Mohon tunggu...
YettiOk
YettiOk Mohon Tunggu... Penulis - penulis cilik pejuang karir

i love karir

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pembelajaran Kooperatif pada Sekolah Dasar

13 Juni 2022   13:27 Diperbarui: 13 Juni 2022   13:34 2856
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pada umumnya anak di usia sekolah dasar karakternya identik dengan bermain, bersenang-senang, berkumpul dengan temannya, dan melakukan sesuatu secara langsung (konkret). Namun, pada usia ini mereka masih sulit untuk diajak serius. Biasanya anak yang aktif, mereka suka bermain sendiri atau mengganggu temannya belajar. Sedangkan anak pendiam/pasif biasanya cenderung malas belajar apalagi jika tidak ada yang mendampingi. Oleh karena itu, solusi pembelajaran kooperatif adalah metode yang efektif untuk menanggulangi hal tersebut.

Model pembelajaran kooperatif adalah model pembelajaran siswa yang mengutamakan kerjasama. Menurut Hamid Hasan dalam etin solihatin , kooperatif mengandung pengertian bekerjasama dalam mencapai tujuan bersama. 

Pada pembelajaran kooperatif siswa dibagi kelompok, masing-masing kelompok harus terdapat anak dengan kemampuan tinggi, sedang, dan rendah agar dapat saling membantu/melengkapi. Masing-masing kelompok diberi soal kemudian mereka memecahkan secara kerja sama. Lalu guru mengevaluasi hasil kerja sama mereka.

Menurut Ibrahim (2000:10) mengemukakan langkah-langkah model pembelajaran kooperatif yang terdiri dari 6 langkah yaitu :

Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa

Menyajikan informasi

Mengorganisasikan siswa kedalam kelompok-kelompok belajar

Membimbing kelompok bekerja dan belajar

Evaluasi

Memberikan penghargaan

Dari langkah-langkah diatas dapat disimpulkan bahwa Metode pembelajaran kooperatif(berkelompok) sangat cocok diterapkan di Sekolah Dasar karena membuat siswa terlatih berargumen serta melatih kekompakan dalam berkelompok. Disamping itu metode ini juga menyamaratakan karakter siswa dari yang aktif sampai dengan yang pasif.

DAFTAR PUSTAKA

 Etin Solihatin, Cooperative Learning, Jakarta, Bumi Aksara, 2009, h. 4

Ibrahim, M. dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun