Mohon tunggu...
Y rahmi aatikah Putri
Y rahmi aatikah Putri Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswa PPG calon guru

Saya adalah mahasiswa PPG calon guru gelombang 2 tahun 2024, keseharian saya selain mengikuti program ini adalah berdagang.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Apa itu pembelajaran berdiferensiasi?

2 Januari 2025   16:36 Diperbarui: 2 Januari 2025   16:36 30
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto pembagian kelompok secara heterogen ( koleksi pribadi)

Pembelajaran berdiferensiasi adalah pendekatan pengajaran yang menyesuaikan metode, materi, dan penilaian untuk memenuhi kebutuhan, minat, dan kemampuan individu setiap siswa. Pendekatan ini menekankan bahwa setiap siswa memiliki gaya belajar yang unik, sehingga strategi pengajaran harus fleksibel dan adaptif untuk memastikan semua siswa dapat mencapai potensi maksimal mereka.

Prinsip Dasar Pembelajaran Berdiferensiasi

  1. Pengakuan Keberagaman Siswa: Setiap siswa memiliki latar belakang, minat, dan kemampuan yang berbeda. Pengajaran harus dirancang untuk mengakomodasi perbedaan ini. ()

  2. Fleksibilitas dalam Metode Pengajaran: Guru harus siap menggunakan berbagai metode dan strategi untuk menyampaikan materi, sehingga dapat menjangkau semua gaya belajar siswa.

  3. Penilaian Berkelanjutan: Evaluasi terus-menerus terhadap kemajuan siswa diperlukan untuk menyesuaikan strategi pengajaran dan memastikan efektivitas pembelajaran. ()

Strategi Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi

  1. Diferensiasi Konten: Menyesuaikan materi pelajaran berdasarkan tingkat kesiapan dan minat siswa. Misalnya, memberikan bahan bacaan dengan tingkat kesulitan yang berbeda sesuai dengan kemampuan siswa. 

  2. Diferensiasi Proses: Menggunakan berbagai aktivitas dan metode pengajaran untuk membantu siswa memahami materi. Contohnya, siswa dengan gaya belajar visual dapat diberikan diagram atau video, sementara siswa auditori dapat diberikan penjelasan lisan.

  3. Diferensiasi Produk: Memberikan pilihan kepada siswa dalam menunjukkan pemahaman mereka. Misalnya, siswa dapat memilih antara membuat presentasi, menulis esai, atau membuat proyek kreatif lainnya.

  4. Diferensiasi Lingkungan: Menyesuaikan lingkungan belajar untuk mendukung kebutuhan siswa. Ini bisa berupa pengaturan tempat duduk, suasana kelas, atau penggunaan teknologi dalam pembelajaran. ()

Manfaat Pembelajaran Berdiferensiasi

Siswa menjelaskan hasil karya mereka di depan kelas (koleksi pribadi)
Siswa menjelaskan hasil karya mereka di depan kelas (koleksi pribadi)
  • Meningkatkan Keterlibatan Siswa: Dengan materi dan metode yang sesuai dengan minat dan gaya belajar mereka, siswa lebih termotivasi dan terlibat aktif dalam proses pembelajaran.

  • Mendorong Pertumbuhan Pribadi: Pendekatan ini memungkinkan siswa berkembang sesuai dengan potensi mereka, tidak hanya dalam aspek akademik tetapi juga keterampilan sosial dan emosional.

  • Mengurangi Kesenjangan Belajar: Dengan memenuhi kebutuhan individu, pembelajaran berdiferensiasi membantu mengurangi kesenjangan antara siswa dengan kemampuan berbeda, memastikan semua siswa memiliki kesempatan yang sama untuk sukses. ()

Tantangan dalam Implementasi

  • Keterbatasan Waktu dan Sumber Daya: Merancang dan melaksanakan pembelajaran yang disesuaikan untuk setiap siswa memerlukan waktu dan sumber daya yang signifikan. ()

  • Manajemen Kelas yang Kompleks: Mengelola kelas dengan kebutuhan yang beragam memerlukan keterampilan khusus agar semua siswa tetap terlibat dan termotivasi.

  • Evaluasi dan Penilaian: Menilai kemajuan siswa secara adil dan akurat dalam konteks pembelajaran berdiferensiasi bisa menjadi tantangan tersendiri.

  • Pengembangan Profesional Guru: Guru memerlukan pelatihan dan pengembangan berkelanjutan untuk menerapkan strategi diferensiasi secara efektif. ()

Kesimpulan

Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pendekatan yang esensial dalam pendidikan modern untuk memenuhi kebutuhan individu setiap siswa. Meskipun menghadapi berbagai tantangan dalam implementasinya, dengan strategi yang tepat dan dukungan yang memadai, pendekatan ini dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan perkembangan siswa secara keseluruhan.

Bahan rujukan

Tri ayu. Pembelajaran berdiferensiasi, manfaat, tantangan dan strategi menghadapinya. BBGPS UMSU. 2024

Devi Kurnia. Pembelajaran berdiferensiasi dalam perspektif progresivisme pada mata pelajaran IPA. Jurnal Filsafat Indonesia Vol 5 no 3. 2022

Fitriyah, Moh bisri. Pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan keragaman dan keunikan siswa sekolah dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar Vol 9 No 2. 2023

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun