Sebagai pegawai swasta yang ada dalam departemen yang bersinggungan langsung dengan departemen procurement, saya tentu paham betul bagaimana sistem procurement atau pengadaan barang begitu penting dalam berjalannya proses bisnis perusahaan. Tim procurement tentunya menjadi faktor penting terkait efektifitas dan efisiensi penyediaan barang yang dibutuhkan perusahaan.
Berbagai kebutuhan eksternal atau pendukung penjualan seperti rak display, acrylic untuk show unit hingga spanduk iklan, menjadi beberapa contoh barang-barang yang jadi kebutuhan utama perusahaan. Bahkan untuk sekadar kebutuhan internal kantor semisal kursi, meja, hingga kebutuhan stationery perusahaan pun juga menjadi tanggung jawab procurement.
Mereka pun tentunya dituntut untuk bisa mendapatkan barang ataupun jasa yang tak hanya berkualitas, namun juga memiliki harga yang bersaing. Disamping juga memastikan terpercayanya penjual yang menyediakan produk atau jasa tersebut.
Permasalahan muncul kala terdapat project-project khusus yang mengharuskan bekerjasama dengan perusahaan lain di luar perusahaan yang sudah terdaftar selama ini. Selain harus melakukan deal ulang terkait kerjasama termasuk term of payment yang pastinya memakan waktu lama, fit and proper test dalam hal kelayakan penyediaan barang dan jasa pun tentunya menjadi hal yang tidak efisien dan memakan waktu.Â
Apalagi jika mengharuskan bertemu dengan penyedia barang berskala UMKM, maka semakin sulitlah melakukan kerjasama. Karena selain adanya kultur bisnis yang berbeda, pada kenyataannya masih banyak juga perusahaan yang belum sadar e-procurement, baik bagi perusahaan yang berperan sebagai pembeli maupun yang berperan sebagai penjual. Tak peduli pada skala apa perusahaan itu berada.
Karena tak hanya memudahkan perusahaan mencari dan menyediakan barang atau jasa, para penjual yang masih menggunakan sistem tradisional pun dapat dengan mudah menawarkan barangnya tanpa harus ribet belajar sistem e-procurement yang mungkin menyulitkan.Â
Kemudahan bertransaksi ala toko online inilah yang membuat Mbizmarket patut dilirik banyak perusahaan sebagai alternatif penyedia layanan barang dan jasa yang kompeten, terpercaya dan pastinya mudah digunakan.
Lantas, apa saja sih keuntungan lain dari Mbizmarket bagi penjual dan pembeli?
1.Kemudahan Akses dan Proses Transaksi
Kemudahan bertransaksi jelas menjadi poin penting dalam terciptanya kerjasama bisnis yang saling menguntungkan. Disinilah Mbizmarket mampu menyediakan hal tersebut.
Dari sisi penjual, Mbizmarket menawarkan proses yang begitu mudah. Selain interface webnya yang sederhana, proses pendaftaran produk pun bisa dengan mudah dilakukan karena penjual hanya tinggal menyesuaikan produknya dengan ragam atribut seperti harga, garansi, stok, dan lain sebagainya.
Tak lupa, fasilitas multiple login juga memudahkan penjual dalam memanage account nya. Sehingga memantau proses transaksi pun tak melulu bergantung pada satu orang saja. Bagaimana, mudah dan efisien bukan?
Sementara dari sisi pembeli, mulai dari pemilihan barang, proses beli hingga pembayaran, semuanya sangat mudah dilakukan layaknya berbelanja di toko online pada umumnya. Pencarian produk pun dapat dengan mudah dilakukan karena tersedianya ragam kategori yang disesuaikan untuk memudahkan pencarian oleh pengguna.
Tak lupa, tersedianya payment gateway atau gerbang pembayaran yang lengkap juga semakin memudahkan cara bertransaksi di Mbizmarket. Apalagi pembayaran juga baru diteruskan ke penjual apabila barang sudah diterima pembeli. Sudah pasti hal tersebut akan membawa rasa aman bagi pembeli dan penjual pun bisa cepat mendapatkan omzet tanpa harus pusing menunggu term of payment cair hingga berbulan-bulan.
2.Terpercaya
Apa sih yang kita cari dari proses bertransaksi online, apalagi dengan jumlah nominal yang besar? Tentu saja kepercayaan bukan?
Disinilah Mbizmarket juga mampu mengakomodir hal yang cukup krusial tersebut. Barang-barang yang tersedia di Mbizmarket sudah pasti berkualitas karena harus melewati berbagai proses pendaftaran yang cukup lengkap dan detail.
3.Transaksi Bisnis Berbagai Skala Perusahaan
Seperti yang sudah dijelaskan di awal, melalui Mbizmarket pihak yang diuntungkan tak hanya perusahaan besar semata. Perusahaan kelas menengah dan kecil pun juga ikut merasakan untung berkat hadirnya platform jual beli B2B ini.
Dari sisi pembeli, perusahaan besar bisa menjadikan Mbizmarket sebagai portal belanja B2B alternatif, sementara bagi perusahaan kelas menengah dan kecil bisa menjadikan Mbizmarket sebagai portal belanja utama karena perusahan tak perlu repot membangun sistem lagi dari awal. Semua sudah disediakan secara lengkap, rapi dan aman oleh Mbizmarket.
Sarana Sadar E-Procurement Perusahaan Berbagai Skala
Selain hal-hal yang disebutkan diatas, sejatinya Mbizmarket adalah solusi e-procurement optimal bagi siapapun. Baik perusahaan besar, menengah hingga kecil, semuanya bisa memanfaatkan berbagai keuntungannya demi terciptanya transaksi bisnis yang lebih optimal.
Tak hanya itu, dengan lengkapnya fasilitas, murahnya biaya maintenance serta kemudahan aksesnya, Mbizmarket juga menjadi sarana sadar e-procurement berbagai skala perusahaan di era bisnis modern ini. Jadi, tak ada lagi alasan bagi perusahaan untuk tidak mengaplikasikan e-procurement dalam sistem belanja mereka.
Jadi bagi para pelaku bisnis, mulailah tinggalkan sistem transaksi B2B tradisional yang sudah ketinggalan zaman. Beralihlah ke sistem modern yang lebih cepat, tepat dan akurat, namun juga murah dalam hal maintenancenya. Mulailah dengan bergabung ke dalam Mbizmarket dan nikmatilah proses transaksi bisnis yang lebih luas lagi.
Mbizmarket, solusi total belanja pengadaan online anda.
Salam kompasiana.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H