Mohon tunggu...
YOSEO
YOSEO Mohon Tunggu... Freelancer - Penulis Konten

Yoseo adalah seorang yang manyukai dunia petualangan, mulai dari mendaki gunung, memancing, dan traveling.

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Yamaha NMAX "Turbo" - Ternyata Hanya Gimik Marketing?

24 Juni 2024   16:31 Diperbarui: 24 Juni 2024   16:52 54
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Mengungkap Fakta Yamaha NMax Turbo: Teknologi Revolusioner atau Sekadar Gimik?

Saat dunia otomotif terkejut dengan peluncuran Yamaha NMax terbaru, sorotan utama tertuju pada teknologi "Turbo" yang diklaim memberikan akselerasi lebih responsif.

Apakah benar teknologi ini revolusioner, ataukah hanya gimik marketing semata?

Mari kita telaah lebih lanjut untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam mengenai Yamaha NMax Turbo ini.

Pengenalan Teknologi "Turbo" pada Yamaha NMax

Peluncuran Yamaha NMax terbaru oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) disertai dengan kehadiran teknologi "Turbo" pada varian tertinggi. Namun, istilah "Turbo" ini langsung menuai kritik dari berbagai kalangan, yang meragukan keaslian dan efektivitas teknologi tersebut. Dalam upaya menjawab keraguan ini, Antonius Widiantoro, Asst GM Marketing YIMM, memberikan penjelasan bahwa istilah "Turbo" digunakan sebagai bahasa pemasaran untuk teknologi Yamaha Electric Continuously Variable Transmission (YECVT).

Menurut Antonius, penggunaan istilah "Turbo" bertujuan untuk memudahkan konsumen memahami teknologi baru yang disematkan pada NMax. Dalam praktiknya, istilah ini tidak hanya sekadar penamaan, tetapi mencerminkan peningkatan performa yang dirasakan oleh pengendara. Meski demikian, penggunaan istilah ini tetap menjadi perdebatan di kalangan penggemar otomotif yang menganggapnya sebagai sekadar gimik pemasaran.

Apa itu YECVT?

Untuk memahami teknologi yang disematkan pada Yamaha NMax Turbo, penting untuk mengetahui apa itu Yamaha Electric Continuously Variable Transmission (YECVT). YECVT adalah teknologi transmisi yang menggabungkan motor listrik dengan sistem CVT konvensional. Dalam sistem ini, motor listrik membantu menggerakkan pulley depan, menggantikan peran roller yang biasa ditemukan pada CVT standar. Hasilnya, akselerasi kendaraan menjadi lebih halus dan responsif.

Teknologi YECVT ini memberikan sensasi berkendara yang berbeda, yang digambarkan oleh Yamaha sebagai "sensasi turbo". Meski tidak menggunakan turbocharger yang memanfaatkan gas buang seperti pada mobil, sistem ini tetap memberikan peningkatan akselerasi yang signifikan.

Performa Yamaha NMax Turbo

Berdasarkan pengujian internal Yamaha, NMax Turbo mampu berakselerasi dari posisi diam hingga menempuh jarak 100 meter dalam waktu 7,2 detik. Ini merupakan peningkatan dibandingkan versi sebelumnya yang membutuhkan waktu 7,43 detik untuk jarak yang sama. Selain itu, NMax Turbo juga mampu menempuh jarak 200 meter lebih cepat dengan selisih 9,2 meter dibandingkan dengan NMax generasi sebelumnya.

NMax Turbo dilengkapi dengan fitur Y-Shift yang memungkinkan pengendara memilih tiga tingkat akselerasi: Low (1), Medium (2), dan High (3). Fitur ini sangat berguna untuk berbagai kebutuhan, mulai dari melewati kendaraan lain hingga menaklukkan medan tanjakan. Dengan tiga tingkat akselerasi ini, pengendara dapat memilih mode yang paling sesuai dengan kondisi berkendara mereka.

Mode Berkendara yang Fleksibel

Selain fitur Y-Shift, NMax Turbo juga menawarkan dua mode berkendara: T-Mode (Town Commuting) dan S-Mode (Sport Touring). Mode ini dapat dioperasikan melalui tombol "Mode" yang terletak pada bagian depan stang. T-Mode dirancang untuk penggunaan sehari-hari di perkotaan, memberikan akselerasi yang cukup dan efisiensi bahan bakar yang optimal. S-Mode, di sisi lain, dirancang untuk penggunaan yang lebih dinamis seperti touring atau berkendara di medan yang lebih menantang.

T-Mode sangat cocok digunakan di perkotaan, memberikan keseimbangan antara performa dan efisiensi bahan bakar. Sedangkan S-Mode memberikan akselerasi yang lebih cepat dan performa yang lebih agresif, ideal untuk perjalanan jarak jauh atau saat perlu melewati kendaraan lain. Fleksibilitas ini menjadikan NMax Turbo sebagai pilihan yang menarik bagi pengendara yang menginginkan pengalaman berkendara yang berbeda dalam berbagai situasi.

Teknologi Inovatif atau Gimik Marketing?

Meskipun ada skeptisisme awal terkait penggunaan istilah "Turbo", Yamaha NMax Turbo membuktikan bahwa teknologi YECVT yang diadopsi membawa peningkatan performa yang signifikan. Akselerasi yang lebih responsif dan fitur Y-Shift yang inovatif memberikan pengalaman berkendara yang lebih dinamis dan fleksibel. Dengan demikian, meskipun penggunaan istilah "Turbo" dapat dianggap sebagai strategi pemasaran, teknologi yang diterapkan pada NMax Turbo menawarkan manfaat nyata bagi pengendara.

Secara keseluruhan, Yamaha NMax Turbo menunjukkan bahwa teknologi baru ini lebih dari sekadar gimik. Inovasi yang diterapkan Yamaha memberikan nilai tambah yang nyata, menjadikan NMax Turbo sebagai pilihan yang layak dipertimbangkan bagi pengendara yang mencari performa dan fleksibilitas dalam berkendara. Dengan kombinasi teknologi canggih dan performa yang ditingkatkan, Yamaha NMax Turbo siap menghadapi tantangan di jalan raya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun