Pendampingan Penyusunan Modul Ajar Guru-Guru Agama Kristen di SMA Flobamora Kisbaki Manutapen Kupang.
Pendampingan penyusunan modul ajar dilakukan untuk membantu guru-guru agama di SMA Flobamora Kisbaki Manutapen dalam menyusun materi pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum terbaru. Pendampingan ini dilakukan dengan bimbingan langsung dari Pengawas PAK Menengah Kemenag Kota Kupang, yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam merancang modul yang efektif dan sesuai standar. Â
Pendampingan ini dilakukan oleh Pengawas PAK Menengah Kemenag Kota Kupang yang memiliki tugas untuk membina dan meningkatkan kualitas pengajaran guru-guru agama kristen . Awalnya Kepala Sekolah tidak berada ditempat. Beliau pergi ke Kantor Dinas.Â
Pengawas Pak diterima oleh Wakasek Kurikulum. Setelah satu jam bersama guru-guru agama,baru Kepala sekolah datang. Guru agama yang terlibat dalam pendampingan  adalah : 1. Moeritda Kajoa, S.Pd.K., dan 2. Delfince Sakan, S.Pd.K. Mereka ini berperan aktif dalam penyusunan modul, dengan harapan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran agama Kristen di sekolah. Kepala Sekolah SMA Flobamora Kisbaki Manutapen, Pak Bernad Lenes, BA, S.Sos., menyambut baik kedatangan Pengawas PAK dan mendukung penuh kegiatan ini. Setelah dua jam berada di sekolah datanglah Pengawas dari Dinas Propinsi NTT. Â
Semua guru dihimpun di satu ruangan yang telah disediakan.  Melihat semua sudah berkumpul saya berusaha untuk mengakhiri pertemuan kami. Namun Bapak Kepala sekolah dan Ibu Wakasek datang dan memberitahukan agar kami tetap melanjutkan kegiatan kami. Kami bertiga saling berpandangan dan tersenyum.Tadinya kami gelisah.Terima kasih Bapak Kepala Sekolah  yang baik dan bijaksana. Akhirnya kami bergembira karena kami diberi kesempatan untuk melanjutkan kegiatan kami.
Terbatasnya waktu membuat kami belum puas untuk menyelesaikan modul ajar ini dengan baik. Guru-guru berjanji akan menyediakan waktu untuk konsultasi selanjutnya di Kantor. Pengawas dengan senang hati menerima guru-guru untuk berkonsultasi. Baik ibu-ibu, pengawas bukanlah mahatahu tetapi mari kita diskusi bersama supaya meningkatkan mutu pendidikan di sekolah ini.
Kegiatan pendampingan ini sebenarnya dilakukan pada masa awal semester, tepatnya saat guru-guru mulai merancang modul ajar untuk tahun ajaran baru. Namun banyak kegiatan yang dilakukan awal semester sehingga kegiatan ini tidak dapat dilaksanakan. Bersyukur guru-guru agama di SMA Flobamora sudah menyusunnya pada awal semester.Â
Pengawas hanya mendampingi untuk mengoreksi dan memberi masukan.  Waktu pelaksanaan dipilih untuk menjalankan kegiatan ini agar memastikan bahwa modul yang telah  disusun dapat digunakan sejak awal tahun pelajaran. Dua hari sebelum kegiatan ini dilaksanakan sudah ada sms dan telepon untuk mengatur waktu pelaksanaan  kegiatan ini.
Kegiatan pendampingan berlangsung di SMA Flobamora Kisbaki Manutapen, di ruang guru,ruangan yang disediakan sekolah untuk kegiatan pendampingan penyusunan modul ajar . SMA Flobamora terletak di daerah Kisbaki, Manutapen, Kota Kupang, dan menjadi tempat strategis bagi guru-guru agama untuk berkumpul dan bekerja sama dalam menyusun materi ajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Suasananya tenang, guru-gurunya ramah. Guru-guru yang tidak mengajar  mata pelajaran agama Kristen melayani snack dengan senyum, sopan dan ramah. Â
Pendampingan ini dilakukan karena pentingnya modul ajar yang berkualitas untuk mendukung proses pembelajaran. Modul ajar yang baik akan memandu guru dalam mengajar dengan lebih terstruktur dan efektif, serta membantu siswa dalam memahami materi dengan lebih mudah. Kegiatan ini juga bertujuan untuk memastikan bahwa materi ajar yang disusun sudah sesuai dengan kurikulum dan dapat diaplikasikan secara praktis dalam kegiatan belajar mengajar sehari-hari.
Pelaksanaan pendampingan dilakukan dengan metode dialog, metode dimana terjadinya dialog antara pengawas dan guru PAK. Selain itu  Pengawas PAK memberikan materi tentang penyusunan modul ajar yang sesuai standar kurikulum. Guru-guru agama diberikan kesempatan untuk menyusun modul secara mandiri dengan bimbingan langsung. Pengawas PAK mengoreksi dan memberikan masukan terhadap modul yang telah disusun, sehingga guru-guru mendapatkan feedback untuk memperbaiki dan menyempurnakan modul ajar mereka.Â
Kepala Sekolah Pak Bernad Lenes, BA, S.Sos., aktif mendampingi dan memberikan dukungan moral kepada guru-guru selama kegiatan berlangsung. Bapak kepala sekolah selalu datang menyapa kami untuk menikmati snack yang telah disediakan oleh teman-teman guru. Terima Kasih Bapak Kepala Sekolah.
SMA Flobamora Kisbaki Manutapen adalah salah satu sekolah menengah atas yang terletak di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. Sekolah ini berdiri dengan misi untuk menyediakan pendidikan yang berkualitas dan membekali siswa dengan keterampilan akademik serta karakter yang baik. SMA Flobamora dikenal dengan lingkungan pendidikannya yang inklusif dan mendorong partisipasi aktif dari semua siswa tanpa memandang latar belakang.
Dengan fasilitas yang minim namun tenaga pendidik yang berkomitmen, SMA Flobamora Kisbaki Manutapen berusaha untuk menjadi lembaga pendidikan yang unggul di daerah Manutapen. Sekolah ini juga memiliki perhatian khusus terhadap pendidikan agama sebagai bagian integral dari kurikulum, mengingat pentingnya nilai-nilai moral dan etika dalam perkembangan siswa. Karakter siswa dapat terbentuk dengan baik berkat guru-guru agama yang berkarakter baik.
Pendampingan dalam penyusunan modul ajar, guru agama menjadi bagian dari upaya sekolah untuk terus meningkatkan kualitas pembelajaran, khususnya dalam mata pelajaran agama kristen  yang menjadi salah satu fondasi karakter siswa. Dengan bimbingan dari Pengawas PAK Menengah Kemenag Kota Kupang, diharapkan guru-guru di SMA Flobamora dapat menyusun materi ajar yang relevan, menarik, dan sesuai dengan perkembangan zaman, sehingga mampu memberikan dampak positif dalam pembentukan karakter siswa.
   Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H