Mohon tunggu...
yeyet11
yeyet11 Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Yatsi Madani

Saya Yeyet widiyanti. Pribadi yang menyukai tulisan dan suka membaca. Hobi saat ini adalah melukis, but aku bukan pelukis ya guys.

Selanjutnya

Tutup

Analisis

Pengaruh Media Sosial Dalam Kampanye Sosial

23 Desember 2024   13:13 Diperbarui: 23 Desember 2024   13:13 33
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Analisis Cerita Pemilih. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

    Di zaman Moderen seperti sekarang ini, Media sosial sudah menjadi alat komunikasi yang paling efektif dan berpengaruh. Bahkan tak jarang kita sering mendapat informasi terbaru melalui media sosial. Karena dengan jangkauannya yang memuat jutaan orang hanya dalam hitungan detik, platfom sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter dan tiktok memiliki peran besar dalam menyebarkan pesan-pesan atau informasi kampanye sosial.

   Namun dampak dari cepatnya penyebaran informasi juga memiliki dampak besar dalam kampanye. Contoh sepeti tanggapan-tanggapan yang di dapatkan mengenai kampanye tersebut, positif dan negatif isunya tidak bisa kita cegah. Maka dari pada itu tantangan kmpanye sosial perlu dipahami lebih mendalam untuk mencegah hal-hal yang tidak di inginkan.

   Agar lebih mengetahui seberapa jauh Media sosial mempengaruhi kampanye sosial, yuk kita bahas lebih lanjut mengenai Keunggulan Media sosial dalam kampanye sosial;

1.Jangkauan Global ; Media sosial akan sangat memungkinkan pesan kampanye untuk mencapai audiens global tanpa memerlukan biaya besar. Kampanye seperti Kampanye Pencegahan Perundungan dan Kekerasan oleh Kementerian Sosial: Pada 30 September 2024, atau Kampanye 16 Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan (HAKTP) telah menunjukkan bagaimana isu-isu sosial dapat menarik perhatian hanya melalui tagar dan postingan yang viral.

2.Interaktivitas dan Keterlibatan; Media sosial juga memungkinkan interaksi langsung antara penyelenggara kampanye dan audiens. Karena adanya fitur seperti komentar, polling, atau sesi tanya jawab langsung bahkan live streaming meningkatkan keterlibatan masyarakat, menjadikan kampanye lebih dinamis dan partisipatif dengan adanya informasi yang di dapatkan secara langsung dari sumber yang terpercaya.

3.Efisiensi Biaya; Sangat berbeda dengan metode tradisional seperti iklan di televisi atau baliho, kampanye melalui media sosial bisa dilakukan dengan biaya anggaran yang lebih rendah. Hanya dengan membagikan postingan kita sudah bisa menyebarkan informasi-infoemasi tersebut.

4.Kemudahan Pengukuran Dampak; Dengan fitue analisis yang tersedia di platfom media sosial, efektivitas kampanye dapat kita ukur dengan mudah. Contoh data jumlah tayangan, dan tingkat keterlibatan masa memberikan gambaran yang jelas tentang seberapa besar dampak kampanye yang telah disebarkan tersebut.

   Kemudian teman-teman, selain daripada keunggulan-keunggulan tersebut ada pula tantangan yang perlu kita ketahui dalam menggunakan media sosial untuk penyebaran Kampanye Sosial.

Tantangan dalam Menggunakan Media Sosial untuk Kampanye Sosial

1.Penyebaran Informasi yang Tidak Akurat; Salah satu risiko utamanya adalah penyebaran informasi yang salah atau hoaks. Hal ini dapat merusak kredibilitas kampanye dan mengurangi kepercayaan publik terhadap isu yang diangkat. Maka kita sebagai masyarakat dan pengguna media sosial harus berhati-hati untuk semua informasi yang kita dapatkan.

2.Overload Informasi; Dalam era moderen yang digital ini orang-orang sering kali di cecar dengan berbagai pesan dari berbagai kampanye. Hal ini dapat membuat audiens atau masyarakat merasa lelah dan akhirnya mengabaikan pesan-pesan yang seharusnya penting.

3.Ketergantungan pada Algoritma; Semua Platform media sosial itu menggunakan algoritma untuk menentukan konten yang muncul di beranda para pengguna platfom tersebut. Dengan adanya ini juga dapat menyebabkan kampanye sosial sulit menjangkau audiens yang diinginkan jika algoritma tidak mendukung distribusinya.

4.Risiko Kritik dan Serangan Siber; Tidak semua Kampanye sosial bisa diterima dengan baik oleh berbagai pihak. Beberapa kampanye bahkan sering menghadapi serangan balik berupa komentar negatif atau serangan siber yang dapat menghambat jalannya kampanye bahkan sering menyebabkan kericuhan dalam kampanye.

   Nah teman-teman...Dari semua informasi tersebut kita bisa menyimpulkan bahwa "Media Sosial Sangat Berpengaruh Terhadap Kampanye Sosial. Akan tetapi kita sebagai Masyarakat harus berhati-hati untuk semua informasi. Kita harus mahir memastikan informasi yang valid ataupun hoax.

   Mari kita pergunakan sebaik mungkin Platfom apapun untuk mencari dan menyebarkan Informasi yang bermanfaat untuk orang 

lain.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun