Baru-baru ini diumumkan atau diterbitkan mekanisme baru dalam memperoleh K-Rewards di platform Kompasiana.Â
Mekanisme tersebut diperbarui dan diumumkan melalui platform Kompasiana.com, Selasa, 2 Juli 2024 waktu petang.
Buat yang belum tahu, mekanisme dalam memperoleh K-Rewards di Kompasiana yang terakhir diperbarui pada bulan November 2023.
Pada saat itu K-Rewards mendapatkan perubahan yang cukup signifikan sehingga membuat beberapa penulis yang sering kali berada pada puncak perolehan reward menjadi hiatus hingga hari ini, 7 Juli 2024.Â
Pembahasan kali ini mengenai "K-Rewards bukan Reward", yang mengacu pada arti Reward sebenarnya dalam konteks komunitas.
Berikut ini adalah artikel yang dirangkum dari jawaban Artificial Intelligence (AI) soal arti reward dalam sebuah komunitas.
Dalam konteks komunitas, "reward" atau imbalan dapat merujuk kepada berbagai hal yang menjadi konsekuensi atau hasil dari partisipasi, kontribusi, atau interaksi anggota komunitas. Berikut beberapa arti "reward" dalam konteks komunitas:
K-Rewards
1. Apresiasi dan Penghargaan
Anggota komunitas menerima "reward" berupa pengakuan dan apresiasi atas kontribusi atau prestasi mereka dalam memajukan tujuan komunitas.
Ini adalah salah satu alasan kenapa K-Rewards bukan reward, karena penulis tidak akan mendapatkan reward apabila tulisan miliknya hanya mendapatkan "Highlight" namun tidak disertai "Headline" dalam periode satu bulan.
Sebagaimana mekanisme baru menyebut bahwa penulis yang memenuhi syarat hanya mereka yang minimal memperoleh 3 tulisan dengan label "Highlight" dan 1 tulisan "Headline".
2. Kebersamaan dan SolidaritasÂ
Alasan kedua "Reward" dapat berupa rasa kebersamaan, kepercayaan, dan solidaritas yang terjalin di antara anggota komunitas sebagai hasil dari interaksi dan kerja sama yang baik.Â
Namun K-Rewards bukanlah sebuah bentuk solidaritas, karena sangat nampak bahwa syarat dalam mekanisme tersebut menjadi tembok dan menutup anggota lain untuk dapat mencicipinya.
3. Manfaat Bersama
Anggota komunitas memperoleh "reward" berupa manfaat bersama, seperti pembagian sumber daya, pengembangan infrastruktur, atau pelayanan sosial yang meningkatkan kualitas hidup bersama.
4. Pembelajaran dan Pertumbuhan
Komunitas dapat memberikan "reward" berupa kesempatan untuk belajar, berkembang, dan memperluas keterampilan atau pengetahuan melalui kolaborasi dan pertukaran informasi.
5. Kepercayaan dan DukunganÂ
Alasan kelima bahwa K-Rewards bukan Reward yakni "Reward" seringkali dalam bentuk kepercayaan dan dukungan antaranggota komunitas, yang menciptakan lingkungan yang aman dan mendukung untuk berekspresi dan mengembangkan diri.
Dengan demikian, "reward" dalam konteks komunitas meliputi segala hal yang memberikan nilai tambah dan manfaat positif bagi anggota komunitas secara kolektif maupun individu.
Namun, sayangnya dalam komunitas tertentu hal ini sulit diwujudkan karena kepercayaan enggan digapai.
Itulah alasan K-Rewards bukan Reward yang mengacu pada arti Reward dalam konteks komunitas, semoga bermanfaat.***
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H