Mohon tunggu...
Yosef MLHello
Yosef MLHello Mohon Tunggu... Pemuka Agama - Bapak Keluarga yang setia. Tinggal di Atambua, perbatasan RI-RDTL

Menulis adalah upaya untuk meninggalkan jejak. Tanpa menulis kita kehilangan jejak

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Makna Niut Sa'e dalam Adat Kematian Orang Dawan

12 Oktober 2022   15:47 Diperbarui: 12 Oktober 2022   15:52 999
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Para pelayat mengikuti penguburan orang mati (dokpri)

Orang Dawan atau Atoni Pah Meto merupakan suku terbesar yang mendiami pulau Timor, khususnya di Timor Barat, mulai dari Kabupaten Kupang, Timor Tengah Selatan, Timor Tengah Utara, sebagian kabupaten Belu, dan sebagian lagi Kabupaten Malaka. 

Menurut catatan Ethnolog berkebangsaan Belanda bernama Prof. Dr. Ormeling, kata atau sebutan Dawan sebenarnya berasal dari penduduk daerah Belu Selatan (sekarang Kabupaten Malaka). Nama itu digunakan untuk menyebut tetangga mereka yang tinggal di sebelah barat, terutama di daerah pedalaman atau pegunungan. Nama Dawan itulah yang terus digunakan untuk menyebut atau mengenal kelompok-kelompok  suku bangsa sekaligus untuk bahasa mereka. Jadi ada suku Dawan dan berbahasa Dawan (Andreas Tefa Sawu, 2004: 14).

Suku Dawan memiliki beranekaragam budaya dan tradisi, baik menyangkut adat kelahiran, perkawinan maupun kematian. Di antara berbagai tradisi itu, adat kematianlah yang paling banyak menyita waktu dan perhatian.

Orang Dawan mempunyai keyakinan bahwa orang yang meninggal dunia, hanya berpindah tempat yaitu berpindah dari dunia orang hidup ke dunia orang mati.

Orang Dawan juga percaya bahwa ada kehidupan sesudah kematian.  Artinya bagi orang Dawan tidak ada kematian kekal. Meskipun belum ada penelitian mengenal hal ini, namun orang Dawan juga percaya akan adanya re-inkarnasi jiwa orang yang telah meninggal dunia dalam bentuk binatang atau hewan tertentu. Kepercayaan ini berhubungan dengan adanya kepercayaan terhadap totemisme (mengenai hal ini akan dibahas pada tulisan berikut).

Kembali ke adat kematian orang Dawan.

Menurut kepercayaan orang Dawan, seseorang yang meninggal dunia harus diatur dengan sebaik-baiknya atau dalam bahasa Dawan disebut 'Pailouel' dirawat atau dipelihara. Lagi-lagi karena adanya keyakinan bahwa dia tidak mati, melainkan beralih ke dunia yang baru.

Karena adanya keyakinan bahwa dia yang sudah meninggal itu tidak mati selama-lamanya, maka ketika jenazah masih disemayamkan di rumah duka dan masih berjaga bersama (mete) sering terjadi apa yang disebut 'Nitu Nsae' atau 'Niut Sa'e' yang berarti 'orang mati naik', maksudnya orang mati itu datang (naik) pada seseorang yang masih hidup. Biasanya diterjemahkan dalam bahasa Indonesia dengan kata 'kesurupan'.

Menurut beberapa orang yang sering mengalami kesurupan pada saat menjaga orang mati, umumnya mereka mengatakan bahwa sebelum seseorang kesurupan, biasanya mereka mengalami beberapa gejala sebagai berikut kepala terasa berat, badan dan kedua kaki lemas, penglihatan kabur, badan terasa ringan, dan mengantuk. 

Perubahan ini biasanya masih disadari oleh subyek yang mengalami. Namun beberapa waktu sesudah itu, tiba-tiba mereka tidak mampu mengendalikan dirinya lagi.

Lalu terjadilah Niut Sa'e, yang diyakini orang mati itu datang atau masuk ke dalam tubuh subyek dan  berbicara atau bertingkah laku persis seperti orang mati itu ketika ia masih hidup. Kadang-kadang Niut Sa'e itu menyampaikan sebab-sebab mengapa ia meninggal. Ada juga yang menyampaikan pesan kepada meereka yang masih hidup.

Tetapi tidak jarang juga terjadi bahwa Niut Sa'e menyebabkan persoalan baru karena sering dalam 'kesurupan' itu, orang-orang yang hidup 'memaksa' dia untuk berbicara tentang sebab-sebab kematiannya.  Karena itu sering terjadi 'orang mati' itu menuduh seseorang yang menjadi penyebab kematiannya. Dalam bahasa Dawan disebut "Amo'et" atau orang yang buat. Karena itu tidak jarang terjadi perkara perihal tuding menuding ini.

Para pelayat mengikuti penguburan orang mati (dokpri)
Para pelayat mengikuti penguburan orang mati (dokpri)

Apa Maknanya bagi yang hidup?

1. Bagi sebagian besar orang Dawan masih meyakini bahwa Niut Sa'e itu benar-benar terjadi dan karenanya mereka percaya akan apa yang disampaikan dalam peristiwa 'niut sa'e' itu. Tetapi ada juga sebagian besar orang yang tidak percaya akan hal tersebut. Hal tersebut terjadi karena pengaruh pendidikan dan agama.

2. Niut Sa'e yang terjadi pada adat kematian orang Dawan, berbeda dengan kesurupan yang terjadi pada masyarakat lainnya seperti yang pernah diberitakan dalam detiknews (10/10/2022)  bahwa seorang wanita di Desa Sukaoneng yang tiba-tiba berdiri di atap rumah warga pada Minggu dini hari sambil tertawa terbahak-bahak. Wanita itu diduga kesurupan. 

3. Niut Sa'e pada adat kematian orang Dawan sebenarnya mau mengatakan bahwa karena begitu dekatnya orang yang masih hidup dengan orang yang telah meninggal dunia itu, dan karena dipengaruhi oleh keadaan jiwa yang labil maka pada saat yang sama terjadilah kesurupan itu. Maka boleh percaya boleh tidak percaya terhadap apa yang disampaikan pada Niut Sa'e tersebut. Kalau dampak atau hasilnya positif boleh dipercaya, tetapi bila dampak atau hasilnya negatif tidak boleh dipercaya. 

4. Agama mengajarkan bahwa orang mati tidak makan, tidak minum, tidak kawin dan dikawinkan (bdk. Mat 22:30). Maka setelah seseorang meninggal dia tidak akan berbicara lagi meski melalui orang yang hidup sekalipun. 

5. Niut Sa'e hendaknya dilihat semata-mata dalam terang iman dan secara positif sebagai bentuk kecintaan yang mendalam antara mereka yang masih hidup dengan dia yang telah meninggal dunia. Mereka belum bisa melepaskan orang yang meninggal itu sehingga muncul dalam bentuk Niut Sae.

Demikianlah ulasan mengenai sebuah tradisi adat kematian yang terjadi di Timor. Semoga bisa menambah khasanah literasi bagi para Kompasianer. Salam sehat selalu.

Atambua: 12.10.2022

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun