Mohon tunggu...
Yessy Angguman
Yessy Angguman Mohon Tunggu... Guru - Guru Sekolah Dasar

Seorang yang selalu berusaha menjadi guru yang baik dan dirindukan oleh siswanya..

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan-3

26 Juli 2024   14:15 Diperbarui: 26 Juli 2024   14:17 1778
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan

Modul 1.3 Visi Guru Penggerak

Yessy Angguman, S.Pd

SDN 3 Perumnas Way Kandis -- Bandar Lampung

CGP Angkatan 11

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabaratuh

Selamat bertemu lagi dengan saya Yessy Angguman, S.Pd,  Calon Guru Penggerak Angkatan 11 dari SDN 3 Perumnas Way Kandis -- Bandar Lampung. Pada kesempatan ini saya akan menulis tentang apa yang sudah saya lakukan pada pendidikan Guru penggerak di materi Modul 1.3 yaitu tentang Visi Guru Penggerak.

Jurnal Dwi mingguan ini harus saya tulis untuk menggambarkan refleksi saya setelah mempelajari Modul 1.3 dan ini merupakan tugas setelah berakhirnya modul yang dipelajari sebagai seorang Calon Guru Penggerak. Saya akan menuliskan semua pengalaman saya dan semua yang saya rasakan selama mempelajari modul 1. 3 ini dalam artikel ini.

Kegiatan dan pelajaran dalam modul 1.3 ini telah selesai saya ikuti maka saya akan menuliskan refleksi saya seperti biasanya dengan model 4F yang dapat diterjemahkan model 4P yang diprakarsai oleh Dr. Roger Greenaway yaitu:

1. Facts( Peristiwa)

2. Feelings ( Perasaan)

3. Findings ( Pembelajaran)

4. Future ( Penerapan )

Saya akan tuliskan satu persatu pengalaman dan refleksi saya:

1. Facts (Peristiwa)

Pada minggu ke 3 bulan Juli yaitu tanggal 17 Juli 2024 saya mulai mempelajari materi mulai dari diri dan eksplorasi konsep secara mandiri. Pada modul ini CGP diarahkan dapat merumuskan visinya sebagai guru penggerak yang sesuai dengan profil pelajar Pancasila . dan pada eksplorasi konsep saya belajar memahami pentingnya visi yang berpihak pada murid sebagai landasan segala inisiatif perubahan dalam pendikan .

Pada tanggal 19 Juli 2024 saya menjalani vcon dalam agenda ruang Kolaborasi Modul 1.3 dengan fasilitator saya yaitu Ibu Riyanti dengan didampingi pengajar Pratik Ibu Ela Novriyanti. Membahas materi tentang "Pernyataan prakarsa perubahan BAGJA". Dalam diskusi dibentuk 2 kelompok.

Dan saya di kelompok 1 bersama Ibu Sari Asih Sosiawati, Ibu Eka Atika, Ibu Yuli Yani, Ibu  Gustia Sari dan Saya sendiri. Saya dan anggota kelompok yang lain harus merumuskan visi sebagai guru penggerak dan harus disepakati satu kelompok kemudian kami harus membuat sebuah prakarsa perubahan dan kami juga harus membuat tahapan BAGJA nya sesuai dengan prakarsa perubahan kami yang telah disepakati satu kelompok.

Selain itu saya juga belajar memahami mengapa dan bagaimana manajemen perubahan dengan pola pikir positif melalui pendekatan inkuiri apresiatif dilakukan. Saya juga belajar tentang tahapan BAGJA yaitu Buat pertanyaan, Ambil pelajaran, Gali mimpi, Jabarkan rencana dan Atur eksekusi.

Pada 22 Juli 2024 tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi serta pemberian Umpan balik dan saling diskusi menyampaikan pendapat dan mengomentari pendapat kelompok lain. Banyak pengalaman dan pengetahuan baru yang saya dapatkan di kegiatan presentasi tesebut.

Pada tanggal 27-29 Juli kami harus mempelajari materi demonstrasi kontekstual dan harus membuat tugasnya, due date penugasan mandiri demontrasi Konstektual pada tanggal 29  Juli 2024.

Pada hari Kamis tanggal 25 Juli 2024  kami vcon dengan Instruktur Bapak Amin Hidayat dalam elaborasi pemahan sebagai penguatan untuk modul 1.3 ini. Disini kami telah belajar antara lain menentukan kalimat visi yang sesuai profil pelajar Pancasila, menentukan prakarsa perubahan yang menantang,bermakna,kontekstual dan relevan, memahami bahwa prakarsa perubahan adalah bagian dari visi yang akan dicapai , membuat tahapan BAGJA untuk rencana perubahan ditempat dimana kami berkarya menggunakan paradigma dan pendekatan inkuiri apresiatif dan menjalankan semua rencana perubahan tersbut ditempat kami berkarya. Di tanggal yang sama saya mulai mengerjakan tugas Koneksi antar materi yang jatuh pengumpulan tugasnya tanggal 31 Juli 2024.

2. Feelings ( Perasaan )

Perasaan saya selama mempelajari modul 1.3 tentang visi Guru Penggerak ini adalah senang dan semakin termotivasi untuk semangat dalam menjalankan pendidikan guru penggerak. Selain itu saya juga bersemangat dalam menerapkan dan menjalankan visi dan menjalankan rencana perubahan yang sudah saya rumuskan. Semangat dan motivasi saya ini akan membuat aura positif dalam menjalankan prakarsa perubahan saya sehingga visi saya akan terwujud. Banyak hal baru yang saya pelajari dalam materi modul 1.3 untuk membuat  visi gambaran untuk mewujudkan murid  yang berkarakter baik dimasa mendatang.

3. Findings ( Pembelajaran)

Setelah mempelajari modul 1. 3 ini saya dapat mengetahui bahwa dalam memimpin perubahan positif harus berpikir strategi dan memahami imkuiri apresiatif sebagai paradigma. Tahapan BAGJA merupakan model manajemen perubahan yang merupakan akronim dari Buat pertanyaan utama,Ambil pelajaran, Gali mimpi, Jabarkan rencana dan Atur eksekusi sebagai terjemahan bebas yang diadopsi dari model 5D sebagai bagian dari inkuiri apresiati (Define, Discover, Dream, Design, Deliver).

Untuk melakukan perubahan yang positif tidak harus bermula dengan mengidentifikasi permasalahan yang ada ,namun kami fokuskan pada kekuatan apa yang telah kami miliki sehingga sehingga pemikiran kami diarahkan arah yang positif. Selain itu saya juga dapat merumuskan visi sebagai Guru penggerak, merumuskan prakarsa perubahan dan membuat tahapan BAGJA.

4. Future ( Penerapan)

Setelah mempelajari modul 1.3 ini yaitu tentang visi guru penggerak maka saya akan berusaha menerapkan dan mewujudkan visi yaitu "Mewujudkan murid yang Beriman dan Bertakwa kepada Tuhan YME, Berakhlak Mulia, Mandiri, Kreatif, Inovatif dan Berwawasan Global"  yang sesuai dengan profil Pelajar Pancasila". Dan saya akan menerapkan prakarsa perubahan yang saya rumuskan yaitu "Mewujudkan murid yang kreatif melalui pembelajaran yang menyenangkan". Melalui pembelajaran dengan metode role playing kemudian diunggah dalam media sosial 'youtobe"

Melalui  pembelajaran yang menyenangkan yang berpihak pada murid sehingga membuat murid berkreasi dan berinovasi dalam mengembangkan ide dalam pembelajaran. Untuk mewujudkan murid yang kreatif melalui pembelajaran yang menyenangkan saya harus melakukan kolaborasi dengan rekan sejawat dan pihak sekolah untuk mewujudkan visi dan prakarsa perubahan saya sebagai guru penggerak.

Demikianlah Jurnal Dwi Mingguan saya terkait modul 1.3 tentang visi Guru Penggerak.

Salam Guru Penggerak !!!

Tergerak, Bergerak dan Menggerakkan

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabaratuh

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun