Mohon tunggu...
Yohana OktavianiLavan
Yohana OktavianiLavan Mohon Tunggu... Mahasiswa - To beyond and infinity

Mahasiswa S1/Pendidikan Kewarganegaraan Universitas Pendidikan Indonesia Angkatan 2018

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Penguatan Pembelajaran Daring oleh Mahasiswa KKN UPI di SD Negeri Pakuhaji

29 Juli 2021   18:20 Diperbarui: 6 Agustus 2021   22:47 482
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Latar Belakang

Pandemi COVID-19 memberikan dampak yang begitu besar terhadap berbagai aspek kehidupan, salah satunya di bidang pendidikan. Tercatat, pandemi COVID-19  ini telah  berdampak  pada  646.192  satuan  pendidikan di Indonesia, 68.801.708 peserta didik, dan 4.183.591 pendidik mulai dari jenjang Pendidikan Anak Usia Dini sampai Pendidikan Tinggi, Pendidikan Khusus, Pendidikan Vokasi, Pendidikan Masyarakat, Kursus dan Pendidikan Keagamaan (Kemendikbud, 2020). 

Berdasarkan pernyataan tersebut dapat diketahui bahwa pendidikan harus berjalan dalam keadaan apapun. Upaya mengurangi angka penyebaran COVID-19 dan agar kegiatan pendidikan dapat berjalan seperti biasanya maka pemerintah melakukan kebijakan dalam sistem pendidikan dilakukan secara online atau sistem dalam jaringan (daring) sejak bulan Maret 2020. 

Sistem pembelajaran tersebut dilakukan tanpa tatap muka secara langsung, melainkan dilakukan dengan sistem pembelajaran jarak jauh. Kebijakan pemerintah yang mengharuskan pembelajaran dilakukan secara online atau daring merupakan PPKM di bidang Pendidikan dalam masa pandemi COVID-19. Pelaksanaan pembelajaran daring dilakukan di rumah masing-masing, sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19.

Berdasarkan kondisi tersebut diperlukan sebuah penanganan strategis dan mendesak untuk memulihkan dunia pendidikan di Indoensia. Perlu disadari bahwasanya pemerintah tidak bisa bekerja sendiri dalam menangani dampak dari wabah COVID-19 ini. Maka perlu ada kerjasama dari seluruh elemen masyarakat untuk mencegah dan menanggulangi dampak COVID-19, termasuk perguruan tinggi.

Universitas Pendidikan Indonesia sebagai perguruan tinggi yang berada di wilayah Jawa Barat ikut berkontribusi dalam pencegahan dan penanggulangan dampak COVID-19. 

Salah satu kontribusi Universitas Pendidikan Indonesia dalam pencegahan dan Penanggulangan dampak COVID-19 melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik MDBPE-MBKM Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021 yang dilakukan oleh mahasiswa. Sebagai program yang sudah cukup lama dilaksanakan dan dikembangkan di lingkungan Universitas Pendidikan Indonesia, pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Tematik dijadikan sebagai wahana belajar dan pengabdian mahasiwa kepada Masyarakat. 

Pada massa Pandemi COVID-19 ini KKN Tematik difokuskan pada pencegahan dan penanggulangan dampak COVID-19 di bidang pendidikan. Dengan demikian diharapkan melalui KKN Tematik Pencegahan dan penanggulangan dampak COVID-19 maka mahasiswa dapat berkontribusi nyata untuk mengatasi masalah di bidang pendidikan dan sekaligus memberikan edukasi mengenai PPKM di masa Pandemi Covid- 19.

Tujuan

Tujuan Umum

  • Menguatkan program pencegahan dan penanggulangan dampak COVID-19 yang dilakukan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.
  • Mendukung dan menguatkan penanggulangan dampak COVID-19 di bidang pendidikan pada masa PPKM yang dilakukan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.
  • Meningkatkan kepedulian Civitas Akademika UPI dalam pencegahan, penularan dan penanggulangan dampak COVID-19 di bidang pada masa PPKM.
  • Mengimplementasikan Kuliah Kerja Nyata Tematik UPI dalam Pencegahan dan Penanggulangan Dampak COVID-19 di Bidang Pendidikan Masa PPKM.
  • Mengedukasi peserta didik dan orang tua mengenai pencegahan dan dampak COVID-19 di bidang pendidikan melalui pendampingan pembelajaran.

Tujuan Khusus

  • Meningkatkan pemahaman siswa mengenai pencegahan dan dampak COVID-19 di bidang pendidikan melalui media pembelajaran.
  • Membantu dan menguatkan proses pembelajaran daring yang dilakukan oleh guru dan sekolah di tingkat pendidikan SD/MI.
  • Mendampingi orang tua dan siswa di dalam pelaksanaan pembelajaran daring pada tingkat pendidikan  SD/MI.
  • Mempraktekkan pembuatan media edukasi pencegahan, penanggulangan dampak COVID-19 di bidang pendidikan bagi guru dan siswa melalui media pembelajaran.
  • Mempraktekkan pembuatan media edukasi pencegahan, penanggulangan dampak COVID-19 di bidang pendidikan
  • Mensosialisasikan pencegahan, penanggulangan dampak COVID-19 di bidang pendidikan menggunakan media edukasi.
  • Membangun kerjasama dengan media online dan media elektronik untuk mempublikasikan pelaksanaan/hasil Kuliah Kerja Nyata Tematik Pencegahan dan Penanggulangan Dampak COVID-19 di Bidang Pendidikan pada Masa PPKM melalui media sosial.
  • Membuat video program penanggulangan dampak COVID-19 di bidang pendidikan untuk dipublikasikan ke media sosial.
  • Membuat artikel tentang pelaksanaan dan hasil program Kuliah Kerja Nyata Tematik Pencegahan dan Penanggulangan Dampak COVID-19 di Bidang Pendidikan pada Masa PPKM yang dipublikasikan melalui media sosial.

Mitra yang Terlibat

whatsapp-image-2021-08-02-at-00-15-56-1-610d58286e7f0126266a4852.jpeg
whatsapp-image-2021-08-02-at-00-15-56-1-610d58286e7f0126266a4852.jpeg
whatsapp-image-2021-08-02-at-00-15-56-610d58386e7f01264559f9e2.jpeg
whatsapp-image-2021-08-02-at-00-15-56-610d58386e7f01264559f9e2.jpeg

Mitra yang turut terlibat dalam pelaksanaan program kegiatan KKN Tematik Pencegahan dan Penanggulangan Dampak COVID-19 di Bidang Pendidikan yakni sebagai berikut.

  • LPPM UPI
  • Kepala Sekolah SD Negeri Pakuhaji Kabupaten Bandung Barat.
  • Ibu Siti Hasanah Nurparihat, S.Pd. Wali Kelas III A dan Ibu Poja Rahayu, S.Pd. Wali Kelas III B SD Negeri Pakuhaji Kabupaten Bandung Barat.
  • Siswa dan Orang Tua Siswa Kelas III SD Negeri Pakuhaji Kabupaten Bandung Barat.

Langkah-Langkah Kegiatan

Pelaksanaan Program Kuliah Kerja Nyata Tematik ini dilakukan oleh mahasiswa UPI secara individu dalam kelompok besar. Adapun kegiatan KKN di bidang pendidikan dilakukan di sekolah  sekitar tempat tinggal mahasiswa. Pada kesempatan kali ini penulis melakukan kegiatan KKN di Sekolah Dasar Negeri Pakuhaji yang berada di Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat. Kegiatan yang dilakukan antara lain:

Tahap Persiapan

Dokumen pribadi
Dokumen pribadi

Sebelum pelaksanaan program kegiatan KKN Tematik Pencegahan dan Penanggulangan COVID-19, terlebih dahulu penulis melakukan pendaftaran KKN tahap 2 tahun 2019/2020 melalui laman lppm.upi.edu serta mengikuti beberapa tahapan sosialisasi mengenai pemahaman tentang bagaimana proses pelaksanaan dari kegiatan KKN Tematik. 

Tahapan ini mengikuti Pembukaan KKN, Sosialisasi Kelas Kecil dan Diklat KKN. Selanjutnya, melakukan bimbingan dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan koordinasi dengan kelompok KKN Tematik.

Kemudian membuat perencanaan program sebagai acuan pelaksanaan kegiatan serta menentukan langkah-langkah apa saja yang akan dilakukan dalam melaksanakan program tersebut. Setelah itu, membuka komunikasi dengan mitra terkait maksud dan tujuan dari pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN)  Tematik MDBPE-MBKM Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021.

Tahap Pelaksanaan

Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan pada tanggal 1-30 Juli 2021  dalam hal ini pada awalnya melakukan koordinasi permulaan dengan pihak sekolah SD Negeri Pakuhaji Kabupaten Bandung Barat. Setelah berkoordinasi dan membuat perencaan penulis melaksanakan program secara online melalui aplikasi whatsApp dan melakukan koordinasi dengan guru yang bersangkutan untuk masuk ke grup WhatsApp siswa dan orang tua tersebut. Program Kerja yang dilaksanakan yaitu:

1. Penguatan pembelajaran daring di SD Negeri Pakuhaji Kabupaten Bandung Barat.

Dokumen pribadi
Dokumen pribadi
Dalam rangka melakukan penguatan daring di SD Negeri Pakuhaji, penulis melakukan diskusi terlebih dahulu bersama guru untuk merancang program penguatan dan pendampingan pembelajaran daring yang tepat dan dibutuhkan di SD Negeri Pakuhaji. 

Setelahnya penulis diberikan kontak WhatsAppp wali kelas III A dan III B untuk bergabung ke grup dan dapat menjadikan siswa tersebut sebagai sasaran dalam penguatan pembelajaran daring yang akan dilaksanakan. 

Bersama dengan guru kelas kemudian melakukan sosialisasi Langkah-langkah pembelajaran daring seperti membuat absen di Google Formulir, mengaplikasikan Zoom Meeting dan Google Meet, serta membuat media pembelajaran online. Selain itu penulis juga membantu guru dalam pembuatan program semester dan RPP.

2. Pendampingan pembejalaran daring siswa kelas III A dan III B di SD Negeri Pakuhaji Kabupaten Bandung Barat.

Dokpri
Dokpri
40-23-7-21-pendampingan-belajar-mapel-pkn-610d58c306310e441d749062.jpeg
40-23-7-21-pendampingan-belajar-mapel-pkn-610d58c306310e441d749062.jpeg
Pendampingan pembelajaran daring yang dilaksanakan untuk siswa kelas III A dan III B di SD Negeri Pakuhaji ini dilaksanakan kurang lebih dalam dua minggu. Dalam dua minggu pertemuan tersebut dioptimalkan untuk menguatkan materi pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dan mendiskusikan mata pelajaran yang lainnya seperti Pendidikan Jasmani dan IPA karena di Kelas III ini lebih ke tema pembelajarannya.

Dalam hal ini selain pendampingan pembelajaran terhadap siswa, penulis juga membersamai guru memberikan respon pada tugas siswa melalui WhatsApp group dan mengikuti beberapa pembelajaran daring melalui Google Meet dan Video Call.

3. Pendampingan orang tua dalam membimbing anak melalui pembelajaran daring di SD Negeri Pakuhaji Kabupaten Bandung Barat

whatsapp-image-2021-08-04-at-01-56-26-610d58da06310e5285104822.jpeg
whatsapp-image-2021-08-04-at-01-56-26-610d58da06310e5285104822.jpeg
Dokpri
Dokpri
Pada awalnya pendampingan bersama orang tua akan dilaksanakan melalui zoom meeting namun ada satu dan lain hal pendampingan orang tua dilaksanakan melalui group WhatsApp. 

Pendampingan orang tua diawali dari perkenalan dan mendengar berbagai cerita perihal pelaksanaan pembelajaran daring terhadap anak-anaknya. 

Pendampingan juga dilakukan kepada orang tua untuk melakukan pengawasan kepada anak selama belajar di rumah, karena orang tua memiliki peran dalam penguatan nilai-nilai karakter di rumah. Selain itu juga penulis mengajak orang tua siswa untuk mengikuti Webinar yang diselenggarakan oleh kelompok mengenai Peran Orang Tua dalam Proses Belajar Anak menghadapi Post Pandemic Era.

4. Membantu administrasi sekolah secara daring

Dokumen pribadi
Dokumen pribadi
Dalam membantu administrasi sekolah penulis melakukan hal-hal yang memang diperintah dan dimintai oleh guru yang bersangkutan secara langsung seperti membantu membagikan Raport, membantu administrasi sekolah dalam Penerimaan Peserta Didik Baru Online, melaksanakan piket dengan menggunakan protokol Kesehatan, membantu merapihkan berkas administrasi sekolah dan membantu pengumpulan berkas peserta didik Kelas VI yang akan mendaftar SMP. 

5. Mendesain, membuat, melengkapi dan menggunakan media pembelajaran daring untuk siswa Kelas III SD Negeri Pakuhaji Kabupaten Bandung Barat.

Dokumen pribadi
Dokumen pribadi
Dokumen pribadi
Dokumen pribadi
Dokumen pribadi
Dokumen pribadi
Penulis membuat berbagai media pembelajaran yang menunjang dalam pelaksanaan pembelajaran daring seperti pembuatan mind map, infografis, poster, Power Point, komik pembelajaran, games pembelajaran interaktif dan edukatif dan pembuatan video pembelajaran. Media pembelajaran yang dibuat difokuskan untuk mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan beberapa tema pembelajaran.

6. Membuat video edukasi program penanggulangan dampak COVID-19 di bidang pendidikan untuk dipublikasikan ke media sosial

55-29-7-21-pembuatan-video-edukasi-610d58f806310e588c742ef2.png
55-29-7-21-pembuatan-video-edukasi-610d58f806310e588c742ef2.png
Dalam hal ini, video yang dibuat yaitu tentang “Tips Belajar Sehat di Rumah Selama Pembelajaran Jarak Jauh” yang di kirimkan ke Grup WhastApp kelas III A dan III B SD Negeri Pakuhaji Kabupaten Bandung Barat.

7. Membuat artikel berita mengenai program edukasi penanggulangan COVID-19 di bidang pendidikan dipublikasikan ke media sosial.

Setelah program penguatan pembelajaran daring dilaksanakan, penulis membuat artikel dengan judul “Penguatan Pembelajaran Daring Oleh Mahasiswa Kkn Upi Di SD Negeri Pakuhaji Kabupaten Bandung Barat”. Di dalam artikel ini penulis menuliskan kegiatan-kegiatan yang sudah dilakukan dalam rangka penguatan pembelajaran daring di SD Negeri Pakuhaji.

8. Menyusun dan menghasilkan Surat Perjanjian Kerjasama (SPK) antara SD Negeri Pakuhaji dengan LPPM UPI

spk-upi-dan-sd-negeri-pakuhaji-610d58ab6e7f013026165be2.jpg
spk-upi-dan-sd-negeri-pakuhaji-610d58ab6e7f013026165be2.jpg
Setelah program kerja bersama mitra kerja yaitu SD Negeri Pakuhaji selama kurang lebih satu bulan, kemudian dari kegiatan KKN yang telah dilaksanakan tersebut menghasilkan Surat Perjanjian Kerjasama dengan pihak LPPM UPI.

9. Membuat artikel tentang pelaksanaan dan hasil program unggulan Kuliah Kerja Nyata Tematik melalui Bidang Pendidikan dalam bentuk Book Chapter Pengabdian Kepada Masyarakat

screenshot-257-610d59326e7f01527849b582.png
screenshot-257-610d59326e7f01527849b582.png
Penulis membuat sebuah artikel jurnal dengan judul “Peran Orang Tua terhadap Penguatan Nilai-Nilai Karakter sebagai Upaya Meningkatkan Civics Disposition Peserta Didik di Masa Pandemi COVID-19. Artikel ini sebagai salah satu luaran dari program KKN yang nantinya akan disatukan dengan artikel anggota kelompok dalam bentuk Book Chapter.

(Penulis: Yohana Oktaviani Lavan, Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan, NIM 1805522, Dosen Pembimbing Lapangan: Dr. Hj. Linda Setiawati, M.Pd.  , Mitra: LPPM UPI dan SD Negeri Pakuhaji Kabupaten Bandung Barat)

 

 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun