Untuk menjadi seorang yang ahli dalam bidangnya perlu dilakukan sebuah pengakuan dengan tujuan agar orang tersebut bisa dikatakan ahli dalam bidangnya. Tetapi, untuk mengakui bahwa orang tersebut ahli maka harus ada sebuah lembaga yang siap memberikan pelatihan dan menyatakan bahwa orang itu ahli dalam bidang tertentu.Â
Berbicara mengenai sebuah lembaga, pasti pembaca binggung yang dimaksud lembaga disinis apa ya? Yang dimaksud disini adalah mengenai  Lembaga Sertifikasi Profesi. Lembaga Sertifikasi Profesi ini adalah bagian dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi).
Lembaga Sertifikasi Profesi itu apa?Â
Lembaga Sertifikasi Profesi atau singkatannya adalah LSP adalah lembaga yang melakukan sertifkasi profesi dan kegiatan ini sudah memperoleh lisensi dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi).
Lembaga Sertifikasi Profesi ini akan membantu para peserta untuk menguji dan menilai kompetensi yang dimiliki oleh seseorang sesuai dengan skil dan kemampuan yang mereka miliki.Â
Peserta yang akan mengikuti Sertifikasi Profesi harus melampirkan beberapa file pendukung untuk membuktikan bahwasannya mereka memiliki kemampuan sesuai dengan yang dimiliki.Â
Diera globalisasi saat ini, banyak orang-orang melakukan sertifikasi dengan tujuan untuk bisa menjadi seorang yang ahli dalam bidangnya. Tetapi, banyak sekali Lembaga Sertifikasi Profesi di Indonesia. Sebagai orang yang ingin mengikuti Sertifikasi kita perlu crosscheck Lembaga Sertifikasi Profesi.Â
Aku ingin memberikan tips kepada kamu bagaimana cara memilih Lembaga Sertifikasi Profesi yang baik
1. Identifikasi Tujuan KamuÂ
Hal pertama yang kamu harus adalah menentukan tujuan kamu apakah ingin meningkatkan kualitas kamu, keperluan untuk diakui oleh profesional, atau meningkatkan karir kamu. Jangan lupa identifikasi juga minat kamu, profesi yang kamu inginkan, atau industri yang kamu minati.Â
2. Melakukan riset terhadap Lembaga Sertifikasi Profesi
Sebelum kamu melakukan sertifikasi, kamu harus melakukan riset terlebih dahulu mengenai Lembaga Sertifikasi Profesi apakah dia menyediakan skema yang kamu mau atau tidak. Selanjutnya, kamu harus membaca informasi-informasi mengenai Lembaga Sertifikasi Profesi bisa dari situs website resmi mereka, membaca berita, atau kamu bisa mengunjungi website resmi BNSP untuk melihat apakah Lembaga Sertifikasi Profesi memiliki kredibilitas yang baik atau tidak.
3. Pertimbangkanlah Waktu dan Biaya
Sebelum kamu akan melakukan Sertifikasi di Lembaga sertifikasi Profesi kamu harus menentukan waktu yang cocok dengan waktu kamu agar kamu bisa sesuai dengan waktu yang kamu inginkan dan juga pikirkan biayanya, apakah ada biaya tambahan lagi atau tidak.Â
4. Konsultasikan dengan orang yang pernah melakukan Sertifikasi di Lembaga Sertifikasi ProfesiÂ
Kamu harus melakukan konsultasi kepada orang yang pernah melakukan sertifikasi di Lembaga Sertifikasi Profesi agar kamu mendapatkan sebuah gambaran yang pasti agar kamu bisa mengetahui mengenai Lembaga Sertifikasi ProfesiÂ
5. Pilihlah Lembaga Sertifikasi Profesi yang baikÂ
Setelah kamu melakukan riset terhadap Lembaga Sertifikasi Profesi, langkah terakhir yang kamu harus lakukan adalah pilihlah lembaga sertifikasi profesi yang baik sesuai dengan reputasi lembaga, kredibiltas dari lembaga tersebut, dan apakah lembaga sertifikasi profesi itu sudah sesuai dengan standar dan diakui oleh BNSP.Â
Baca Juga: Lembaga Sertifikasi Profesi
Setelah kamu mengetahui tips untuk memilih Lembaga Sertifikasi Profesi, kamu harus menyiapkan beberapa hal untuk disiapkan sebelum melakukan sertifikasi.Â
Pertama kamu harus menyiapkan berkas-berkas yang harus disiapkan saat melakukan sertifikasi.
Kedua kamu harus tau keterampilan apa yang kamu miliki dan pilihlah sesuai dengan skema yang dimiliki oleh lembaga sertifikasi.
Ketiga persiapkan diri dengan membaca materi-materi sesuai skema yang kamu pilih.
Keempat lakukan simulasi dengan tujuan kamu bisa mengukur seberapa bisa kamu siap menghadapi ujian yang sebesarnya, yang.
Kelima perhatikan administrasi dan fisik kamu agar saat melakukan proses administrasi bisa berjalan dengan baik tanpa hambatan dan fisik kamu harus kuat agar sertifikasi berjalan dengan baik dan lancar. Â
Setelah kamu sudah mengetahui tips memilih lembaga sertifikasi dan hal-hal yang harus disiapkan, kamu harus mengetahui terlebih dahulu mengenai fungsi dan tugas dari Lembaga Sertifikasi Profesi.Â
Fungsi dan tugas dari Lembaga Sertifikasi Profesi adalah sebagai berikut:Â
1. Menetapkan Standar KompetensiÂ
Dengan menetapkan standar yang baik dan jelas yaitu dari segi pengetahuan, keterampilan, dan sikap peserta sertifikasi yang diharapkan, lembaga sertifikasi menyatakan bahwa peserta sertifikasi memiliki kompetensi yang sesuai dengan sesuai dengan industri atau bidang kerja yang diinginkan.Â
2. Melakukan ValidasiÂ
Lembaga Sertifikasi Profesi memberikan validasi kepada peserta sertifikasi jika peserta sertifikasi dinyatakan mampu dan paham mengenai skema yang sesuai dengan pilihan mereka. Dengan memperoleh sertifikasi dari lembaga yang diakui, individu dapat membuktikan bahwa mereka telah memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan.Â
3. Meningkatkan Kualitas dan daya saing peserta sertifikasi
Melalui sertifikasi bersama lembaga sertifikasi profesi, peserta yang mengikuti sertifikasi bisa meningkatkan kualitas mereka dan bisa bersaing di masa depan .Â
4. Meningkatkan Profesionalisme Peserta Sertifikasi
Lembaga Sertifikasi Profesi ini membantu para peserta sertifikasi untuk meningkatkan profesionalisme peserta sertifikasi dan etika kerja dalam bidang profesi yang diinginkan.Â
Itulah penjelasan mengenai Lembaga Sertifikasi Profesi, semoga artikel ini dapat memberikan sebuah gambaran mengenai Lembaga Sertifikasi Profesi.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H