Pada masa ini, media sosial berawal dari kemunculan media sosial dan berperan penting dalam proses komunikasi masyarakat modern. Memposting foto, membuat headline yang menarik, menunggu like dan membalas komentar adalah aktivitas yang biasa dilakukan di media sosial. Penggunaan media sosial dalam masyarakat modern telah membawa peluang bisnis baru bagi industri kreatif. Profesi content creator merupakan salah satu dari sekian banyak profesi baru yang diciptakan oleh media sosial. Content creator sendiri terbagi menjadi beberapa profesi yaitu selebriti, YouTuber, fotografer, travel blogger, dll.
Pembuat konten adalah orang yang membuat konten, termasuk konten yang digunakan untuk tujuan promosi bisnis. Konten yang dibuat oleh pembuat konten dapat berupa artikel, video, e-book, infografis, foto, dll. Kita bisa mempublikasikan konten ke berbagai media, seperti blog, email, instagram, youtube, tiktok dan media sosial lainnya. Pembuat konten membuat konten berdasarkan tujuan pembuat konten. Jadi, jelaskan kepada Anda strategi pemasaran yang akan Anda jalankan dan konten yang ingin Anda buat. Jika Anda ingin meningkatkan brand awareness di media sosial, sebaiknya buat konten yang sesuai dengan tujuan Anda, yaitu berisi informasi yang menarik namun relevan.
Instagram saat ini adalah aplikasi paling populer di dunia. Penggunanya meningkat setiap tahun, dan Indonesia juga merupakan pengguna Instagram terbesar keempat di dunia. Alasan mengapa pengguna Instagram tetap menggunakan aplikasi ini adalah karena konten yang disediakan menarik berdasarkan tren populer saat ini. Pengguna juga bisa mencurahkan momen spesial kapan saja, tentunya kontennya harus semenarik mungkin.
Content creator saat ini banyak dijumpai pada youtube (youtuber),yang termasuk ke dalam salah satu aplikasi popular di dunia stelah Instagram. Tidak hanya public figure saja orang --orang biasa juga bisa menjadi content creator bisa juga mencoba membuat konten agar bisa dikenal masyarakat luas. Para public figure dan selebgram yang sudah dikenal di Instagram kini merambah sebagai YouTuber. Tidak menutup kemungkinan pengikutnya bertambah setiap hari karena orang tersebut sudah terkenal di dunia entertainment.
Content creator Instagram sebelumnya menggunakan media youtube untuk menampilkan konten-konten yang dibuat, maka untuk saat ini menggunakan media Instagram dan tiktok hamper sama membuat konten di youtube, namu konten di Instagram dan di tiktok durasi videonya yang dihasilkan lebih pendek . untuk penghasilannya dari konten endorse beberapa brand tertentu.
Saat ini tidak hanya YouTube dan Instagram TikTok sekarang semakin banyak digemari dari anak-anak hingga orang tua. TikTok ini menjadi salah satu jembatan untuk menyalurkan rasa bosan kita dengan membuat konten TikTok . melalui aplikasi TikTok ini kita juga menambah teman dari berbagai daerah di Indonesia dan luar Negeri.
Mengutip dari kompas.com, gaji pembuat konten Youtube (Youtuber) rata-rata $18 per 1.000 tampilan iklan, atau setara dengan $3 hingga $5 per penayangan video. Sejauh ini, perhitungan gaji Youtuber didasarkan pada setiap 1.000 tayangan. Menurut perhitungan Forbes, konten video memiliki 1 juta tampilan dan akan menghasilkan pendapatan lebih dari $500. Wah, bagus sekali bukan?
Saat ini Youtuber merupakan salah satu profesi yang banyak diminati, terutama kaum milenial. Youtube bukan hanya cara untuk mempublikasikan setiap saat, tetapi juga media untuk menghasilkan uang. Apakah Anda tertarik dengan pekerjaan ini? Dengan konten yang berkualitas dan menarik, tentu masyarakat akan tertarik dan tertarik untuk menonton. Semakin banyak tayangan, semakin banyak pendapatan yang Anda peroleh.
Sebelum bekerja sama dengan content creator, semua perlu mengetahui beberapa kriteria untuk memilih mereka sebagai rekan bisnis yang baik. Simak penjelasan berikut ini.
1. Memiliki ide yang kreatif
Konten menarik dan orisinil biasanya lahir dari ide-ide kreatif. Tidak hanya menarik, konten juga perlu sesuai dengan tujuan bisnis anda. Dengan begitu promosi konten yang anda buat bisa sesuai target.yang paling penting sekali seorang conten creator perlu memiliki kreatifitas yang baik
2. Mempunyai kemampuan riset yang baik
Konten yang baik bisa didapatkan melalui banyak cara, salah satunya dengan melakukan riset, untuk membuat konten anda sesuai dengan yang dibutuhkan target pembaca. Cara untuk bisa melakukan riset. Salah satunya melalui tools Google seperti Google Trends, Google Analytics.
3. Menguasai tools pendukung
Skill dan pemahaman yang baik perlu didukung oleh tools pendukung agar hasil karya lebih maksimal. Misalnya, dalam pembuatan video marketing, dibutuhkan penguasaan tools editing video untuk menghasilkan video yang baik.
4. Kemampuan komunikasi yang baik
Selain mampu membuat konten, seorang content creator juga perlu kemampuan berkomunikasi yang baik. Skill ini penting supaya tidak terjadi miskomunikasi dalam bekoordinasi.
5. Memahami SEO
Seorang content creator juga harus memahami teknik SEO supaya strategi content marketing berjalan maksimal. Teknik SEO dapat membantu konten lebih mudah dijangkau oleh banyak orang.
Potensi yang harus dikembangkan untuk membuat konten berkualitas tinggi adalah membuat konten yang unik dan menarik berdasarkan karakteristik kita, fokus pada apa yang disampaikan konten kita, menemukan informasi penting yang populer, dan berkolaborasi dengan pembuat konten lain untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman. Oleh karena itu, jika digunakan dengan benar, pembuatan konten memberi kita banyak manfaat.
Pengalaman saya ketika menjadi konten creator yaitu ketika pertama kali membuat konten review produk untuk tugas kuliah yang mengharuskan mahasiswa untuk mengunggah konten tersebut di YouTube. Dengan modal seadanya seperti hp dan tripot. Bagi saya content creator untuk pertama kali agak kesulitan karena kekurangan alat dan pengalaman itu.
Potensi yang harus dikembangkan untuk membuat konten berkualitas tinggi adalah membuat konten yang unik dan menarik berdasarkan karakteristik kita, fokus pada apa yang disampaikan konten kita, menemukan informasi penting yang populer, dan berkolaborasi dengan pembuat konten lain untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman. Oleh karena itu, jika digunakan dengan benar, pembuatan konten memberi kita banyak manfaat.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H