Waktu akan terus berjalan dan berputar, dari dalam diri selalu bertanya apa yang sudah saya lakukan hari ini dan apakah hal itu bisa membuat saya bahagia. Sebenarnya membuat catatan kecil tentang agenda kegiatan yang pasti dan rutin itu lebih apik,menurut pandanganku selain untuk merencanakan suatu kegiatan atau meraih mimpi juga bisa melatih daya ingat. Tapi toh saya sudah tidak pernah melakukannya lagi seperti ketika saya masih duduk di bangku sekolah SMP dan SMA.
Terlepas nanti terlaksana dengan baik atau tidak, atau bahkan belum terlaksanapun juga tidak mengapa karena toh itu juga kegiatan kita sendiri. Dan seterusnya saya jadi melewati angan dengan berkata pada diri sendiri aah besok lain kali dicoba lagi atau bila ada krenteg saya cukup reschedule bila belum bisa melaksanakan suatu hal yang diinginkan. Tentunya melewatinya denganhati yang bahagia bila tercapai dan berusaha biasa saja bila tak tercapai.
Dalam rangka meningkatkan proses pembelajaran yang dilaksanakan di sehari- hari saya tentu mempunyai catatan kegiatan dalam bentuk rencana harian, mingguan, bulanan dan tahunan, misalnya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPP) , Rencana Pelaksanaan Mingguan, dan juga kegiatan penilaian. Nah rangkaian kegiatan ini bagaimana bisa terakomodir untuk pemenuhan pembelajaran pada anak didik sehingga perlu adanya supervisi akademik.
Bagaimana supervisi akademik dapat dilakukan oleh seorang pimpinan, maka sebaiknya supervisi tidak satu arah saja, dan ini dilakukan secara berkelanjutan untuk meningkatkan kompetensi guru sebagai pemimpin pembelajaran serta sebagai bentuk keberpihakan pada murid. Peningkatan Kompetensi guru selain dari segi pengetahuan , juga dari keterampilan, motivasi dan komitmen diri.
Jadi Supervisi bukan hanya sebuah tagihan atau kewajiban para pemimpin sekolah dalam tanggung jawabnya mengevaluasi para tenaga pendidik. Mari kita mulai mengembalikan semangat supervisi akademik mula-mula dengan melihat dan berpikir dengan menggunakan kacamata dan topi seorang coach: supervisi akademik sebagai proses berkelanjutan yang memberdayakan.
Supervisi akademik yang dilakukan juga harus mengacu pada prinsip-prinsip supervisi akademik dengan paradigma berpikir coaching yang meliputi:
- Kemitraan: proses kolaboratif antara supervisor dan guru
- Konstruktif: bertujuan mengembangkan kompetensi individu
- Terencana
- Reflektif
- Objektif: data/informasi diambil berdasarkan sasaran yang sudah disepakati
- Berkesinambungan
- Komprehensif: mencakup tujuan dari proses supervisi akademik.
Dan hendaknya Supervisi dengan proses coaching yang dilakukan didasarkan pada kebutuhan dan tujuan sekolah dan dilaksanakan dalam tiga tahapan, yakni perencanaan, pelaksanaan supervisi, dan tindak lanjut.
Alhamdulillah bisa bertemu Materi Supervisi Akademik Paradigma Berpikir Coaching yang sungguh bagus dan sangat bermanfaat. Namun ada tantangan mempelajarinya bahwa harus dengan benar -- benar focus agar ada pemahaman yang sempurna. Kepala sekolah atau pemimpin dapat menjadi seorang evaluator atau penilai dan coach dalam menjalankan perannya.
Ketika sedang melakukan percakapan coaching, maka harus menunjukkan perilaku seorang coach, jadi kepala sekolah perlu menginformasikan pada coachee mengenai peran yang sedang dilakukan. Melalui percakapan coaching membantu para guru berpikir lebih dalam menggali potensi diri dan motivasi internal yang diwujudkan dalam aksi nyata untuk tercapainya pembelajaran berpihak pada anak
Pada suatu kesempatan saya mulai dengan rekan sejawat mencoba menjadi supervise akademik dengan menerapkan ketrampilan coaching. Menjelajahi suatu peristiwa yang dialaminya sebagai jalan buntu untuk mengengembangkan kompetensi apa yang dimiliki menjadi terbuka dengan mengungkapkan apa diinginkannya, bagaimana tujuan serta langkah yang diharapkannya.
Pelaksanaan supervisi akademik yang kami lakukan menjadi suatu hal yang melapangkan bagi coachee (rekan sejawat ) dan coach. Bagaimana tidak dalam proses coaching itu ada imbal balik yang sama --sama sangat menguntungkan. Saya sebagai coach mendapat keuntungan keterampilan supervise yang baik bagimana dapat membantu rekan mengoptimalkan kompetensinya dan memberdayakannya serta coachee (rekan sejawat) dapat meyampaikan gagasan dan menemukan langkah penyelesaian dari dirinya sendiri.
Adalah suatu kebahagian dan kelegaan hati bisa saling mencurahkan unek -- unek dan membantu membukakan pintu atau menemukan jalan keluar penyelesaian yang digagas dari kekuatan dirinya sendiri. Yang awalnya buntu terbukalah kompetensi yang dimiliknya.
Hal ini diimplemantasikan pada guru sebagai pemimpin pembelajaran juga sejalan dengan paradigma berpikir coaching dengan among yang merupakan keterampilan komunikasi yang harus dimiliki guru yang bertujuan menuntun segala kodrat murid dengan kemerdekaan untuk menentukan pilihan dengan tuntunan guru diharapkan anak tidak kehilangan arah.
Komunikasi dijalin dengan situasi penuh kasih, murid sebagai mitra belajar, tercipta dialog yang emanisipasif, tercipta ruang perjumpaan guru dan murid,kasih dan persaudaraan.

Ada beberapa ungkapan setelah kegiatan proses coaching yang dilakukan antara lain ;
- Merasa senang karena yang dikawatirkan di awal dan pada saat diobservasi bisa teratasi dengan baik
- Merasa yakin dan tenang karena telah menyampaikan unek -- unek kepada rekan
- Kompetensi yang ingin dikembangkan bisa dikembangkan secara optimal
Kegiatan praktek coaching harus sering dipraktekkan karena kegiatan ini dapat meningkatkan dan mengembangkan kompetensi supervise akademik
Dengan belajar dan terus belajar diharapkan bisa mengimplikasikan supervisi Akademik dengan Paradigma Berpikir Coaching dengan baik untuk memberikan pembelajaran sepenuhnya yang berpihak pada murid, menuntun murid ke depannya guna meraih keselamatan dan kebahagiaannya setingi -- tingginya.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI