Mohon tunggu...
Yuda IsmaWanti
Yuda IsmaWanti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa IT Telkom Purwokerto

Saya adalah mahasiswa IT Telkom Purwokerto. Hobi saya menulis.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pengaruh Aktivitas Bermain Game Online terhadap Perkembangan Prestasi Belajar Siswa

30 Januari 2023   13:15 Diperbarui: 30 Januari 2023   13:16 649
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Perkembangan zaman saat ini tidak terlepas dari perkembangan teknologi modern. Hal ini membuat dunia industri berlomba-lomba memproduksi teknologi informasi secara masal. Dunia komunikasi menyatu dengan perkembangan komputer, menghasilkan cabang ilmu baru, yaitu Internet.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), internet merupakan jaringan komunikasi elektronik yang menghubungkan jaringan komputer dan fasilitas komputer yang terorganisasi di seluruh dunia melalui telepon atau satelit.

Menurut Drew Heywood, internet merupakan istilah teknologi yang muncul pada akhir 60-an, yaitu saat United States Departement of Defense (DoD) memerlukan suatu standar baru untuk melakukan komunikasi Internetworking.

Menurut pendapat Onno W. Purbo mendefinisikan internet sebagai media yang memungkinkan sebuah proses komunikasi yang bisa berjalan secara efisien dengan tersambungnya perangkat ke beragam aplikasi.

Di era digitalisasi dan modernisasi ini, bidang kehidupan mengalami perkembangan yang pesat, tidak hanya dalam bidang teknologi, komunikasi dan transportasi, tetapi juga dalam berbagai bidang kehidupan. Dengan pesatnya perkembangan teknologi internet, game online juga berkembang pesat. Game online adalah permainan komputer yang dapat dimainkan oleh banyak orang dengan menggunakan jaringan komputer (LAN atau Internet) sebagai medianya. Game online memungkinkan pemain untuk bermain tidak hanya dengan pemain di sekitar mereka, tetapi juga dengan pemain dari berbagai lokasi, atau bahkan berbagai belahan dunia.

Definisi game online menurut KBBI yaitu dipisahkan menjadi 2 kata yaitu game dan online. Kata “Game” dalam bahasa Indonesia berarti permainan, sedangkan kata “online” berarti daring. Arti permainan dalam KBBI adalah sesuatu yang digunakan untuk bermain, sedangkan daring adalah sesuatu yang terhubung dalam jaringan internet. Jadi bisa disimpulkan bahwa permainan game online atau permainan daring yaitu sesuatu (dalam hal ini video game) yang digunakan untuk bermain dan harus menggunakan jaringan internet.

Menurut Andrew Rollings dan Ernest Adams, mendefinisikan game online merupakan sebuah teknologi, dibandingkan sebagai sebuah genre permainan; sebuah mekanisme untuk menghubungkan pemain bersama, dibandingkan pola tertentu dalam sebuah permainan.


Sejarah Game Online

Game online dimulai pada tahun 1969 sebagai game online untuk dua pemain untuk tujuan pendidikan. Kemudian pada awal tahun 1970-an, sistem dengan kemampuan time-sharing diciptakan untuk memudahkan siswa belajar secara online. Sebagian besar game online paling awal adalah game simulasi perang atau pesawat yang digunakan untuk keperluan militer, yang menginspirasi kemunculan dan pengembangan game lain. Pada tahun 1980-an, Roy Trubshaw dan Bartle Richard pertama kali mengembangkan Multi-User Dungeon (MUD) di Universitas Essex di Colchester, Inggris, pada 10 Desember. Apa yang sekarang dianggap sebagai MUD "klasik" dipasang dan dijalankan selama sembilan tahun. Akhirnya, popularitas game di kalangan peretas dan non-peretas sama-sama menyebabkan sumber daya komputer terkuras dengan kecepatan yang mengkhawatirkan sehingga universitas memberlakukan jam malam pada waktu bermain.

Menurut ligagame Indonesia (ligagames.com), game online muncul di Indonesia pada tahun 2001, dimulai dengan masuknya Nexia Online. Game online yang beredar di Indonesia sendiri cukup beragam, mulai dari yang bergenre action, sport, maupun RPG (role playing game). Tercatat banyak judul game online yang beredar di Indonesia.

Jenis-Jenis Game Online

Ada banyak games online yang disediakan di Play Store. Game online dibedakan menjadi beberapa aspek diantaranya sebagai berikut.

Berdasarkan Jenis Pemainnya

Massively Multiplayer Online First-Person Shooter (MMOFPS)

Jenis game ini, pemain menjadi pandangan orang pertama sehingga seakan-akan pemain berada dalam game tersebut dengan sudut pandang tokoh karakter yang sedang dimainkan, dimana setiap tokoh memiliki karakter atau kemampuan yang berbeda-beda.

Massively Multiplayer Online Real-Time Strategy (MMORTS)

Jenis game ini menekankan kepada kehebatan strategi pemainnya. Permainan ini memiliki ciri khas dimana menharuskan pemain dapat mengatur strategi dan mengola suatu dunia.

Massively Multiplayer Online Role-Playing Games (MMORPG)

Jenis game ini, pemainnya memerankan tokoh-tokoh khayalan dan berkolaborasi untuk merajut suatu cerita Bersama. Pada umumnya dalam RGP, para pemain tergabung dalam satu kelompok.

Massively Multiplayer Online Game (MMOG)

Jenis game ini memiliki skala yang besar (>100 pemain), dimana setiap pemain dapat berineraksi langsung seperti didunia nyata. MMOG muncul seiring dengan  perkembangan akses internet broadband di negara maju, sehingga memungkinkan ratusan, bahkan ribuan pemain untuk bermain bersama-sama.

Cross-Platform Online Play

Jenis game ini dapat dimainkan secara online denan perangkat yang berbeda. Pada saat ini mesin permainan konsol (console games) mulai berkembang menjadi seperti computer yang dilengkapi dengan jaringan sumber terbuka (open source networks).

Massively Multiplayer Online Browser Game

Sebuah game online sederhana dengan pemain tunggal yang dimainkan pada peramban seperti Mozilla Firefox, Opera, atau Internet Explorer melalui HTML dan teknologi scripting HTML (JavaScript, ASP, PHP, MySQL).

Simulation Game

Jenis game ini, pemain bertanggung awab atas sebuah karakter atau tokoh untuk memenuhi kebutuhan tokoh seperti halnya kehidupan nyata. Tokoh memiliki kebutuhan dan kehidupan layaknya manusia, seperti makan, bekerja, belanja, bersosialisasi, dan sebagainya.

Berdasarkan Metode Pembayaran

Game Online Pay to Play

Jenis permainan ini pemain harus membayar sejumlah uang yang sudah ditentukan. Beberapa permainan dapat di-install secara gratis, namun apabila pemain ingin menaikkan level lebih cepat atau membeli aksesoris (item) pada permainan maka pemain harus membayar sejumlah uang.

Game Online Free to Play

Jenis permainan ini pemain tidak dibebankan untuk membayar atau mengeluarkan biaya apapun, permainan ini dapat di-install atau dimainkan langsung secara cuma-cuma.

Dampak Kecanduan Game Online

Dampak Positif

Dampak positif dari kecanduan game online bagi pelajar yaitu pergaulan siswa akan lebih mudah diawasi oleh orang tua, otak siswa akan lebih aktif dalam berfikir, siswa akan leih berpikir kreatif, dan emosional siswa dapat diluapkan dengan bermain game online. Selain itu dampak positif dari game online yaitu untuk mendapatkan kesenangan dan kepuasan batin serta sebagai hiburan penghilang stres setelah keseharian beraktivitas. Dengan bermain game dapat melatih pemain dalam berkonsentrasi, melatih berbahasa Inggris dengan sesama, dapat menghilangkan stres sejenak setelah bekerja atau belajar dalam keseharian, dapat mencari kawan baru di dunia maya dapat meningkat kemampuan membaca. Bahkan untuk saat ini sudah banyak gamers (sebutan untuk pemain game) yang memanfaatkan game online tersebut untuk usaha bisnis, seperti menjual koin tertinggi yang didapatkan oleh gamers kepada pemain gamers yang lainnya dengan harga yang telah ditentukan sebelumnya.

Dampak Negatif

Dampak Negatif yang ditimbulkan dari game online munculnya kekerasan dikalangan masyarakat. Anak-anak akan bertingkah laku yang buruk dikarenakan mencontoh apa yang dia lihat dalam game online tersebut yang menampilkan adegan-adegan kekerasan. Game online uga dapat menghambat siswa dalam belajar akibat kecanduan yang berlebihan yang didapat dari game online. Siswa akan malas belajar dan sering menggunkan waktu luangnya untuk bermain game online.

Kesimpulan

Permainan game online atau permainan daring yaitu sesuatu (dalam hal ini video game) yang digunakan untuk bermain dan harus menggunakan jaringan internet. Game online dimainkan dari kalangan anak SD, SMP, SMA, bahkan orang dewasa. Game online memliki dampak positif dan negatif. Dampak positif dari game online bagi anak yaitu dapat menghilangkan stres sejenak setelah belajar dalam keseharian, dapat mencari kawan baru di dunia maya dapat meningkat kemampuan membaca dan berbahasa Inggris.  Sedangkan dampak negatif dari bermain game online yaitu dapat menimbulkan kecanduan yang mengakibatkan pelajar menghabiskan waktunya untuk bermain game sehingga mempengaruhi prestasi belajar akademik siswa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun