Mohon tunggu...
Yovie AkbarRona
Yovie AkbarRona Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa STIAMAK BARUNAWATI SURABAYA Program Studi Administrasi Bisnis Logistik

Mahasiswa STIAMAK BARUNAWATI SURABAYA Program Studi Administrasi Bisnis Logistik

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Webinar PKKMB Stiamak Barunawati Surabaya

25 Oktober 2020   06:58 Diperbarui: 25 Oktober 2020   08:39 97
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pada artikel yang akan saya bikin kali ini berisi tentang hasil webinar saya yang di adakan oleh kampus STIAMAK BARUNAWATI SURABAYA pada bulan lalu tanggal 21-22 September 2020 dalam rangka Orientasi kampus dan PKKMB.

A. ADMINISTRASI VS MANAJEMEN UNTUK ORGANISASI BISNIS ( HODGKINSON, 1978, 4 ).

Administrasi meliputi : Seni, kebijakan, nilai, gelombang atas, strategi, kualitatif manusia umum.

Manajemen meliputi : ilmu, eksekusi, fakta, gelombang rendah, taktik, kuantitatif, bahan khusus books.

Mekanisme atau pengelolahan sumber daya ekonomi, sosial yang melibatkan pengaruh dalam sektor negara dan sektor non-pemerintah dalam suatu kegiatan yang kolektif. 

  • Management : Orang yang memerintah atau mengatur sumber daya serta memrcahkan masalah.
  • About        : Mengawasi pengelolahan bisnis yang dijalankan secara benar.
  • Properly           : Pengawasan dalam teori ke agenan untuk menjalankan organisasi perusahaan yang menimbulkan konflik kepentingan. Kepentingan Agen sendiri juga perlu diawasi oleh dewan komisaris yang ditunjuk oleh pemilik perusahaan untuk mewakili kepentingan bisnis itu sendiri.

Business Adminstration 

  • Adminstrasion Business dapat disebut sebagai asuransi yang mengembangkan asosiasi dan proses pengelolahan perusahaan.
  • Pemasaran adalah Proses menciptakan komunikasi, penyampaian, dan mempertukarkan penawaran yang bernilai bagi klien. Fungsi bisnis sendiri untuk mengatur keuangan, produksi, dan SDM ( Sumber Daya Manusia ). 
  • Manajemen : Manajemen yaitu proses planning, pemasaran, keuangan dan manajemen.

B. Transformasi digital saat ini cukup mengguncang dunia dan membawa pada Revolusi Industri ke-4, berikut beberapa Revolusinya :

  • Revolusi industry ke 1 ( abad 18 ) : Mesin uap yang mulai bergerak dalam sector industry, dan termasuk dalam bidang mekanisme.
  • Revolusi industry ke 2 ( abad 19 ) : Tenaga listrik yang mulai mengubah industry, dan termasuk dalam bidang elektrifikasi.
  • Revolusi industry ke 3 ( abad 20 ) : TI, komputasi, komunikasi, termasuk dalam bidang otomasi.
  • Revolusi industry ke 4 ( abad 21 ) : Sistem Cerdas ( AI, IoT, BigData, dll ).

C. Education 4.0 Fit for Industry 4.0

1. Flexible.

2. Adaptive.

3. Self Directed.

4. Creative.

5. Character.

6. Problem Solver.

D. INDUSTRI 4.0

  • Otomatisasi dibantu robot.
  • Internet untuk mencapai segala hal.
  • Printer.
  • Dimensi.
  • Data adalah segala hal paling penting.

Revolusi industri saat ini lebih komprehensif dan cocok dalam kehidupan kita saat ini. Pendidikan 4.0 sangat cocok untuk industri karena metode pembelajaran yang berpusat pada siswa sedangkan guru menjadi mentor.

D. Untuk materi berikutnya yaitu membahas seputar kepelabuhanan, untuk pelabuhan di surabaya saat ini di operasikan dan di kelola oleh PT. PELINDO III. PT. PELINDO III ialah perusahaan milik negara ( BUMN ) yang bergerak pada bidang kepelabuhanan, adapun segmen-segmen bisnis dari PT. Pelindo III ialah : 

1.  jasa kapal kepelabuhanan.  

2. jasa kapal penumpang. 

3.  jasa barang. 

Pelindo III juga mempunyai sebuah visi dan misi yang sangat bagus. akan tetapi mungkin keseluruhan dari kita sudah tau bahwa saat ini semua usaha dan bisnis sedang terkena dampak dari covid-19 begitupun juga dengan Pelindo III. Secara garis besar COVID-19 ini menyebabkan penurunan kinerja pada operasional di Pelindo III contohnya :

  • Beberapa kapal – kapal pesiar yang batal untuk berkunjung sebanyak 117 unit.
  • Penurunan kunjungan kapal petikemas luar negeri sebesar 15%.
  • Dari segi kapal penumpang juga mengalami penurunan jumlah penumpang sebanyak 38% disebabkan oleh PSBB dan larangan mudik saat itu.

Akan tetapi Pelindo III juga mempunyai beberapa inovasi-inovasi  komersial : 

  • Windows connectivity : program kepastian waktu sandar dan ketersediaan tambatan antar pelabuhan dalam rute tertentu. Program ini mempersingkat waktu turn round voyage ( TRV ) sehingga memberikan effisiensi sebesar 28%-33%.
  • TOP ( Term Of Payment ) : pemberian kebijakan jangka waktu pembayaran untuk jasa kapal dan bongkar muat untuk pengguna jasa petikemas dan nonpetikemas selama 30 hari.
  • SSm dan Joint Inspection : PPJK cukup akses satu portal INSW untuk mengajukan perijinan import, dan form perizinan juga lebih simple serta tetap mengakomodir kebutuhan data bea cukai dan karantina.
  • Tol Laut : memberikan keringanan diskon tariff atas jasa dernaga serta penimbunan sebesar 50% dan STVD sebesar 85%.
  • Early Stack : perubahan masa open stack kapal menjadi lebih panjang dari awal.
  • Empty import: mengubah masa penumpukan empty import lebih panjang dari sebelumnya, masa 1 dihitung 7 hari. Pola ini memberikan efisiensi biaya sebesar 44% bagi pelanggan.
  • Transhipment : memangkas biaya terminal handling charge ( CHC ), khusunya di pelabuhan tanjung perak dengan discount harga sebesar 35% dari tariff paket bongkar muat.

E. Di Indonesia sekarang sedang mengalami wabah covid-19, maka dari itu ada beberapa perusahaan dan instansi pendidikan memutuskan untuk menggunakan metode online atau tanpa tatap muka. Kondisi seperti ini membuat kita harus memikirkan cara yang nyaman dan efektif misalnya :

1. Mengkondisikan seperti belajar di Kampus

2. Manajemen Waktu

3. Belajar dengan serius

4. Bersosialisasi

5. Istirahat yang cukup

Pengembangan Kompetensi saat ini juga sangat diperlukan dengan 4 pengembangan kompetensi yang memiliki masing – masing arti seperti

1. Learning Concept.  

2. Change your self.

3. Continuous learning. 

4. Challenge your self.

NEW SKILLS 

1. Learning Skills : Mampu berfikir kritis, kreatif, kolaboratif, komunikatif.

2. Literacy Skills : Informasi, Media, Teknologi.

3. Life Skills : flexibility, Leadrship, Inisiatif, Produktif, Sosial.

MEMAHAMI TANTANGAN :

1. Learning Agility.

2. People Agility.

3. Mental Agility.

4. Resultan Agility.

5. Change Agility.

Tulisan ini dibuat sebagai tugas dari mata kuliah Psikologi Management di STIAMAK Barunawati Surabaya. Kritik dan saran dipersilahkan dan akan diterima dengan senang hati . Mari Kita Belajar Tanpa Henti. ( 25/10/2020 Stiamak_Yovie Akbar Rona Pratama )

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun