[caption caption="Dok.pri"]
[/caption]Apakah kemiskinan itu diwariskan?
Terdapat satu hal menarik tertulis di kantor sebuah koperasi kredit bersama di Jogja, tulisannya seperti ini: “Lahir Miskin itu Wajar, Mati Miskin itu Kesalahan!” Suatu frase yang bagi saya memberikan sebuah pernyataan bahwa kemiskinan bukanlah sesuatu yang given atau sesuatu yang bisa diwariskan dari satu generasi ke generasi lain. Kemiskinan memiliki sebab di masa lalu, dan ketika seseorang lahir dari sebuah keluarga miskin, pasti ada sebuah penyebab kenapa orang tuanya bisa miskin, namun di sisi lain kemiskinan bisa dihentikan sehingga anak yang lahir dari generasi kedua tidak mewarisi kemiskinan yang sama. Bagaimana caranya, itu adalah pertanyaan berikutnya.
Tentu sangat sulit menerima pernyataan bergaya kolonial yang mengatakan bahwa orang Indonesia itu malas dan penipu sehingga sulit untuk maju dan akan tetap miskin. Jika benar kemalasan adalah penyebabnya maka seorang buruh perahu yang harus ke laut selama delapan jam di antara gelombang untuk memancing ikan-ikan kecil apakah bisa dikatakan malas? Seorang petani kecil mulai berangkat ke sawah jam 6 pagi setelah memberi makan ayam atau kambingnya, di bawah terik matahari seharian, lalu sambil pulang ia menyabiti rumput sebagai pakan ternaknya, menggotongnya dan sampai rumah jam 6 sore, apakah pantas dikatakan malas? Yang seharusnya menjadi pertanyaan, kenapa nelayan itu pulang hanya membawa uang Rp 40.000,- dan petani kecil tadi rata-rata hanya punya uang Rp 600.000 per bulan setelah dipotong sana-sini untuk hutang dan ongkos sawah? Terlalu banyak yang dikeluarkan namun menghasilkan sedikit saja. Ini yang menjadi pokok masalahnya bahwa kemiskinan bukanlah akibat tindakan malas dari individu melainkan ada faktor lain yang menyebabkan mereka tetap miskin yakni struktur yang tidak adil.
Mitos Lingkaran kemiskinan
Ketika suatu masyarakat pinggir hutan diambil tanahnya mereka menjadi miskin, di sini struktur bekerja. Pada saat nelayan tradisional tak pernah mendapat alokasi dalam program pengentasan kemiskinan, di sana terjadi masalah struktural. Saat seorang PRT tak diijinkan berkumpul dan berorganisasi oleh majikannya, di sini ia secara struktural tetap dimiskinkan. Maka jika semua praktik ini dijalankan, niscaya kemiskinan akan abadi dan bahkan diwariskan. Lahir dalam keadaan miskin, dan sampai matipun tetap akan miskin. Lingkaran kemiskinan akan terus berputar jika perspektif yang digunakan hanya pada aspek tingkah laku individu. Kemiskinan terjadi karena ada faktor lain di luar individu, yang lahir dari interaksi dan pola relasi yang dimiliki individu dengan masyarakatnya, bahkan antara masyarakatnya dengan masyarakat lain.
Menurut Soedjatmoko (1983) struktur merupakan pola-pola organisasi sosial yang mantap, luas, stabil dan mampu untuk meneruskan diri (self reproducing) Struktur sosial adalah pola-pola organisasi institusional lintas sektor di suatu masyarakat, sebuah pola hirarki yang tidak setara dan membuat satu pihak tergantung pada pihak lain dan terus dieksploitasi oleh pihak tersebut (Soedjatmoko, 1983. hal. 157-164). Menurut Sukanto (dalam Purwandari, 2011) kemiskinan struktural dapat dikaji melalui unsur-unsur sosial yang pokok dalam masyarakat yang meliputi: kelompok sosial, kebudayaan, lembaga sosial, stratifikasi sosial, dan kekuasaan dan wewenang. Dari rumusan tersebut tampak bahwa kemiskinan bukanlah faktor yang dibawa individu dan kelompok kecilnya melainkan akibat dari relasi-relasi yang ada di sekitarnya baik skala lokal maupun global.
Rumusan sosiologis di atas membantah rumusan ekonomi yang sama-sama melihat kemiskinan namun dengan dengan kacamata berbeda karena perspektif ekonomi semata-mata menempatkan perilaku individu dan peran kepemilikan kapital lah yang menciptakan kemiskinan. Dalam studi klasiknya Payne mengatakan bahwa lingkaran kemiskinan ini adalah bersifat internal, berpola sehingga sulit keluar dari sana dan satu-satunya cara lepasnya adalah melalui intervensi pihak luar. Ia menggambarkannya dalam sebuah siklus yang dikenal sebagai The Vicious Cycle of Poverty sebagai berikut:
[caption caption="Gambar: Lingkaran Kemiskinan"]
Struktur yang membebaskan
Lalu bagaimana cara lepas dari struktur penindasan ini? Soedjatmoko menandaskan bahwa yang dibutuhkan adalah: (a) keluar dari isolasi, membangun jaringan ; (b) pengembangan diferensiasi struktural yakni spesialisasi lembaga dan keaktifannya; (c) mengatasi kekakuan (rigidity) dan meningkatkan keluwesan (flexibility) sistem sosial menjadi lebih terbuka sehingga mengurangi batasan-batasan sosial; dan (d) penguatan sentralitas atau pemusatan kuasa. Pengorganisasian dan pengembangan pranata diyakini menjadi pembebas atas lingkaran kemiskinan itu.
Pada intinya, pembebasan dari kemiskinan adalah upaya mengembalikan manusia pada kodratinya sebagai manusia yang berdaulat dan membangun jaringan yang mampu memperkuat diri dan kelompoknya dalam konteks membangun collective action sebagai daya tawar terhadap struktur yang timpang. Seperti yang Sajogyo (2006) sarankan pada kasus agraria yakni mengembalikan kedaulatan atas tanah pada petani kecil, reforma agraria adalah mutlak agar petani dapat berdaulat, berserikat membangun fondasi pranata ekonomi berbasis lokal dan partisipasi aktif dalam pengambilan keputusan-keputusan politik (ibid hal. 283-291)
Hal inilah yang harus dilakukan untuk memutus mitos siklus kemiskinan agar proses transformasi desa dapat terwujud. Untuk mewujudkan itu terdapat beberapa agenda menuju sebuah perubahan sosial. Perubahan sosial yang dimaksud di sini adalah perubahan pada struktur dan fungsi masyarakat (Davis dalam Martono, 2014). Perubahan pada lembaga-lembaga kemasyarakatan juga menjadi media bagi perubahan sosial dan di dalam lembaga ini terdapat nilai-nilai, sikap dan pola perilaku. Menurut Harper (1989) terjadinya perubahan sosial menuju struktur yang membebaskan ini terdiri dari beberapa tipe: (a) perubahan dalam personal sehubungan perubahan-perubahan peran; (b) perubahan dalam cara bagian-bagian struktur sosial berhubungan seperti alur kerja; (c) perubahan di fungsi-fungsi struktur; (d) perubahan dalam hubungan struktur yang berbeda; (e) munculnya struktur baru.Kelima poin ini merupakan salah satu upaya untuk keluar dari struktur yang selama ini menindas. (Martono, ibid)
Kesimpulan
Inti dari artikel di atas adalah bahwa kemiskinan yang terjadi saat ini bukanlah diakibatkan dari tindakan dan perilaku masyarakat melainkan dipengaruhi oleh struktur sosialnya yang tidak adil dan mengakomodasi ketimpangan. Kemalasan bukanlah penyebab kemiskinan namun tiadanya akses dan jaringan serta lemahnya kelembagaan, maka kelembagaan yang kuat menjadi modal untuk bebas dari struktur penindasan selama ini.
Maka ketika seseorang lahir, ia bisa jadi mewarisi kemiskinan orang tua atau kakeknya namun ia berkesempatan untuk keluar dari isolasi dan situasi penindasan asal memiliki kapasitas institusi yang cukup untuk melakukan collective action dan bargaining dengan pihak yang lebih kuat. Saat seseorang mati masih miskin, ia telah gagal membangun struktur kelembagaan sosialnya namun bagi yang masih hidup tetap berkesempatan untuk mengembangkam kelembagaan baru, bisa jadi sebuah koperasi yang dibangun oleh sebuah jaringan yang berbasis trust dari masing-masing anggotanya atau sebuah gerakan sosial baru berbasis kemasyarakatan.
Daftar Pustaka:
Martono, Nanang (2014) Sosiologi Perubahan Sosial: Perspektif Klasik, Modern, Posmodern dan Poskolonial. Rajawali Pers: Jakarta
Payne, Ruby (2005). A Framework for Undertanding poverty (4h edition). Highland TX: aha! Process. Inc
Purwandari, Heru. (2011) Respon Petani terhadap Kemiskinan Struktural. J-SEP Vol 5 No. 2. Fakultas Ekologi Manusia: Bogor
Sajogyo (2006) Ekososiologi: Deideologisasi Teori RestrukturisasinAksi: Petani dan Perdesaan sebagai kasus Uji. Cindelaras Pustaka Rakyat Cerdas: Yogyakarta
Soetrisno, Lukman (2002) Paradigma Baru Pembangunan Pertanian: Sebuah Tinjauan Sosiologis. Kanisius: Yogyakarta
Soedjatmoko (1983) Dimensi Manusia dalam Pembangunan: Pilihan Karangan. LP3ES: Jakarta
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H