Sistem pendidikan saat ini menuntut peserta didik untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran bukan hanya terpusat pada guru (teacher centered). Permasalahan yang terjadi adalah siswa kurang antusias dalam membaca dan memahami bab yang banyak teorinya. Berdasarkan kajian literatur dan hasil wawancara pada guru dan siswa yang ada di SMP Negeri 10 Rejang Lebong, maka ditarik kesimpulan akar penyebab masalah dari masih kurangnya antusias siswa untuk membaca dan memahami bab yang banyak teorinya adalah guru belum menggunakan media pembelajaran yang bisa memudahkan pemahaman siswa.
Media pembelajaran yang menarik, akan membuat siswa lebih tertarik. Jika siswa sudah tertarik, siswa akan lebih bersemangat untuk membaca demi mendukung pembelajarannya di kelas, minat baca siswa di sekolah juga akan semakin tinggi jika  diperkuat  dengan bahan ajar yang menarik. Hasil penelitian Putra dkk (2022) menunjukkan LKPD  Digital  Interaktif  berbasis  PBL  dapat  menarik  minat, semangat, dan suasana menyenangkan LKPD Digital Interaktif berbasis PBL dapat membantu siswa belajar secara mandiri.
Kelebihan dari LKPD digital interaktif yaitu peserta didik akan berpartisipasi aktif karena harus memberikan respon terkait kegiatan yang dilakukan, dengan adanya perpaduan antara gambar dan teks menjadi penambah daya tarik peserta didik sehingga dapat mempermudah pemahaman informasi pembelajaran.
Kekurangan dari LKPD digital interaktif yaitu dibutuhkan waktu untuk proses pembuatan dan keterampilan guru dalam membuat materi supaya terlihat menarik, serta membutuhkan sinyal internet untuk mengakses LKPD digital Interaktif.
LKPD digital interaktif dapat dibuat dengan cara mendesain terlebih dahulu materi yang ingin digunakan. Salah satu media yang bisa digunakan adalah aplikasi canva yang bisa diakses melalui aplikasi di android/iOS, atau juga di akses melalui web (https://www.canva.com/). Contoh  LKPD Interaktif hasil desain menggunakan canva seperti gambar berikut.
Setelah materi dibuat menggunakan canva dan disimpan dalam bentuk file PDF,Â
file yang siap digunakan di upload di https://www.liveworksheets.com/ ,
sehingga file bisa di akses peserta didik melalui internet dan dikerjakan secara online tanpa menggunakan kertas.
Daftar Pustaka :
Putra, I. M., Astawan, I. G., & Antara, P. A. (2022). Lembar Kerja Peserta Didik Digital Berbasis PBL pada Muatan IPA Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 10(1), 155-163. Dipetik September 11, 2022, dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/47031
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H