1.Identifikasi Sekolah
Penyusun : Mohamad Yoga Aditiya Abdilah
Sekolah : SMP AL-ISLAM 1 SURAKARTA
Mata Pelajaran : Informatika
Kelas/ Semester : VIII
Fase : D
Materi Pokok : Sistem Komputer
Alokasi Waktu : 1 Minggu x 2 jam pelajaran @ 35 Menit
Jumlah Peserta didik : Maksimal 30 Siswa
Target Peserta didik : Reguler
Model Pembelajaran : Problem Base Learning (PBL)
2.Kompetensi Awal
Peserta didik sebaiknya telah memiliki pengetahuan mengenai Sejarah Komputer dan mengetahui perkembangan Teknologi Informasi terkini.
3.Profil Pancasila
Beriman: Bertaqwa kepada Tuhan YME dan Berakhlak Mulia
Gotong royong: Kemampuan untuk bekerja sama dengan orang lain disertai perasaan senang Ketika berada bersama dengan orang lain dan menunjukkan sikap positif terhadap orang lain
Mandiri: Dengan kemampuan sendiri mencari informasi yang dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya
Pemikiran Kritis: Melalui informasi ysng didapat dapat menggunakannya untuk menganalisis permasalahan maupun informasi
4.Sarana dan Prasarana (Sumber Belajar)
Sarana: Lab. Komputer/Ruang Kelas, PC/Laptop, Alat tulis, Buku tulis, LCD.
Prasarana: Internet, Buku paket Informatika kelas VIII, Modul Ajar.
5.Target Peserta Didik
Siswa Reguler
6.Model Pembelajaran
Model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran materi Komponen Sistem Komputer ialah Problem Base Learning (PBL).
A.ELEMEN
Sistem Komputer (SK)
B. CAPAIAN PEMBELAJARAN
Pada akhir fase D dalam mata pelajaran Sistem Komputer untuk kelas 8, peserta didik diharapkan mencapai pemahaman yang kuat tentang konsep dasar sistem komputer. Mereka seharusnya dapat menjelaskan dengan jelas komponen-komponen utama dalam sebuah sistem komputer, seperti CPU, RAM, dan perangkat penyimpanan data. Selain itu, peserta didik juga diharapkan mampu memahami prinsip kerja sistem komputer, termasuk bagaimana data diproses oleh CPU dan penyimpanan data dalam bentuk biner.
Selama fase D, siswa seharusnya mampu mengidentifikasi perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan dalam sistem komputer, serta memahami perbedaan antara keduanya. Mereka diharapkan dapat mengaplikasikan pengetahuan ini dalam pemecahan masalah sederhana, seperti menginstal perangkat lunak, mengelola file, dan memahami pentingnya keamanan komputer. Selain itu, peserta didik juga diharapkan mengembangkan keterampilan dalam menggunakan perangkat komputer dan aplikasi secara efektif untuk keperluan pendidikan dan kehidupan sehari-hari.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.Memahami konsep dasar sistem computer, termasuk komponen-komponen utama seperti CPU, RAM, dan penyimpanan data, serta fungsi masing-masing komponen dalam menjalankan tugas computer.
2.Mampu menjelaskan prinsip kerja sistem computer, termasuk bagaimana data di proses oleh CPU, penyimpanan data dalam bentuk biner, dan peran sistem operasi dalam mengatur sumber daya komputer.
3.Mengidentifikasi perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan dalam sistem komputer, serta memahami perbedaan antara perangkat keras dan perangkat lunak.
4.Dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang sistem komputer dalam pemecahan masalah sederhana, seperti menginstal perangkat lunak, mengelola file, dan memahami pentingnya keamanan komputer.
5.Mengembangkan keterampilan dalam menggunakan perangkat komputer dan aplikasi secara efektif untuk keperluan pendidikan dan kehidupan sehari-hari.
D. ASESMEN
a)Pretest: Formatif
b)Pengetahuan: Tes Tulis
c)Ketrampilan: Bagaimana sistem komputer bekerja
d)Sikap: Observasi
E. PEMAHAMAN BERMAKNA
Sistem computer menjelaskan bagaimana proses digitalisasi dari perintah yang diinputkan oleh pengguna, kemudian oleh CPU akan ditampilkan pada perangkat output.
CPU dalam computer terdiri atas rangkaian Komponen Sistem Komputer yang dioperasikan dengan nilai input biner berupa benar (true) dan salah (false) dan akan menghasilkan output biner juga
F. PERTANYAAN PEMATIK
Pertanyaan pemantik untuk peserta didik sebagai berikut.
1.Apakah yang kalian ketahui tentang sistem komputer? Bagaimana kalian mendefinisikan komputer dalam kata-kata Anda sendiri?
2.Dalam kehidupan sehari-hari, bagaimana kalian menggunakan komputer atau perangkat yang terkait dengan sistem komputer? Apakah kalian merasa penting untuk memahami cara kerjanya?
G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
Guru memulai dengan memberikan salam, menanyakan kabar, dan meminta salah satu peserta didik untuk memimpin doa sebagai Tindakan yang bersifat Religius.
Guru memastikan bahwa semua peserta didik siap untuk belajar dan juga memeriksa kehadiran siswa untuk membangun Disiplin.
Guru berdiskusi tentang kompetensi yang sudah dipelajari dan dikembangkan oleh peserta didik sebelumnya, menciptakan ruang untuk Pemikiran kritis dan Komunikasi.
Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dalam Pelajaran tersebut, memastikan Komunikasi yang jelas.
Guru menjelaskan garis besar cakupan materi yang akan dipelajari dan kegiatan yang akan dilakukan dalam Pelajaran, juga sebagai bagian dari Komunikasi.
Guru menyampaikan bahwa penilaian peserta didik akan mencakup penilaian diagnostik (non-kognitif), penilaian kognitif (pengetahuan), penilaian sikap dan penilaian keterampilan, semuanya sebagai bentuk Komunikasi.
Untuk menarik minat peserta didik, guru menggunakan gambar untuk mengilustrasikan tentang software dan hardware yang ada pada sistem computer (pemetaan kesiapan peserta didik). Hal ini merangsang Pemikiran kritis dan Kreativitas mereka.
Apersepsi
Sebuah sistem computer tidak lepas perangkat keras dan perangkat lunak penyusunnya. Perangkat keras dan lunak saling memiliki fungsi spesifik membentuk satu kesatuan dalam sistem. Satu bagian yang tidak berfungsi bisa membuat sistem komputer tidak berjalan dengan baik.
Pemanasan
Apa itu perangkat keras dan perangkat lunak ? Bagaimana perangkat keras dan perangkat lunak dapat bekerjasama untuk membentuk sistem computer ?. Siswa diajak melihat video pendek tentang bagaimana computer bekerja.
https://www.youtube.com/watch?v=fHcq2S9tC9U&ab_channel=OSISAKSEN
Kegiatan Inti (50 menit)
FASE PENGORGANISASIAN SISWA UNTUK BELAJAR
Peserta didik menyimak PPT interaktif terkait materi Komponen Sistem Komputer
Peserta didik menjawab pertanyaan Pre test yang muncul di PPT secara Lisan
Peserta didik dengan guru mendiskusikan bersama terkait jawaban para siswa yang telah disampaikan
FASE PEMBIMBINGAN PENYELIDIKAN INDIVIDUAL/KELOMPOK
Guru menjelaskan secara singkat teori tentang Komponen Sistem Komputer
Guru Menyajikan Tabel kebenaran dari Komponen Sistem Komputer
Siswa Bersama teman sebangku mendiskusikan tentang table kebenaran masing-masing Komponen Sistem Komputer
Siswa mengemukakan gagasannya tentang tabel kebenaran
Peserta Didik diberi pertanyaan seputar table kebenaran dan logika dasar
Peserta Didik diberi pertanyaan tentang korelasi Komponen Sistem Komputer
FASE PENGEMBANGAN DAN PENYAJIAN HASIL KARYA
Peserta didik melakukan pembuktian Komponen Sistem Komputer dengan mengisi diagram dan tabel kesesuaian pernyataan tentang Perangkat keras dan Perangkat lunak Sesuai intruksi kerja pada lembar kerja peserta didik yang disampaiakan oleh guru.
Peserta didik mengisi diagram dan tabel Komponen Sistem Komputer secara Mandiri
FASE PENGANALISISAN DAN PENGEVALUASIAN PROSES
1. Peserta didik bersama teman satu bangkunya mengvaluasi hasil praktikumnya
2. Peserta didik menyampaikan pada guru hasil praktikumnya
3. Peserta didik mempresentasikan hasil diagram dan tabel yang dibuat
3. Guru memberikan komentar dan evaluasi terkait hasil diagram dan tabel yang dibuat siswa
Kegiatan Penutup (10 menit)
PENGAYAAN :
Diberikan untuk menambah wawasan kepada peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKTP .
Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan sesuai kesepakatan peserta didik
Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberikan kegiatan pembelajaran pengayaan untuk perluasan dan pendalaman materi (kompetensi)
REMIDIAL :
Diberikan kepada peserta didik yang capaian KKTP nya belum tuntas
Guru memberikan semangat kepada peserta didik yang belum tuntas
Guru memberikan tugas bagi peserta didik yang belum tuntas dalam bentuk pembelajaranulang dengan belajar kelompok dan pemanfaatan tutor sebaya bagi peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar sesuai hasil analisis penilaian
ASSESMENT
Teknik penilaian
Penilaian Sikap : Observasi
Penilaian Pengetahuan : Tes Tertulis
Penilaian Keterampilan : Unjuk Kerja
Bentuk penilaian dan instrumen penilaian
Observasi : Lembar pengamatan sikap
Tes Tertulis : Soal pilihan ganda
Penugasan : lembar tugas peserta didik
PENGAYAAN DAN
REMEDIAL
Remidial
Dilakukan terhadap peserta didik yang belum memahami konten dengan baik serta kepada peserta didik yang capaian pembelajarannya belum mencapai 75.
Pengayaan
Dilakukan kepada peserta didik yang mampu menjawab dengan benar assesmen formatif dan telah mencapai nilai >75
I. REFLEKSI PESERTA DIDIK DAN GURU
REFLEKSI PESERTA DIDIK
NO
PERTANYAAN
JAWABAN
1
Bagaimana perasaan kamu setelah mempelajari Komponen Sistem Komputer?
2
Apakah kesulitan yang muncul pada saat melaksanakan pembelajaran ini?
3
Hal baru apakah yang didapatkan dari pembelajaran ini?
4
Cara belajar yang bagaimana yang paling membantumu dalam mempratekkan pembelajaran ini?
5
Pelajaran berharga apakah yang dapat anda petik dari kegiatan pembelajaran ini?
6
Apakah kamu dapat merefleksikan seluruh kegiatan pembelajaran hari ini dan dapatkah pembelajaran hari ini digunakan acuan dalam pengembangan kehidupan sehari-hari?
REFLEKSI GURU
NO
PERTANYAAN
JAWABAN
1
Apakah peserta didik belajar dengan cara yang menyenangkan?
2
Apakah peserta didik dapat mengikuti alur pembelajaran?
3
Ada berapa persen peserta didik yang dapat melaksanakan pembelajaran dengan kategori tuntas?
4
Ada berapa persen peserta didik yang dapat melaksanakan pembelajaran dengan kategori tidak tuntas?
5
Pembelajaran dengan model seperti apa yang diinginkan peserta didik untuk pembelajaran selanjutnya
J. PENILAIAN
1.Instrumen Penilaian Sikap
Bentuk instrument: Lembar Observasi
NO
NAMA
PENILAIAN
JUJUR
DISIPLIN
SOPAN SANTUN
TANGGUNG JAWAB
RATA-RATA
2.Instrumen Penilaian Pengetahuan
NO
DAFTAR PERTANYAAN
KUNCI JAWABAN
DESKRIPTOR
SKOR
1
Apa saja aplikasi yang digunakan untuk mentransfer data dari piranti ke piranti lainnya ?
Bluetooth, Air Droid, Shareit, Send Anywhere, Share Me
Jika jawaban sangat lengkap
3
Jika jawaban kurang lengkap
2
Jika jawaban tidak lengkap
1
2
Bagaimana kecepatan data saat dikirimkan ?
Data berukuran kecil lebih cepat, Data berukuran sedang lumayan cepat, Data berukuran besar lebih lama
Jika jawaban sangat lengkap
3
Jika jawaban kurang lengkap
2
Jika jawaban tidak lengkap
1
3.Instrumen Penilaian Keterampilan
NO
ASPEK YANG DINILAI
NILAI
1
2
3
4
1
Menunjukkan nama-nama apliksi transfer data
2
Mengirimkan / mentransfer data menggunakan salah satu aplikasi (Bluetooth)
3
Menunjukkan perbedaan kecepatan data yang dikirimkan
JUMLAH

LKPD -- Lembar Kerja Peserta Didik


Surakarta, 16 Oktober 2023
Mengetahui,
Kepala SMP AL ISLAM 1 SURAKARTA Guru informatika
Supardi, S.Pd Mohamad Yoga Aditiya
GLOSARIUM
Siklus data : proses pengolahan data terdiri dari 3 tahapan dasar, yang disebut dengan siklus pengolahan data (data processing cycle), yaitu input, processing dan output.
Instalasi : proses pemasangan aplikasi agar dapat perangkat dapat berkomunikasi atau berinteraksi
interaktif : Bersifat saling melakukan aksi
Komputer : Perangkat elektronik yang dapat menerima, memproses, dan mengeluarkan data.
Hardware : Komponen fisik dari komputer, seperti CPU, monitor, dan keyboard.
Software : Program dan instruksi yang mengontrol operasi komputer.
CPU : Bagian komputer yang melakukan pemrosesan data.
RAM : Tempat penyimpanan sementara data yang sedang digunakan oleh komputer.
Input : Perangkat yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer, seperti keyboard dan mouse.
Output : Perangkat yang digunakan untuk mengeluarkan data dari komputer, seperti monitor dan printer.
Sistem Operasi : Perangkat lunak yang mengendalikan operasi dasar komputer, seperti Windows atau macOS.
Virus Komputer : Program berbahaya yang merusak atau mencuri data pada komputer.
Jaringan : Koneksi antara beberapa komputer yang memungkinkan mereka berkomunikasi dan berbagi data.
DAFTAR PUSTAKA
Farhan, A., Furqon, A., Alfiah, N., & Noor, A. M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Mata Pelajaran Informatika/TIK di SMP Al Manshuriyah Pemalang. Madaniyah, 13(1), 19-28.
Gusrianto, R. (2022). Pengembangan E-Modul pada Mata Pelajaran Informatika Berbasis Kurikulum Merdeka Belajar untuk SMP Kelas VII (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang).
Meriyani, A., Eldarni, E., Hendri, N., & Amilia, W. (2023). Implementation of Eighth Class Informatics Learning in the Merdeka Curriculum at SMP Negeri 39 Padang. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(4), 2227-2232.
Nabilah, B., Zakir, S., Murtiyastuti, E., & Mubaraq, R. I. (2022). Analisis Penerapan Mata Pelajaran Informatika dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Tingkat SMP. PIJAR: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 110-119.
Rosa, P. H. P. (2023). PENINGKATAN KESIAPAN GURU INFORMATIKA KABUPATEN MAGELANG UNTUK MENGIMPLEMENTASIKAN MATA PELAJARAN INFORMATIKA DALAM KURIKULUM MERDEKA. Abdimas Altruis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 29-36.
Walukow, M. R., Tambingon, H. N., & Rotty, V. N. J. (2022). Pergeseran Paradigma Pembelajaran Informatika di Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 5411-5420.
SOAL -- SOAL & LATIHAN UJIAN

LKPD
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
Mata Pelajaran : Informatika
Konten : Sistem Komputer
Pokok Bahasan : Perangkat Hardware dan OS pada sistem komputer
Jenjang/Kelas : SMP/VIII
Nama/Kelompok :
1 ..................................
2. .................................
3. .................................
4. .................................
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah menyimak Video pembelajaran dari Youtube, Materi bahan ajar dan berdiskusi kelompok :
1.Peserta didik dapat mengidentifikasi (C1) fungsi perangkat keras komputer sebagai perangkat unit input, unit penyimpan, unit pemroses, unit output dengan baik dan benar 2. Peserta didik dapat menjelaskan (C1) fungsi perangkat keras komputer sebagai perangkat unit input, unit pemroses, unit output dengan baik serta benar
2.Peserta didik dapat memahami (C2) fungsi sistem komputer hardware dan OS (Operating System) dengan baik dan benar
3.Peserta didik dapat menganalisis (C4) fungsi komputer hardware dan OS (Operating System) dengan baik dan benar
4.Peserta didik dapat menjelaskan (P2) alur sistem kerja komputer dengan baik dan benar
B. Alat dan Bahan
Alat : Alat tulis, Spidol, Karto, Kertas tape, Hp, Scan Bar code
Bahan : Video, PPT, Ebook Informatika : Caroline, Maresha dkk.(2021)
C. Materi


D. Langkah-langkah kerja
1. Simak dengan baik tayangan Video pembelajaran dari Youtube dibawah ini :
1.1. Materi Perangkat keras dan fungsinya Video ke-1.
Silahkan lakukan scanning dengan mengunakan scanning pembacaan barcode pada smartphone yang
sudah terinstall aplikanya.

Simak tanyangan Videonya dengan baik!
1.2. Materi Perangkat keras dan fungsinya Video ke-2.
Silahkan lakukan scanning dengan mengunakan scanning pembacaan barcode pada smartphone yang sudah terinstall aplikanya.

Simak tanyangan Videonya dengan baik!
2. Isilah Tabel dibawah ini dengan baik dan benar dengan cara berdiskusi dan menyimak Video Pembelajaran 1 dan 2 secara seksama.
No
Klasifikasi Hardware
Nama Hardware
Fungsi
1
INPUT DEVICE
2
3
1
PROCESSI NG DEVICE
2
3
1
STORAGE DEVICE
2
3
1
OUTPUT DEVICE
2
3
3. Lakukan analisa pada gambar perangkat keras dibawah ini !

Fungsinya
.......................................................................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................................................................
...........................................................................................................................
4. Bagaimana jika sebuah layar monitornya tiba-tiba gelap/geblank pada saat digunakan.
Apa yang akan dilakukan oleh anda setelah belajar mengetahui fungsi perangkat keras komputer.

.......................................................................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................................................................
............................................................................................................
5. Buat alur sistem kerja/ blok diagram sebuah sistem komputer PC sederhana Dan Jelas dengan baik proses kerja sistem komputer tersebut dengan
.......................................................................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................................................................
............................................................................................................
PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukurtingkat pencapaian kompetensi peserta didik.
Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan belajar dan memperbaiki proses pembelajaran
1.Penilaian Hasil Belajar Kompetensi Pengetahuan (Kognitif)
a.Teknik penilaian:Tes tertulis.
b.Bentuk instrumen:Soal Pilihan Ganda
2.Penilaian Hasil Belajar Kompetensi Keterampilan (Psikomotor)
a.Teknik penilaian:Penilaian kinerja
b.Bentuk instrumen:Lembar observasi
Penilaian dilakukan pada saat peserta didik melakukan diskusi dan presentasi
Nama
Pemahaman Materi
Keaktifan Peserta Didik
Instrumen penilaian laporan/presentasi
Sistematika Laporan
Performans
Presentasi
Jumlah Nilai
Rubrik Penilaian Kinerja LKPD
Indikator
Penilaian
0-30
31-65
66-100
Sistematika Laporan
Sistematika tidak sesuai dengan aturan yang telah ditentukan
Sistematika Sebagian sesuai dengan aturan yangtelah ditentukan
Sistematika sesuai denganaturan yang telah ditentukan
Performans
Performas laporan kurang baik
Performas laporan baik
Performas laporan sangatbaik
Presentasi
Presentasi dilakukan dengan kurang baik
Presentasi dilakukan dengan baik
Presentasi dilakukandengan
sangat baik
Penilaian Hasil Belajar Kompetensi Sikap (Afektif)
a.Teknik penilaian: Sikap (Tanggung Jawab, Religius, Disiplin,santun)
b.Bentuk instrumen: Lembar observasi
No.
Nama Peserta didik
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Tindak Lanjut
1.
2.
3.
4.
Dst
Remedial
Peserta didik y ang belum memahami perangkat hardware dan OS, peserta didik yang sudah paham dapat membantu peserta didik yang lain, guru melakukan berbagai pendekatan terhadap peserta didik serta melakukan evaluasi diri.
- Bila jumlah siswa 20 % di bawah KKM bisa dilakukan dengan mengerjakan portofolioberkaitan dengan Perangkat hardware dan OS
- Bila Jumlah Siswa 20-50% di bawah KKM penugasan secara berkelompok denganmengerjakan portofolio berkaitan dengan Perangkat hardware dan OS
- Bila Jumlah Siswa 50% lebih di bawah KKM dilakukan dengan remedial teachingtanpa ada penilaian (dianggap nilai siswa = KKM
Pengayaan
Peserta didik yang telah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran pengayaan untuk perluasan atau pendalaman materi (kompetensi).
LEMBAR OBSERVASI PENILAIAN KINERJA / PSIKOMOTORIK
No
Nama
Penyelesaian masalah
Penjabaran Perangkat Keras
Penjabaran Perangkat Lunak
Pemaparan materi tentang Input, Storage, Process dan Output
Keterangan
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Murid 1
2
Murid 2
3
Murid 3
4
Murid 4
5
Murid 5
6
Murid 6
7
Murid 7
8
Murid 8
9
Murid 9
Rubrik Penilaian Kinerja Siswa
ASPEK
SKOR
1
2
3
4
Penyelesaian
Tidak
Sebagian kecil
Sebagian besar
penyelesaian
masalah
melakukan
penyelesaian
penyelesaian
masalah
penyelesaian
masalah
masalah
dilakukan
masalah
dilakukan
dilakukan
secara lengkap
dengan
secara lengkap
dan benar
sistematis
dan benar
dan benar
Penyajian data
Tidak
Sebagian kecil
Sebagian besar
Seluruh
dalam tabel
dilakukan
penyajian data
penyajian data
penyajian
penyajian data
dalam tabel
dalam tabel
data dalam tabel
dalam tabel
dilakukan benar,
dilakukan
dilakukan benar,
sistematis dan
benar,
sistematis dan
menarik
sistematis dan
menarik
menarik
Penyajian data
Tidak
Sebagian kecil
Sebagian besar
Seluruh
dalam bentuk
melakukan
penyajian data
penyajian data
penyajian
diagram
penyajian data
dalam diagram
dalam diagram
data dalam
batang dan
dalam bentuk
batang dan
batang dan
diagram batang
diagram gambar
diagram
diagram gambar
diagram gambar
dan diagram
batang dan
dilakukan benar,
dilakukan
gambar
diagram gambar
sistematis dan
benar,
dilakukan benar,
menarik
sistematis dan
sistematis dan
menarik
menarik
Pemaparan
Hanya
Sebagian kecil
Sebagian besar
Keseluruhan
Penyajian Data
sebagian kecil
pemaparan
pemaparan
pemaparan
pemaparan
dilakukan
dilakukan
dilakukan
dilakukan
dengan Bahasa
dengan Bahasa
dengan
LEMBAR PENILAIAN SIKAP SISWA
No
Nama
Gotong Royong
Mandiri
Bernalar Kritis
Kreatif
Keterangan
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Murid 1
2
Murid 2
3
Murid 3
4
Murid 4
5
Murid 5
6
Murid 6
7
Murid 7
8
Murid 8
9
Murid 9
Rubrik Penilaian Sikap Siswa
Komponen Sikap
Berkembang Sangat Baik
(A)
Berkembang Sesuai Harapan
(B)
Mulai Berkembang
(C)
Belum Berkembang
(D)
Gotong royong
Menunjukkan sikap gotong royong ketika diskusi dengan inisiatif sendiri dan tanpa intervensi
Menunjukkan sikap gotong royong ketika diskusi dengan inisiatif sendiri dan dengan intervensi guru
Menunjukkan sikap gotong royong ketika diskusi, namun harus dipantik oleh guru
Belum menunjukkan sikap gotong royong ketika diskusi
Mandiri
Sudah mampu melaksanakan tugas dengan intervensi, dan dengan penyelesaian yang lebih dari target yang ditetapkan
Sudah mampu melaksanakan tugas dengan inisiatif sendiri, tanpa intervensi, dan dengan penyelesaian sesuai target dan ketentuan yang ditetapkan
Sudah mampu melaksanakan tugas namun dengan dorongan dan intervensi guru, dan dengan penyelesaian target kurang dari target yang ditetapkan
Belum mampu melaksanakan tugas tanpa dorongan dan intervensi guru
Bernalar kritis
Menunjukkan keberanian dalam berpendapat ketika diskusi dengan inisiatif sendiri dan tanpa intervensi
Menunjukkan keberanian dalam berpendapat ketika diskusi dengan inisiatif sendiri dan dengan
intervensi guru
Menunjukkan keberanian dalam berpendapat ketika diskusi, namun harus dipantik oleh guru
Belum menunjukkan keberanian berbendapat ketika diskusi
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI