutan.


Backbone Entertainment kemudian mengembangkan dua game Sonic eksklusif untuk Sony PlayStation Portable, yaitu Sonic Rivals (2006) dan Sonic Rivals 2 (2007).



Game Sonic pertama untuk Wii bertajuk Sonic and the Secret Rings (2007), dengan latar Kisah 1.001 Malam Arabia.


Di tahun yang sama, Dimps kembali ke serial Sonic dengan Sonic Rush Adventure, sekuel dari Sonic Rush, juga dirilis untuk Nintendo DS seperti pendahulunya.


Kemudian, sekuel untuk Sonic Riders, yaitu Sonic Riders: Zero Gravity, dirilis pada tahun 2008 untuk Sony PlayStation 2 dan Nintendo Wii.


Sementara itu, BioWare mengembangkan game RPG Sonic pertama, yaitu Sonic Chronicles: The Dark Brotherhood di tahun yang sama, juga untuk Nintendo DS.


Setelah kepergian Pak Naka dari Sonic Team, Pak Akinori Nishiyama, yang mengerjakan game Sonic Advance dan Sonic Rush, menjadi manajer umum Sonic Team. Sonic Team kemudian mengerjakan Sonic Unleashed, game Sonic favorit saya sepanjang masa. Di game ini, Sonic berkeliling dunia untuk membetulkan bumi yang hancur oleh Dark Gaia dengan mengembalikan kuasa Chaos Emeralds. Mekanik dalam Sonic Unleashed yaitu Sonic bisa berubah wujud saat malam hari. Di game ini dia bertemu dengan Chip atau Light Gaia.


Setahun kemudian, tahun 2009, tahun kelahiran Chiquita, anggota bungsu BabyMonsters, Sonic and the Black Knight dirilis sebagai sekuel Sonic and the Secret Rings. Game ini berlatar belakang kisah Raja Arthur dan dirilis untuk Nintendo Wii.


Sejak 2010, Pak Iizuka merasa waralaba Sonic kesulitan karena tidak memiliki arah yang terpadu, sehingga Sonic Team kembali fokus pada elemen side-scrolling dan gameplay yang cepat. Sonic the Hedgehog 4 dikembangkan bersama oleh Sonic Team dan Dimps, bermula dengan Episode I pada 2010...


...dan berlanjut dengan Episode II pada tahun 2012.


Di tahun 2010 pula Sega merilis Sonic Colors untuk Nintendo Wii dan Nintendo DS.


Pada tahun 2011, untuk memperingati hari jadi serial Sonic yang ke-20, Sega merilis Sonic Generations untuk Microsoft Xbox 360, Sony PlayStation 3, dan Windows. Game ini menampilkan versi reimagined dari game-game Sonic sebelumnya, dari yang pertama hingga Colors.


Pada tahun 2013, Sonic Lost World dirilis untuk Nintendo Wii U dan Nintendo 3DS. Ini adalah upaya kolaborasi Nintendo dan Sega dalam memproduksi game Sonic untuk Wii U dan 3DS.


Game-game lainnya termasuk:
- Sonic Boom: Fire and Ice (2014; Wii U)
- Sonic Boom: Shattered Crystal (2014; 3DS)
- Sonic Mania (2017; PS4/Xbox One/Switch/Windows)
- Sonic Forces (2017; PS4/Xbox One/Switch/Windows)
- Team Sonic Racing (2019)
- Sonic Colors: Ultimate (2021)
- Sonic Origins (2022)
- Sonic Frontiers (2022)
- Sonic Superstars (2023)










Hikmah dari serial Sonic dan kaitannya dengan agama Islam:

1. Makna persahabatan
Sonic hidup berdampingan dengan sahabat-sahabatnya yaitu Tails, Knuckles, Amy, Cream, dll. Islam juga mengajarkan arti penting persahabatan sebagai bagian dari ukhuwah islamiyah. Seperti kata salah satu hadis yang berarti:

"Sesungguhnya doa seorang Muslim kepada saudaranya di saat saudaranya tidak mengetahuinya adalah doa yang mustajab (terkabulkan). Di sisi orang yang akan mendoakan saudaranya ini ada malaikat yang bertugas mengaminkan doanya. Tatkala dia mendoakan saudaranya dengan kebaikan, malaikat tersebut akan berkata: Aamiin. Engkau akan mendapatkan semisal dengan saudaramu tadi." (HR. Muslim)

2. Menjadi berani
Sonic selalu berusaha mengalahkan Dr. Eggman dengan penuh keberanian. Seperti Rasulullah yang senantiasa pemberani. Keberanian dalam Islam disebut syaja'ah. Hadisnya sebagai berikut, yang berarti:

"Orang yang kuat bukanlah yang pandai bergulat. Sungguh, orang yang kuat adalah yang mampu menguasai dirinya ketika sedang dilanda amarah." (HR. Bukhari dan Muslim)

3. Kerjasama
Sonic selalu ditemani oleh Tails dan Knuckles dalam menyelesaikan tugasnya. Mereka saling tolong-menolong dan bahu-membahu. Islam juga mengajarkan kerjasama agar pekerjaan cepat selesai. Hadisnya berbunyi seperti ini:

"Barangsiapa yang meringankan penderitaan seseorang, akan Allah ringankan penderitaannya di dunia dan akhirat. Barangsiapa yang menutupi aib seorang muslim, akan Allah tutupi aibnya di dunia dan akhirat. Allah akan menolong seorang hamba selama dia mau menolong saudaranya." (HR. Muslim)

Stay tuned! Episode 4 besok akan membahas serial The Legend of Zelda.

Tabik,
Yudhistira Mahasena

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Games Selengkapnya
Lihat Games Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun