Mata Kuliah : Réception Orale Intérmediaire
Dosen Pengampu : Dr. Junita Friska,M.Pd.
Nama Mahasiswa :
-Feby Yola
-Arta Ulina Lumban Raja
-Ida Perina Sinaga
- Rajali Pasaribu
-Nurazizah
- Fira Dwi Indria
-Racheel Vanezza Nainggolan
-Nabilah Tharifah
Bahasa Prancis merupakan bahasa internasional kedua yang banyak digunakan oleh lebih dari separuh penduduk dunia. Bahasa tersebut berperan sebagai bahasa pengetahuan, teknologi dan seni.Â
Bahasa ini dapat menjadi alat untuk mencapai tujuan ekonomi, perdagangan, hubungan antarbangsa, sosial budaya dan pendidikan serta pengembangan karier. Dengan demikian, penguasaan bahasa Prancis merupakan salah satu persyaratan penting bagi keberhasilan individu, masyarakat pada umumnya dan siswa pada khususnya dalam menjawab tantangan zaman dalam era globalisasi.
Mata pelajaran bahasa Prancis sekarang sudah menjadi salah satu mata pelajaran bahasa asing kedua setelah bahasa Inggris yang diajarkan di sekolah menengah tingkat atas (SMA). Terdapat empat ketrampilan yang harus dikusai dalam mengajarkan bahasa Prancis, yaitu menyimak (Comprhension orale), membaca (Comprhension crite), berbicara (Expression orale) dan menulis (Expression crite). Keempat keterampilan tersebut pada hakekatnya tidak dapat dipisahkan satu sama lain sehingga pengajarannya harus dilakukan secara terpadu.
Media pengajaran sangat bervariasi jenisnya dan kesemuanya mempunyai tujuan untuk mempermudah penyaluran pesan dari guru kepada siswa. Pesan tersebut akan merangsang pikiran, perhatian dan minat siswa sehingga proses transformasi ilmu pengetahuan dapat terjadi.Â
Dari pernyataan tersebut jelas bahwa fungsi media sangat penting dalam mendukung proses belajar mengajar di sekolah. Salah satu media yang dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa Prancis untuk ketrampilan menulis adalah Frantastique. Frantastique yaitu berupa gambar garis-garis seperti tongkat, namun ciri-ciri atau detil suatu benda dapat dilihat dengan jelas oleh siswa.Â
Ada dua hal yang perlu diperhatikan dalam membuat Frantastique yaitu: (1) Ciri-ciri tetap pada benda atau situasi yang digambar. (2) Bentuk sederhana dan jelas mudah dikenal. Dengan menggunakan media ini, pengajar dapat menggunakannya untuk melatih siswa dalam meningkatkan ketrampilan menulis bahasa Prancis, gambar-gambar yang telah digambar oleh pengajar dapat digunakan sebagai tema untuk karangan para siswa.
Media tersebut diharapkan dapat menggugah minat dan meningkatkan kemampuan siswa dalam belajar menulis bahasa Prancis. Pembelajaran tidak hanya dilaksanakan melalui lambang verbal saja yaitu ceramah dari guru tetapi juga diberikan variasi pembelajaran dengan menggunakan media Frantastique. Manfaat media Frantastique adalah untuk memberikan variasi dalam proses belajar mengajar siswa sehingga perhatian siswa pada pelajaran lebih besar dan pelajaran yang diberikan mudah diingat dan dipahami.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H