milenial, saya pribadi sangat merasakan perubahan yang cukup signifikan dalam perkembangan teknologi keuangan dewasa ini. Hadirnya ragam teknogi yang memungkinkan proses transaksi jual-beli dilakukan tanpa uang fisik atau cashless, tentunya semakin memudahkan kita untuk mendapatkan suatu barang atau jasa hanya dalam hitungan menit saja.
Sebagai penulis yang masih masuk dalam kategori usiaMembeli pakaian, membayar tagihan makan malam bahkan booking tiket untuk liburan akhir tahun pun semuanya kini bisa dilakukan secara cashless. Begitu mudahnya mengelola transaksi keuangan secara cashless itu pula lah yang turut dirasakan secara langsung oleh Marischka Prudence, seorang travel blogger idola milenial.
Dalam acara Kompasiana Nangkring Selasa 21 Mei 2019 yang lalu, Marischka yang sering berkunjung ke berbagai tempat dan destinasi wisata di seluruh Indonesia, menceritakan bahwa dirinya sangat merasakan mudahnya bertransaksi secara cashless, tanpa perlu pusing menyiapkan uang dalam jumlah banyak.
Dan lewat jaringan PRIMA yang tersebar di lebih dari 1,2 juta terminal EDC di berbagai merchant di seluruh Indonesia, kegiatan bertransaksi Marischka pun bisa dilakukan dengan mudah, aman dan nyaman.
Lantas, apa saja sih keunggulan lainnya dari Jaringan PRIMA selain apa yang sudah disampaikan Marischka?
Beranggotakan 79 Bank Seluruh Indonesia
Sebagai pengguna PRIMA Debit dengan logo GPN, saya berani mengatakan bahwa tak perlu khawatir jika memiliki kegemaran bertransaksi cashless. Karena tak hanya 1 atau 2 bank, Jaringan PRIMA yang dikelola oleh PT. Rintis Sejahtera tersebut kini beranggotakan 79 Bank, dengan jumlah terminal ATM lebih dari 120.000 yang tersebar di seluruh Indonesia.Â
Jadi, mau kita jalan-jalan ke Sabang bahkan hingga Merauke, tak perlu takut tak bisa bertransaksi cashless. Â Karena Jaringan PRIMA menyediakan sarana cashless yang bisa dijangkau dengan mudah berkat kerjasamanya dengan berbagai bank daerah.
Tak hanya itu, transaksi pun semakin dipermudah dengan adanya layanan PRIMA Debit yang bisa diterima di 1,2 juta terminal EDC yang tersebar di berbagai merchant. Bahkan jika terdapat kendala dalam proses transaksinya, para nasabah tak perlu khawatir karena Jaringan PRIMA menyediakan layanan complain handling yang mudah dan cepat.
Mau bertransaksi online pun Jaringan PRIMA menyediakan ragam channelnya mulai dari ATM, internet banking hingga sms banking yang semuanya bisa dipilih sesuai kebutuhan.
Tak lupa, Jaringan PRIMA pun memiliki banyak fitur untuk memudahkan transaksi kita sehari-hari. PRIMA ATM, PRIMA Debit, PRIMA Payment Solution, PRIMA Cross Border, dan PRIMA E-Money Top Up adalah fitur-fitur dari Jaringan PRIMA yang tentunya bisa diandalkan dan semakin memudahkan hidup kita.
Kolaborasi GPN dengan Jaringan Prima
Sebagai switching company yang bisa dibilang paling muda, nyatanya Jaringan PRIMA langsung bisa tampil gemilang. Bahkan Suryono Hidayat, selaku Marketing Director Jaringan PRIMA, mengatakan bahwa switching company ini juga berkontribusi cukup besar terhadap sistem pembayaran melalui GPN.
Kehadiran GPNÂ (Gerbang Pembayaran Nasional) dalam tiap kartu PRIMA Debit, tentu semakin meyakinkan kita tentang posisi Jaringan PRIMA di Indonesia. Seperti kita tahu GPN merupakan program yang diluncurkan BI untuk memperkuat sistem perekonomian nasional yang aman, andal dan terpercaya sekaligus sebagai lambang kedaulatan negara.
debit GPN dengan dukungan Jaringan PRIMA.
Tak hanya itu, kehadiran GPN juga membawa dampak positif tak hanya bagi nasabah namun juga bagi merchant. Bisa bertransaksi di semua mesin EDC, tidak dikenakan biaya tambahan oleh merchant, tidak perlu membawa banyak uang tunai yang membuat dompet tebal, hingga kenyaman dan kemudahan dalam aksesnya, menjadi beberapa poin penting yang bisa dirasakan langsung oleh nasabah yang menggunakanSementara bagi merchant, 1 mesin EDC untuk semua kartu, standarisasi besaran MDR, complain handling lebih cepat dan tepat hingga menciptakan pangsa pasar yang lebih luas berkat fleksibilitasnya, menjadi beberapa poin utama yang bisa dinikmati langsung manfaatnya oleh para merchant.Â
Menjawab Kebutuhan Milenial
Dengan gaya hidup milenial yang aktif, dinamis serta mengutamakan experience atau pengalaman, proses transaksi keuangan pun harus mampu selaras dengan hal tersebut. Dan Jaringan PRIMA nyatanya mampu memenuhi kebutuhan tersebut.
Dengan lebih dari 50 mitra biller yang tergabung dalam PRIMA Payment Solution, proses transaksi cashless pun kini bisa dilakukan dengan mudah.Â
Membeli tiket kereta untuk mudik, membayar tagihan tv kabel, Top-Up saldo Go-Pay untuk naik Gojek, hingga Top-Up M-Tix untuk menyaksikan film-film terbaru di bioskop, kini bisa dengan mudah dilakukan.Â
Bahkan dengan hobi saya menyaksikan film, proses top-up M-Tix semakin menyenangkan karena PRIMA Debit dari banyak bank sering memberikan diskon top-up yang menarik. Nonton pun bisa sering-sering tanpa harus worry dompet menipis.
GPN dengan Jaringan PRIMA benar-benar memudahkan kebutuhan milenial.
Sila kunjungi jaringanprima.co.id untuk info lengkap seputar Jaringan PRIMA.
Salam Kompasiana.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H