Mohon tunggu...
Yudha Bantono
Yudha Bantono Mohon Tunggu... Penulis - Pembaca peristiwa

Veterinarian, Art and architecture writer yubantono@yahoo.com

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

#VLIP4 Singaraja Bali, Volkswagen dan Filosofi Kehidupan

1 September 2018   20:44 Diperbarui: 4 September 2018   12:25 5170
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Konvoi kebersamaan yang selalu dirindukan pemilik kendaraan VW, foto dok. BVD

Berbekal semangat kreatif, salah satu klub otomotif di Bali ini mampu membangun branding Pariwisata dan Budaya melalui Volkswagen.

Selalu ada yang menarik ketika membicarakan kendaraan klasik langsiran Jerman pada tataran pariwisata dan budaya di Bali. Volkswagen hadir sudah sejak lama sebagai kendaraan pariwisata. Tak terhitung sudah, wisatawan mancanegara  menikmati perjalanannya mengelilingi Bali dengan kendaraan kap terbuka (VW Safari). Ya itulah salah satu bagian Volkswagen yang masih eksis hingga kini, menjadi bagian mata rantai pariwisata Bali.

Kegiatan Bali Volkswagen Division, foto dok. BVD
Kegiatan Bali Volkswagen Division, foto dok. BVD
Bali Volkswagen Division (BVD) sebagai klub VW tertua di Bali, mengkemas selebrasi dua tahunan dalam sebentuk program yang dinamai Volkswagen Lost in Paradise atau dikenal VLIP. Mengapa klub ini mengelar even dua tahunan ? " Bali memiliki pesona alam dan budaya yang tiada tara indahnya, sebagaimana pesona itu  BVD ingin terlibat juga memerankan dirinya menjadi bagian kegiatan pariwisata. Inspirasi ini kemudian berlanjut menjadi program untuk menunjukkan bagian Bali yang lainnya. Bali itu luas, tidak melulu pada pusat-pusat pariwisata yang sudah terkenal. Melalui dunia Volkswagen kami ingin mencitrakan kembali sampai tersesat pada keindahannya Pulau Bali," jelas Ketut Krisna Rai Mahajony, salah satu penggagas Volkswagen Lost in Paradise.

VLIP #4 Menyame Braye, dok. BVD
VLIP #4 Menyame Braye, dok. BVD
Nafas Program Volkswagen Lost in Paradise semakin menguat. Sejak dihelat pertama kali tahun 2011, kini memasuki pelaksanaan tahun ke 4 Bali Volkswagen Division kembali menggelar VLIP di Bali Utara tepatnya Kota Singaraja, Buleleng. 

Sinergi dengan kegiatan itu, BVD yang didaulat sebagai tuan rumah pelaksanaan Jamnas ke 49 Volkswagen Indonesia menggabungkan dua even ini menjadi satu kemasan.

Menyame Braye diangkat BVD sebagai tema utama pelaksanaan VLIP IV-2018. Menyame Braye menurut Rai Jony sapaan akrab Ketut Krisna Rai Mahajony yang juga Wakil Ketua BVD adalah sebuah bentuk refleksi dalam melihat diri kedalam, memaknai dan memberikan vibrasi kuat bagi setiap laku menuju kehidupan yang lebih baik. 

Laku kehidupan yang berakar pada  filosofi universal ini setidaknya akan mengajarkan empati yang sangat tinggi menyetarakan seluruh insan dalam suatu tataran. Masing-masing individu dituntut merasakan betapa pentingnya toleransi atau teposliro, khususnya dalam menghadapi situasi dan kondisi kekinian yang masih banyak diliputi adanya gesekan, distorsi dan perbedaan pandangan.

Bali Volkswagen Division dalam kebersamaan, foto dok. BVD
Bali Volkswagen Division dalam kebersamaan, foto dok. BVD
Untuk mengimplementasikannya, para klub Volkswagen se-Indonesia yang dinaungi Volkswagen Indonesia dapat menjadikan pedoman  dalam tingkat pengejawantahan dalam perikehidupan sehari-hari di antaranya melalui asas suka duka (dalam kegembiraan dan kesedihan dirasakan bersama-sama); paras paros (orang lain merupakan bagian dari diri sendiri dan diri sendiri adalah bagian dari orang lain); salunglung sabayantaka (baik buruk, mati hidup ditanggung bersama); asih, asah, asuh (saling menyayang, saling memberi dan mengoreksi, serta saling tolong menolong antar sesama makhluk hidup).

Spirit inilah yang ingin digemakan melalui kegiatan Jamnas VoIkswagen Indonesia ke 49 dan VLIP ke 4 sehingga seluruh anggota Volkswagen Indonesia bersama-sama masyarakat luas dapat mewujudkan rasa saling memiliki, menghargai, dan menjaga. 

Seperti halnya suasana keluarga besar ideal yang saling hidup rukun meskipun dengan latar belakang yang berbeda-beda, baik pandangan, pemikiran maupun asal muasal. Suasana ini tentu akan mendorong terciptanya keguyuban antar sesama anggota Volkswagen Indonesia yang melahirkan inovasi dan kreativitas tanpa henti.

Tentu dalam pelaksanaan Jamnas dan VLIP  kali ini tetap berpegang pada potensi alam dan budaya yang ada di Buleleng. Seperti yang telah dirancang dalam VLIP yang pertama, bahwa program ini dirancang bukan sekadar promosi pariwisata yang berdampak terhadap terdorongnya perekonomian setempat, tetapi juga menjadi ajang pengayaan keberagaman seni dan budaya, memperluas ruang kreatif, sekaligus perayaan Bali Volkswagen Division dengan segala kreativitas dan keramahtamahannya. 

Dedikasi yang berawal dari kecintaan terhadap klub kesayangan itu kini kian memposisikan BVD yang memiliki daya saing di percaturan even nasional Volkswagen maupun Otomotif Indonesia.

Konvoi kebersamaan yang selalu dirindukan pemilik kendaraan VW, foto dok. BVD
Konvoi kebersamaan yang selalu dirindukan pemilik kendaraan VW, foto dok. BVD
Pada tahab selanjutnya, even yang bakal digelar di Singaraja dari tanggal 8-11 September 2018 ingin dijadikan kegiatan yang dapat memberikan kemanfaatan nyata bagi klub VW se-Indonesia, warga Singaraja dan pemerintah Kabupaten Buleleng. 

Spirit kreativitas, motivasi, dan inovasi ala Bali Volkswagen Division ini diharapkan dapat dikembangkan untuk menjadikan promosi pariwisata bagi Bali dan Buleleng khususnya.

Perjalanan ke empat VLIP  telah mewujudkan ciri khas BVD yang dengan penuh rasa kekeluargaan, gotong royong (ngayah), dan matetulung, ingin menjadikan Buleleng dalam sejarahnya bukan hanya Bumi Panji Sakti saja, namun juga Bumi Volkswagen.

Silaturahmi indah sesama anggota klub VW se-Indonesia, foto dok. BVD
Silaturahmi indah sesama anggota klub VW se-Indonesia, foto dok. BVD
H. Agus Triongko Korwil Volkswagen Indonesia Bali Nusra Papua, mengatakan sejauh ini komunikasi antar klub telah terjalin dengan baik. Ajang berkumpulnya klub Volkswagen se-Indonesia bisa dimaknai pula sebagai silaturahmi rutin. 

Jamnas Volkswagen Indonesia kali ini memiliki arti penting bagi sejarah berdirinya Volkswagen Indonesia. "Perayaan perak atau silver anniversary Volkswagen Indonesia  ini mengingatkan dua puluh lima tahun yang lalu organisasi ini dideklarasikan di Nusa Dua Bali", kata Triongko.

Sederatan program acara selama empat hari akan digelar: Aktivitas panggung hiburan (Art and Music Performance), lapak-lapak dengan bazar aneka makanan, spare part dan merchandise, donor darah, aneka fun games, lomba mewarnai, foto contest, VW content, aksi lingkungan hidup dengan melepas tukik, touring, sarasehan Volkswagen Indonesia, food truck dan drag race.

Salah satu agenda rutin BVD, touring VW, foto dok. BVD
Salah satu agenda rutin BVD, touring VW, foto dok. BVD
Satu hal yang menjadi catatan dari even Volkswagen Lost in Paradise-4 adalah mengedepankan tema-tema yang bersandar pada filosofi kehidupan luhur dari tradisi budaya Indonesia, dalam hal ini Bali yang memiliki makna universal. 

Volkswagen tidak semata mencitrakan dirinya sebagai kendaraan jalanan, klasik dan unik. Dari Bali Volkswagen Division melalui program Volkswagen Lost in Paradise kiranya akan dapat menjadi penyejuk di tengah panasnya suhu politik menjelang pilpres Indonesia mendatang. 

Silahkan hadir ke Singaraja, dan saya pastikan saat itu Bumi Panji Sakti akan penuh warna dari lalu lalang kendaran Volkswagen se-Indonesia. (Yudha Bantono, BVD 388).

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun