Hallo teman teman kompasiana dimana pun kalian berada, perkenalkan saya Yoga Dwi Julistionon dari Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta yang menghambil jurusan prodi Ilmu Komunikasi. Disini saya akan menjelaskan beberapa hal tentang konten kreator dan juga pengalaman saya sebagai konten kreator.
Sebelumnya apakah teman teman kompasiana sudah tau apa itu konten kreator? menurut State Of Digital Publishing konten kreator adalah seseorang yang memiliki tanggung jawab pada setiap informasi yang mereka sebarkan di media sosial. Sedangkan menurut Hubspot konten kreator adalah orang yang memproduksi materi atau konten yang memiliki edukasi atau pun hiburan di daam kontennya.
Secara umum konten kreator memakai berbagai platform sebagai tempat bekerjanya, platform tersebut antara lain youtube, facebook, tiktok. Mereka juga menggunakan blog dan ebook dan masih banyak lainnya untuk bisa menyebarkan karya konten yang telah dibuatnya.
Awalnya konten kreator sangat mementingkan kode etik dalam kontennya,karena di dalam konten tersebut harus bisa mengedukasi kepada audiens yang melihat kontennya. Tetapi untuk sekarang sudah banyak sekali orang orang yang mengatasnamakan dirinya sebagai konten kreator yang menghilangkan kode etik di dalamnya. Sudah banyak konten kreator yang tidak bisa mengedukasi para audiens nya dengan baik dan bisa saja konten yang tidak baik tersebut di tonton oleh anak dibawah umur.
Selain harus ada kode etik di dalam sebuah konten, konten kreator juga harus mempunyai kreativitas yang tinggi untuk bisa menghibur para audiens nya. Karena dengan adanya kreativitas pada seorang konten kreator itu bisa menjadi salah satu jalan yang cerah untuk menuju kesuksesan pada bidang digital.
Dikutip dari Accurate.id yang dilansir dari State of Digital Publishing, content creator adalah seseorang yang memiliki tanggung jawab pada setiap informasi yang mereka sebarkan di media, khususnya media digital. Berdasarkan laman tersebut, content creator umumnya mempunyai target penonton atau audiensnya masing-masing. Sementara itu, dikutip dari Glints.com yang dilansir oleh HubSpot, content creator adalah orang-orang yang membuat materi (konten) yang memiliki nilai edukasi dan hiburan. Materi ini juga kelak disesuaikan dengan keinginan atau ketertarikan dari audiens.
Pada saat pandemi covid 19 ini yang semakin meluas di daerah jawa dan bali, banyak orang yang bekerja dirumah atau work from home. Selain para pekerja yang bekerja dirumah, anak sekolah pun bersekolah dirumah secara daring, oleh karna itu banyak waktu yang terbuang sia sia dirumah maka dari itu orang orang menjadi konten kreator dadakan untuk menghilangkan kebosanannya dirumah setelah melakukan kegiatan formalnya. Untuk menjadi konten kreator kita harus konsisten dan juga rajin untuk mengupload video di platform yang masing-masing kita pakai agar publik bisa menyukai konten-konten yang kita buay.
Berikut beberapa konten kreator yang terkenal di Indonesia yaitu : Ria Ricis menjadi youtuber dengan subscriber 28,5 juta; Atta Halilintar menjadi youtuber dengan subscriber 27,6 juta; Raditya Dika mejadi youtuber dengan subscriber 9,43 juta; Chandra Liow menjadi youtuber dengan subscriber 3,13 juta; Wayan Ixora menjadi selebgram Instagram dengan followers 2,4 juta; Lula Lahfah menjadi selebgram Instagram dengan jumlah followers 244 ribu; Ismi Nurhidayah  menjadi selebgram Instagram dengan followers 1,7 juta. (data tanggal 09 juni 2021)Â
Tadi diatas merupakan sedikit penjelasan tentang konten kreator,Saya juga ingin berbagi sedikit pengalaman mengenai konten kreator. Saya pernah mencoba untuk menjadi seorang konten kreator, memang tidak mudah untuk bisa menjadi konten kreator yang bisa disenangi oleh semua audiens. Selalu ada hujatan atau kritikan yang diberikan bagi konten kreator, tidak banyak audiens yang memberikan kritikan pedas oleh karena itu jika ingin menjadi seorang konten kreator yang mempunyai nama besar juga harus menyiapkan mental yang kuat.
Mungkin bagi orang orang yang ingin menjadi seorang konten kreator berfikir bahwa harus membutuhkan modal yang besar untuk menjadi seorang konten kreator, tentu itu tidak benar. Banyak Konten kreator yang sekarang sudah mempunyai nama besar tidak mengeluarkan modal yang besar untuk sukses kecuali mereka mereka yang memang sudah mempunyai nama sebelumnya. Di zaman sekarang tidak bisa dipungkiiri semua orang mempunyai media sosial, kita bisa menjadi seorang konten kreator dari hal hal kecil seperti membuat vidio tiktok dengan durasi yang sangat sedikit.
Saya ingin memberikan beberapa tips bagi kalian yang ingin menjadi seorang konten kreator.
1. Membuat konten yang sesuai dengan passion diri sendiri
Menjadi konten kreator kamu harus tau dulu dimana passion kalian itu apa. Karena dengan sudah mengetahui pession kalian apa, kalian bisa lebih maksimal untuk menghibur banyak orang. Jika kita belum bisa menentukan dimana passion kita berada itu hanya akan membuat kita keseulitan kedepannya, maka dari itu sebelum benar-benar memutuskan ingin menjadi konten kreator kita harus yakin dimana passion kita berada.
2. Menjadi Diri Sendiri
Menjadi diri sendiri adalah termasuk hal penting sebelum merintis sebagai seorang konten kreator. Karena jika menjadi diri sendiri pasti ada sesuatu yang unik dari kalian dan juga bisa menjadi lebih nyaman untuk membuat banyak konten. Dengan menjadi diri sendiri kita bisa membuat konten yang berbeda dengan konten kreator lainnya, sebab didalam konten tidak ada plagiarisme dari oranglain dan bisa memastikan keorisinilan konten kita.
3. Harus Konsisten
seperti yang sudah saya bahas diatas tentang penjelasan konten kreator kita harus dituntut untuk konsisten Jika kita tidak konsisten dalam memposting sebuah konten, maka audiens pun malas untuk memperhatikan konten konten kamu. Maka dari itu jika ingin menjadi konten kreator yang mempunyai audiens yang banyak minimal kita harus memposting sebuah konten seminggu sekali, seminggu sekali merupakan waktu yang sebentar bagi audiens, karna saya pun merasakan menjadi seorang audiens yang menyukai salah satu konten kreator
4. Bisa bekerja multitasking
Jika ingin menjadi seorang konten kreator yang handal, maka salah satu skill yang wajib dimiliki adalah multitasking. Pasalnya, dalam  proses pembuatan konten akan selalu ada hal-hal yang harus dikerjakan, mulai dari mengatur rencana konten, negosiasi dengan klien, promosi, hingga menjalin hubungan dengan audiens.
5. Bersosialisasi dengan konten kreator lainnya.
Tips terakhir yang bisa saya berikan yaitu bersosialisasi dengan kreator lainnya, dengan kita bisa bersosialisasi mungkin kita bisa sedikit belajar atau melihat pengalaman mereka yang sudah lebih dulu menjadi seorang konten kreator. Selain itu kita bisa memnta tolong untuk sedikit melakukan promosi konten kita kepada kreator lain agar audiens kita menjadi luas.
Sebenarnya masih banyak tips untuk menjadi seorang konten kreator yang baik dan benar untuk bisa mencapai kesuksesan. Semoga teman teman kompasiana yang membaca bisa menjadi seorang konten kreator yang sukses yaa... Saya Yoga Dwi Julistiono pamit ya teman teman sampai juga di artikel artikel selanjutnyaaÂ
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H