Mohon tunggu...
Yesi Hendriani Supartoyo
Yesi Hendriani Supartoyo Mohon Tunggu... Penulis - Peneliti

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN)

Selanjutnya

Tutup

Gadget Pilihan

Grab, Aplikasi Super yang Inklusif

1 Desember 2019   18:41 Diperbarui: 5 Desember 2019   12:51 208
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Kurang lebih ada sekitar 13 jenis layanan dalam aplikasi Grab yang kerapkali saya gunakan dalam keseharian untuk menunjang aktivitas. 

Grab menjadi pilihan bukan tanpa alasan. Selain karena kemudahan isi ulang saldo OVO melalui Internet Banking (tanpa dikenakan biaya administrasi!), Grab juga memberi kemudahan dalam hal beragamnya fitur yang disajikan. Apa saja keunggulan Super App Grab, sang #AplikasiUntukSemua yang #SelaluBisa memenuhi kebutuhan seorang ibu hamil sekaligus perempuan pekerja seperti saya? Cekidot!

Semisal, melalui layanan "Mobil" yaitu GrabCar. Saya sering menggunakan layanan ini sebagai transportasi sehari-hari terutama ketika pergi dan pulang kantor. Lokasi titik yang akurat memudahkan saya mengetahui dan menemukan lokasi driver Grab terdekat. Layanan ini juga dilengkapi dengan bukti Grab E-Receipt sebagai bukti transaksi yang dikirimkan via email setelah kita tiba di tempat tujuan. 

Ada satu hal menarik yang pernah saya alami ketika sedang dalam perjalanan ke kantor. Pagi itu, seperti biasa saya duduk di kursi tengah sembari mengecek pesan via email. Tiba-tiba driver nyeletuk "Maaf, Mba sedang hamil ya?". Saya pun tersenyum dan menjawab "Iya, Pak". 

Bapaknya langsung membalas sahutan saya "InsyaAllah menjadi anak yang cerdas dan sehat ya, Mba". "Aamiin, terimakasih banyak Pak", timpal saya. Alhamdulillah doa yang begitu indah di pagi hari yang cerah di Jakarta. Saya yakin Grab #SelaluBisa menghadirkan sosok driver yang beretika. Terimakasih telah menjadi #AplikasiUntukSemua.

dok: pribadi
dok: pribadi
dok: pribadi
dok: pribadi
Sebenarnya, pengalaman baik bersama jasa transportasi Grab tidak hanya sekali ini terjadi. Karena pada 2016 silam. Ketika saya masih berkantor di bilangan Senayan dan acapkali menggunakan layanan "Motor" yaitu GrabBike, saya pernah menerima notifikasi berupa himbauan dari Grab. 

Berisi pemberitahuan dan saran perihal aksi unjuk rasa yang terjadi ketika itu. Pihak Grab menginformasikan kepada para penumpang bahwa unjuk rasa telah melumpuhkan lalu lintas di beberapa lokasi. Sehingga Grab meminta agar para penumpang maupun driver tetap tenang dan tidak terprovokasi. 

Serta menjaga keamanan dan keselamatan diri maupun orang lain. Saya sangat tersentuh dan tentunya terbantu dengan himbauan tersebut. Sekali lagi, terimakasih Grab atas atensinya yang #SelaluBisa menjadi #AplikasiUntukSemua di tiap suasana.

dok: pribadi
dok: pribadi
dok: pribadi
dok: pribadi
Dikarenakan kebiasaan saya menggunakan jasa transportasi mobil dalam keseharian, dan sebagai bentuk perhatian Grab yang #SelaluBisa menjadi fitur #AplikasiUntukSemua konsumen. 

Saya sangat mengapresiasi layanan "Paket Hemat" yang ditawarkan. Tak ayal, saya pun memilih Paket Mobil berupa Paket Combo GrabCar. 

Pilihan Paket Mobil 20 seharga Rp 20 ribu per 2 minggu membuat saya menghemat hingga Rp 54 ribu. Paket ini terdiri dari voucher GrabCar, diskon Rp 7 ribu x 8 dan Rp 9 ribu x 2. Jadi, total ada 10 voucher yang bisa saya peroleh. Jadi, Nge-Grab bisa dengan lebih murah sekarang!

dok: pribadi
dok: pribadi
dok: pribadi
dok: pribadi
Selain motor dan mobil, kali ini tersedia layanan "eScooter" dari Grab. Saya memang belum pernah mencobanya, pasalnya dengan usia kandungan 7 bulan seperti sekarang ini, saya enggan mengambil risiko terkait dengan rasa penasaran tersebut, hehe. 

Maybe, next time! Tapi, saya penasaran juga mengecek lokasi terdekat eScooter milik Grab. Dan ternyata tempat parkir terdekat dari lokasi tempat tinggal adalah di Cikini, Kec. Menteng. 

Dengan harga sewa Rp 5 ribu per 30 menit, pengendara eScooter bisa menggunakan layanan tersebut dengan cara melakukan Scan. Metode ini membuat konsumen #SelaluBisa menggunakan layanan dari Grab #AplikasiUntukSemua.

dok: pribadi
dok: pribadi
dok: pribadi
dok: pribadi
Masih kaitannya dengan jasa transportasi, tapi dalam hal layanan yang cukup berbeda yaitu layanan "Pengantaran". Jadi ceritanya, saya melakukan belanja online dan memilih layanan pemesanan kurir antar GrabExpress Same Day -- Bike yaitu layanan antar yang memungkinkan barang yang saya pesan sampai di hari yang sama. 

Alhasil, saya memperoleh kode link yang ketika saya klik, saya akan langsung terhubung dengan data driver, progress barang pesanan, dan lokasi dimana driver berada sehingga memudahkan saya untuk melakukan tracking. Fitur ini #SelaluBisa memberikan kepastian jam berapa barang saya akan tiba, plus dilengkapi dengan foto/gambar barang pesanan. Salut deh Grab benar-benar menjadi #AplikasiUntukSemua.

dok: pribadi
dok: pribadi
dok: pribadi
dok: pribadi
Selain jasa transportasi, saya juga sering menggunakan layanan "Makanan" yaitu GrabFood. Sebagai perempuan pekerja kantoran, terkadang membeli menu makan siang menjadi hal yang rumit. Terlebih bila kita sedang berada dalam situasi yang tidak memungkinkan, misalnya dikejar deadline laporan. 

Membeli makan siang ke kantor kantin saja seakan menjadi hal yang membutuhkan usaha ekstra dan menyita waktu, hehe! Untung ada jasa pesan antar makanan melalui Grab, #AplikasiUntukSemua. 

Proses pemesanan pun sangat mudah, saya tinggal memilih lokasi restoran terdekat dari kantor dan melakukan pembayaran. Tanpa menunggu waktu lama, driver akan #SelaluBisa membantu kita membeli makanan dan mengantarkannya ke kantor.

dok: pribadi
dok: pribadi
dok: pribadi
dok: pribadi
Masih kaitannya dengan makanan, tapi kali ini tentang layanan "Belanjaan" yaitu GrabFresh. Pasti yang namanya ibu-ibu acapkali disibukkan dengan belanja mingguan/bulanan secara grosir. Untunglah Grab #SelaluBisa memahami kebutuhan para ibu tersebut. Saya salah satu konsumen yang sangat terbantu. 

Melalui layanan GrabFresh saya dapat memilih lokasi toko terdekat untuk belanja dan memenuhi stok asupan gizi saya selama hamil. Saya pun memilih toko Re.juve Grand Indonesia dan kategori susu almond yang saya butuhkan. Metode pembayarannya ialah Cash on Delivery (COD). 

Menariknya ialah saya dapat memilih waktu pengantaran dan jam berapa barang tersebut harus saya terima. Melalui Order Status, saya juga dapat memantau konfirmasi pemesanan hingga barang diterima. Dan barang pesanan saya memang tiba tepat waktu berkat Grab #AplikasiUntukSemua.

dok: pribadi
dok: pribadi
dok: pribadi
dok: pribadi
dok: pribadi
dok: pribadi
dok: pribadi
dok: pribadi
Selain perihal kebutuhan pangan sebagai sesuatu yang bersifat primer, satu hal yang tak pernah terpisahkan juga dari kehidupan sehari-hari ialah tentunya: Pulsa. Karena tanpa pulsa, tidak mungkin bisa saya menghubungi driver Grab untuk menanyakan sudah dimana posisi berada? Untunglah Grab melalui layanan "Pulsa" memberikan saya kemudahan membeli pulsa kapanpun, dimanapun dan berapapun nominalnya. Grab memang #SelaluBisa menjadi andalan #AplikasiUntukSemua.

dok: pribadi
dok: pribadi
Setelah penat bekerja, terkadang kita membutuhkan me time bersama keluarga tercinta di akhir pekan. Pilihan yang tepat ialah dengan menonton bioskop. 

Melalui layanan "Tiket" yaitu BookMyShow yang disediakan Grab, memudahkan saya #SelaluBisa membeli tiket nonton film kesukaan di bioskop terdekat. 

Semisal, pada Minggu 1 Desember saya dan suami memutuskan untuk menonton film Ford v Ferrari di bioskop dekat apartemen kami yaitu CGV Green Pramuka Mall. Kami pun memilih tiket Sweetbox pukul 10.45. Menariknya adalah kami memperoleh promo diskon nonton film di CGV sebesar Rp 25 ribu. Lumayan! Terimakasih Grab #AplikasiUntukSemua.

dok: pribadi
dok: pribadi
dok: pribadi
dok: pribadi
dok: pribadi
dok: pribadi
Terkadang me time juga tidak perlu keluar rumah, saya dan suami senang berdiam diri di apartemen dan menonton tayangan via gadget. Melalui layanan "Video" yang memberikan tayangan channels, film (Hooq) dan acara TV secara free dan/atau berbayar, kami #SelaluBisa menonton acara kesukaan kapanpun dan dimanapun berada. Me time kami pun menjadi semakin berkualitas berkat Grab #AplikasiUntukSemua.

dok: pribadi
dok: pribadi
Selain me time dengan menonton bioskop dan/atau tayangan digital, saya dan suami juga kerapkali melakukan staycation. Untunglah Grab melalui layanan "Hotel" #SelaluBisa memberikan kemudahan untuk melakukan pemesanan hotel. Melalui fitur Agoda dan Booking.com membuat saya lebih mudah mengecek harga dan ketersediaan kamar. 

Semisal, saya melakukan pengecekan kamar di Swiss-Belhotel Mangga Besar untuk tanggal 14 Desember selama 1 malam. Agoda mmeberikan informasi harga Rp 937.190 per malam. Sedangkan Booking.com memberi informasi harga sebesar Rp 1,2 juta per malam. Tentunya ini memudahkan saya melakukan perbandingan harga dan membuat keputusan dalam rangka pemesanan kamar hotel melalui Grab #AplikasiUntukSemua.

dok: pribadi
dok: pribadi
dok: pribadi
dok: pribadi
Jujur, Grab juga sangat membantu saya di masa kehamilan ini. Lho? Kok bisa? Ya, melalui layanan "Kesehatan" di GrabHealth. Saya diberikan kemudahan melakukan konsultasi kesehatan dengan dokter spesialis andalan secara live chat. Saya cukup mengisi biodata diri sebagai klien/pasien. 

Saya lalu memilih dokter spesialis kebidanan dan kandungan yaitu dokter Teuku Muhammad Iskandarsyah yang sudah berpengalaman selama 14 tahun. Menariknya, sedang ada promo sebesar Rp 90 ribu untuk konsultasi. Jadi, saya hanya cukup membayar Rp 10 ribu saja! Setelah melakukan konfirmasi pembayaran, saya #SelaluBisa langsung berkonsultasi dengan dokter tentang gejala kesehatan apa yang saya alami khususnya terkait dengan kehamilan memasuki Trimester III melalui Grab #AplikasiUntukSemua.

dok: pribadi
dok: pribadi
dok: pribadi
dok: pribadi
dok: pribadi
dok: pribadi
dok: pribadi
dok: pribadi
Bala bantuan aplikasi Grab tidak terhenti sampai disitu, setelah layanan transportasi, pengantaran, hiburan dan jasa konsultasi. Grab sebagai #AplikasiUntukSemua juga menyediakan layanan "Jasa Rumah". 

Sebagai perempuan pekerja, sekaligus berperan ganda mengurus keluarga, tanggung jawab dalam rumah tangga tidak boleh terlupa. Mengingat saat ini saya tengah berbadan dua, maka layanan yang ditawarkan oleh Grab melalui Sejasa.com sangat #SelaluBisa membantu saya khususnya dalam hal daily cleaning. 

Tanpa menunggu waktu lama, saya melakukan pemesanan layanan kebersihan selama 2 jam seharga Rp 120 ribu (membayar tanpa memerlukan uang tunai/OVO). Adapun perusahaan jasa cleaning yang bertugas ialah PT Kertajaya Cemerlang. Notifikasi konfirmasi pemesanan dan invoice pelunasan pembayaran dikirimkan melalui SMS dan email.

dok: pribadi
dok: pribadi
dok: pribadi
dok: pribadi
dok: pribadi
dok: pribadi
dok: pribadi
dok: pribadi
dok: pribadi
dok: pribadi
dok: pribadi
dok: pribadi
Demikianlah cerita dan ulasan terkait dengan pengalaman menggunakan fitur layanan dari aplikasi Grab. Mengingat Indonesia menjadi pangsa pasar terbesar jasa layanan transportasi online di Kawasan Asia Tenggara hingga 2025 mendatang. Maka, hal ini menjadi peluang bagi Grab untuk terus eksis dan berkontribusi melalui layanan Super App yang inovatif. 

Khususnya peningkatan brand performance dalam hal Image, Loyalty, Performance dan Engagement. Pun, Katadata melansir bahwa di tahun 2019 ini pangsa pasar Grab di Indonesia terbilang yang paling unggul. Alhasil, Grab menjadi alternatif layanan #AplikasiUntukSemua. Grab pastinya #SelaluBisa!


cat: tulisan diikutsertakan dalam Grab x Kompasiana Blog Competition Satu #AplikasiUntukSemua

dok: kompasiana
dok: kompasiana

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun