Mohon tunggu...
Yessica Pratama Naibaho
Yessica Pratama Naibaho Mohon Tunggu... Mahasiswa - Berkarya, Bertanggung jawab

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pendidikan sebagai Suatu Sistem

1 Desember 2021   13:50 Diperbarui: 1 Desember 2021   14:38 146
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Seperti yang kita ketahui bahwasannya pendidikan adalah hal yang sangat di perlukan oleh semua orang. Karena pendidikan menjadi suatu langkah untuk mencapai tujuan yang di inginkan. sehingga pendidikan sebagai suatu sistem memiliki komponen yaitu adanya tujuan  pendidikan tersebut, pendidiknya, peserta didik, materi atau isi pendidikan, metode atau media yang digunakan, serta lingkungan pembelajaran. 

1. Pengertian Sistem

Pengertian dari sistem tidak terlepas dari asal bahasanya, yaitu yang berasal dari bahaasa Yunani "Systema" yang artinya keseluruhan dari bagian yang terorganisasi untuk membentuk suatu yang lebih kompleks. Sistem daam arti yang lebih luas ialah serangkaian koomponen atau bagian yang saling terikat dan memiliki fungsi untuk mencapai suatu tujuan yang sudah ditetapkan pada awalnya. 

Terdapat pengertian sistem yang dikemukakan oleh beberapa tokoh, yaitu :

- Suhardjo

Beliau menyatakan bahwasanya sistem merupakan kesatuan fungsional dari unsur-unsur yang ada dalam mencapai tujuan.

- Zahara Idris

Menyatakan bahwa sistem adalah kumpulan dari komponen-komponen atau elemen-elemen yang mempuunyai hubungan fungsional dan teratur dan saling membantu untuk mencapai hasil atau tujuan. 

2. Pendidikan Sebagai Suatu Sistem 

Pendidikan adalah usaha membantu manusia untuk menumbuhkan dan mengembangkan kemampuan yang dimiliki seseorang. untuk memperoleh pendidikan yang baik itu, maka diperlukan pendekatan sistem untuk mendukungnya. Sistem yang digunakan akan saliing berhubungan untuk mencapai tujuan dan kesatuan yang terpadu. Dalam pendidikan dibutuhkan komponen yang mendukung, misalnya gedung sekolah, materi atau kurikulum, media pembelajaran, lingkungan dan lain sebagainya. Sehingga dari proses pendidikan yang dilaksanakan akan menghasilkan orang-orang cerdas untu mengembangkan bangsa melalui ilmu pengetahuan yang diperolehnya dengan baik. 

3. Komponen Pendidikan

Untuk mencapai hasil yang maksimal dalam proses pendidikan maka dibutuhkan komponen-komponen pendidikan yang saling terikat. Adapun diantaranya adalah sebagai berikut.

a. Tujuan 

Untuk melaksanakn proses pendidikan yang baik, maka langkah awal yang harus kita lakukan adalah membuat Tujuan atau memahmi tujuan pendidikan itu sendiri. Sehingga apa yang kita laksanakan sesuai dengan tujuan dan tidak bertentangan.

b. Pendidik

Pendidik adalah komponen pendidikan yang tidak kalah penting dan memang sangat dibutuhkan dalam proses pendidikan. Fungsi dan peran dari pendidik disini ialah merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran. Mmebrikan bimbingan dan latihan kepada peserta didik. Jadi tanggung jawab yang dimiliki pendidik sangat besar dalam mencapai tujuan.

c. Peserta didik

Peran dari peserta didik sebagai manusia yang memiliki kemampuan sejak lahir sangat besar. Karena tugas dari pendidik tadi terlaksana dalam peserta didik untuk mengembangkan potensinya yang berbeda-beda. Maka apa segala tujuan pendidikan akan tercapai jika peserta didik bekerja sama dengan pendidik dalam mengembangkan potensi yang ada dalam diri peserta didik.

d. Media, Metode , dan alat pendidikan

Dalam proses pendidikan, media sangat diperlukan untuk membantu dan mendukungnya. Misalnya pada saat sekarang ini proses pendidikan yang terlaksana itu kebanyak dilakukan dengan media terutama karena masa pandemi. Sehingga pembelajaran dilaksanakan dengan jarak jauh. Maka media elektronik disini sangat besar manfaat nya dalam melaksanakan proses pndidikan. Dan untuk metode pendidikan yang dibutuhkan sekarrang ini ialah sesuai juga dengan perkembangan zaman, misalnya melihat bagaimana sikap dan perilaku dari seseoraang . Alat pendidikan yang digunakan juga mendorong untuk proses pendidikan, misalnya gedung sekolah, kursi, meja, buku, dan lain sebagainya. Jadi, ketika hal ini semua terpenuhi proses pendidikan akan berjalan dengan baik.

e. Materi pendidikan

Dalam mencapai tujuan tertentu, maka hal yang sangat dibutuhkan adalah materi dalam pendidikan tersebut harus ditetapkan. Tujuannya agar ketika belajar di kelas peserta didik maupun pendidik tidak bingung dengan apa yang harus dilakukan. Dan untuk mempermudah hal ini bisa dilakukan dengan berpedoman terhadap kurikulum. 

f. Lingkungan pendidikan

Untuk melaksanakan pendidikan yang baik, maka kita memerlukan lingkungan yang baik. Artinya, pengaruh dari lingkungan tersebut berperan besar untuk menentukan keberhasilan atau kegagalan pendidikan yang dilakukan. Lingkungan pendidikan memperngaruhi perkembangan potensi yang ada pada peserta didik. Tempat atau liingkungan pendidikan, yakni Keluarga, Guru, dan Masyarakat. Keluarga adalah tempat pertama untuk seorang anak dalam berinteraksi dan belajar. Selain keluarga, lingkungan sekolah juga mempengaruhi perkembangan potensi seseorang. Kemudian, lingkungan masyarakat juga mempengaruhi perilaku dan kemampuan dari seorang peserta didik. Jika peserta didik lahir dilingkungan yang tidak baik maka kemungkin peserta didik tersebut akan terpengaruh yang tidak baik, namun sebaliknya jika lingkungannya baik maka peserta didik dapat menjadi baik pula.

Kesimpulan

Pendidikan sebagai suatu sistem adalah kumpulan dari beberapa elemen pendidikan yang memiliki hubungan keterkaitan satu sama lain. Dalam proses pendidikan tersebut yang menjadi komponen-komponennya adalah tujuan pendidikan, pendidik, peserta didik, materi atau isi, metode pendidikan, dan lingkungan pendidikan.  Dan untuk menghasilkan proses pendidikan yang baik pemerintah juga perlu membantu untuk melengkapi alat, media pendidikan, dan lain sebagainya. Agara semua rakyat Indonesia dapat merasakan pendidikan.

DAFTAR PUSTAKA

Koernianto, M.E. Kakok. 2019. Pendidikan Sebagai Suatu Sistem. Jurnal Kateketik dan Pastoral 4(1).

Ginanjar, M. Hidayat. 2013. "Urgensi Lingkungan Pendidikan Sebagai Mediasi Pembentukan Karakter Peserta Didik." Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam 02: 376--96. https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/37.

https://www.academia.edu/1962834/Pendidikan_Sebagai_Suatu_Sistem

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun