Perkembangan sektor jasa keuangan Indonesia salah satunya didukung oleh peningkatan inklusi keuangan (aksesmasyarakat terhadap layanan jasa keuangan). Peningkatan tersebut merupakansalah satu bentuk keberhasilan pembangunan karena sistem keuangan mampumenjangkau dan memberi manfaat lebih banyak ke masyarakat.Â
Meningkatnya akses masyarakat terhadaplayanan jasa keuangan (inklusi keuangan) merupakan agenda penting pemerintah. Aksesterhadap layanan keuangan merupakan hak seluruh masyarakat Indonesia, tanpaterkecuali. Termasuk diantaranya mereka yang tergolong sebagai generasi digitaldan milenial tanah air Indonesia.
Untuk mendukung hal tersebut, pemerintahmelalui Peraturan Presiden No. 82/2016 tentang Strategi Nasional KeuanganInklusif telah berupaya melakukan implementasi yang terpadu guna mencapaitarget indeks keuangan inklusif yaitu persentase jumlah penduduk dewasa yangmemiliki akses layanan keuangan pada lembaga keuangan formal sebesar 75 persenpada akhir tahun 2019.
Arah kebijakan jasa keuangan adalahmeningkatkan pembiayaan pembangunan melalui perluasan inklusi keuangan sehinggaakses keuangan masyarakat semakin meningkat. Untuk mempercepat inklusikeuangan, dibutuhkan langkah-langkah strategis yang akan dilaksanakan dalamkerangka Strategi Nasional Keuangan Inklusif.Â
Pada dasarnyakeuangan inklusif dilakukan untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap jasakeuangan serta peningkatan literasi masyarakat di bidang keuangan. Sejalandengan pengaturan di bidang makroprudensial guna memperkuat stabilitas sistemkeuangan, capaian penting yang dilakukan oleh Bank Indonesiadiantaranya ialah dengan meningkatkan akses keuangan.
Economic Challenges dalam tayangannya "Menyambut Era Perdagangan Digital"  menjelaskan secara detailkaitannya dengan arah kebijakan utama sektor keuangan diantaranya yaitupengelompokan ke dalam tiga koridor antara lain: Pemeliharaan stabilitas sistem keuangan;Penguatan ketahanan dan daya saing sektor keuangan/perbankan; danKebijakan penguatan fungsi intermediasi. Peningkatan akses layanan keuangan dapat dilakukan melalui cara non konvensional semisal melalui pemanfaatan teknologi informasi.
Berkenaan dengan hal tersebut, langkahinovatif yang dilakukan oleh pihak perbankan seiring sejalan dengan hasilpenelitian berjudul "The Digital Komodo Dragon: Cara Indonesia Bisa MenangkapPeluang Perdagangan Digital Domestik dan Luar Negeri", diantaranya berfokuspada layanan keuangan.Â
Indonesia merupakan salah satu negara dengan tingkat inklusikeuangan terendah saat ini, sekitar kurang dari 50 persen populasi orang dewasayang baru memiliki akses terhadap produk perbankan. Hal ini tentu menjadi salah satu peluang yang perlu dioptimalkan.
Di satu sisi, meskipun bankkonvensional terus menjadi pendorong utama inklusi keuangan saat ini,berdasarkan sebaran geografis di Indonesia, kepemilikan perangkat seluler yangtinggi, dan pasar remitansi yang aktif, ada potensi besar bagi produk layanankeuangan digital dan uang seluler lainnya, yang menawarkan keandalan transferyang lebih baik dan biaya transaksional yang rendah di pasar Indonesia.
Bank Tabungan Negara (BTN) merupakan Badan Usaha Milik Negara berbentuk Perseroan Terbatas (PT) dan bergerak di bidang jasa keuangan perbankan (Himbara). Bank BTN terus berupaya melakukan transformasi daritahun ke tahun serta turut serta dalam upaya transformasi digital gunameningkatkan layanan perbankan.
Perkembangan teknologi danpertumbuhan ekonomi yang semakin dinamis membawa Bank BTN untuk merangkul generasidigital dan milenial karena keberadaan generasi digital dan milenial dipandang pentinguntuk kemajuan dunia properti di Indonesia pada masa mendatang. Bank BTNberkomitmen untuk melayani dan memfasilitasi keluarga Indonesia dalam sektorperumahan dan keuangan.
Roadmap transformasi Bank BTN terbagi atas 3 tahapan transformasi. Tahap transformasi 1 merupakan Periode Survival (tahun 2013 -- 2015). Pada tahap ini terjadi lompatan transformasi dipicu oleh Program Satu Juta Rumah.Â
Selanjutnya, pada tahap transformasi 2 yang merupakan Periode Digital Banking (tahun 2015 -- 2019), tahap transformasi ini didukungoleh bisnis yang lebih kuat, infrastruktur dan Sumber Daya Manusia (SDM). Halini seiring sejalan dengan fenomena dan peluang ekonomi digital yang tengahterjadi saat ini di kalangan generasi digital dan milenial.
Adapun Visi Bank BTN ialah menjadi "Bank perumahanterkemuka di Indonesia dengan layanan kelas dunia". Tujuannya, agar semakinbanyak menjangkau masyarakat indonesia untuk memenuhi kebutuhannya, khususnyauntuk memiliki rumah yang terjangkau dengan mudah.
Upaya Bank BTN untuk melakukan transformasi perbankan digital guna meningkatkan layanan perbankan juga  dapat diamati diantaranya melalui aplikasi kekinian bernama "BTN Digital Solution"  yang mampu memberikan kemudahan bertransaksi perbankan.
Aplikasi ini merupakan produkterbaru dari Bank BTN guna memberikan kemudahan terhadap para nasabah/pengguna khususnya para generasi digital dan milenial dalam mengakses seluruh produk e-BankingBTN.Â
Bank BTN berupaya memberikan solusi digital melalui layanan E-Commerce ternama tanah air diantaranya Blanja.com, JD.ID, Tokopedia.com, Lazada.co.id, Bukalapak, OLX.co.id, ZALORA Indonesia, elevenia, Bhinneka.com, MatahariMall.comdan lainnya.
Selain layanan E-Commerce, para generasi digital dan milenial tentu sangat tertarik dengan fitur Promo. Bank BTN menangkap peluang tersebut dan menjadikan fenomena tersebut sebagai langkah guna meningkatkan laayanan perbankan melalui transformasi digital bank. Bank BTNÂ terus memberikanpromo dan hadiah yang menarik.Â
Aplikasi BTN Digital Solution kerap memberikan informasi promomelalui KPR/Kredit, e-Banking,Kartu/Tabungan dan event yang diselenggarakan.Â
Bank BTN juga senantiasa berpegang teguhpada jargon "Sahabat Keluarga Indonesia". Sehingga layanan perbankan yangdiberikan pun berlandaskan rasa persahabatan dan kekeluargaan. Hal ini terlihat dari desainkartu Bank BTN yang dapat dirancang sesuai keinginan.Â
 Para generasi digital dan milenial dapat menuangkan ide dan daya kreativitas yang dimiliki melalui layanan kartu suka-suka yang diberikan oleh Bank BTN. Kaitannya dengan upaya menabung, BTN Digital Solution memberikan kemudahan melakukan pembukaan rekening secara online. Hal ini sangat memudahkan para generasi digital dan milenial untuk membuka rekening secara online dimana saja dan kapan saja.
Satu hal yang menarik dari aplikasi BTN Properti ini ialah tersedianyainformasi "Simulasi". Hal ini tentunya sangat memudahkan para generasi digital dan milenial untuk melakukan pembelian properti impian.Â
Sebagai bagian dari generasi digital dan milenial yang terlahir di era 1980-an, saya merasa perlu untuk terlibat dan ikut serta merasakan layanan yang disuguhkan oleh Bank BTN.Â
Jadi, pada Rabu 13 Februari 2019 saya memutuskan untuk mengunjungi Bank BTN Kantor Cabang Pembantu Kantor Pos Pasar Baru. Oleh pihak Customer Service (CS), saya diberikan penjelasan tentang produk tabungan yang dimiliki oleh Bank BTN. Satu hal yang menarik yaitu Bank BTN bekerjasama dengan Pos Indonesia meluncurkan produk tabungan e'BATARAPOS.Â
Saya lantas membuka tabungan e'BATARAPOS dengan beragam kemudahan yang dimiliki antara lain setoran awal ringan yaitu sebesar Rp 50 ribu. Selain itu, produk tabungan ini bebas biaya administrasi bulanan.
 Hal yang paling menarik yaitu proses penabungan dapat dilakukan di Kantor Pos seluruh Indonesia sehingga nasabah dapat menabung di hari Sabtu dan Minggu. Menariknya, nasabah juga memperoleh kartu ATM Debit Visa dan kartu debit berlogo GPN. Pihak CS juga membantu aktivasi BTN iMobile untuk kemudahan melakukan transaksi via mobile banking.
Sehingga BTN Digital Lifestyle diharapkan dapat menyatudengan para penggunanya dan dapat menjadi sahabat para generasi digital dan milenial.
Oleh karenanya, peningkatan akseskeuangan bagi masyarakat harus terus dilaksanakan melalui kebijakan keuanganinklusif guna tercapainya kesejahteraan ekonomi. Pun, Bank BTN dalam menyambut era transformasi digital dan menuju Periode Global - Playership pada tahun 2025 mendatang diharapkan dapat berdampakterhadap masyarakat khususnya generasi digital dan milenial guna memperoleh kemudahan layanan transaksi perbankan digital.
Demikian momen berkesan saat menjadi nasabah Bank BTN. Semoga Bank BTN di usianya yang ke 69 tahun dapat terus mengabdi untuk negeri dan menjadi sahabat generasi digital dan milenial di era digitalisasi perbankan tanah air Indonesia. Selamat HUT BankBTN yang ke -Â 69!Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H