Simpang Terusan, 17 November 2023
"Pengaruh Strategi Pembelajaran PQ4R Terhadap Hasil Belajar  Matematika Siswa kelas II SDN. 070/1 Simpang Terusan"
1. Pendahuluan
Pendidikan  merupakan  kegiatan yang didalamnya melibatkan banyak orang, diantaranya siswa, guru, administrator,  masyarakat, dan orang tua. Pendidikan merupakan hak dasar bagi setiap manusia. Hal ini berarti bahwa pendidikan sebagai salah satu upaya peningkatan kualitas hidup manusia. Selain itu, pendidikan juga sebagai usaha manusia untuk membina kepribadian sosial dengan nilai-nilai di dalam masyarakat hendaknya dilaksanakan seumur hidup dan secara terpadu, baik di dalam keluarga, sekolah, maupun masyarakat.
Berbagai upaya yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan salah satunya yaitu dengan memperbaiki sarana dan prasarana, pembaharuan kurikulum dan meningkatkan kemampuan guru. Dalam mengembangkan kreatifitas dan kompetensi siswa, maka guru hendaknya dapat menyajikan pembelajaran yang efektif dan efisien sesuai dengan kurikulum dan pola pikir siswa.
Sebagai pendidik dan pengajar, guru ditekankan untuk mampu memberikan pengetahuan semaksimal mungkin pada siswa sehingga generasi yang akan datang merupakan sumber daya manusia yang dapat di andalkan dalam mengisi pembangunan khususnya dalam bidang pendidikan matematika. Matematika merupakan ilmu dasar yang penting untuk dipelajari, karena pola pikir matematika dapat membantu siswa berpikir secara logis, analitis, sistematis, kritis dan kreatif, serta mampu bekerja sama.
Matematika merupakan salah satu mata pelajaran di sekolah dasar yang sering dianggap susah dan membosankan bagi siswa jika mempelajari materi tersebut. Siswa tidak  begitu bersemangat untuk memperhatikan pada saat guru menyajikan materi pelajaran. Siswa sering terlambat masuk kelas, apabila siswa diberi tugas yang dikerjakan di sekolah berupa soal-soal latihan, sebagian dari siswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan baik, mereka cenderung menyalin tugas yang sudah dibahas oleh temannya. Jika siswa diberi tugas rumah mereka menyelesaikan tugas tersebut di sekolah dengan menyalin tugas temannya yang sudah siap, akibatnya banyak nilai matematika siswa rendah.
Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut diperlukan suatu usaha yang dapat membuat suasana pembelajaran lebih menarik, dapat memotivasi siswa untuk belajar, sehingga siswa senang untuk mengikuti pembelajaran matematika. Permasalahan tersebut diatasi dengan menerapkan strategi pembelajaran PQ4R terhadap hasil belajar matematika siswa.
2. Strategi pembelajaran PQ4R
Strategi pembelajaran PQ4R digunakan untuk membantu siswa untuk mengingat apa yang mereka baca, dan dapat membantu proses pembelajaran di kelas yang dilaksanakan dengan membaca buku". Karena mengajar yang baik, mencakup mengajari siswa bagaimana belajar, mengingat, berpikir, dan mendorong diri sendiri. Dengan adanya kegiatan membaca diharapkan akan menambah wawasan, pengetahuan, dan juga pengalaman.