Pada hari Rabu, 30 April 2018 silam saya bergegas menuju kantor pusat Bank Ganesha yang berlokasi di Jalan Hayam Wuruk No. 8, Jakarta Pusat. Ketika itu bertepatan jam makan siang sehingga saya bisa melipir sebentar dari kantor yang berlokasi di Senen.
Tak dinyana, ternyata pada hari dan tanggal tersebut bertepatan juga dengan peringatan hari ulang tahun Bank Ganesha yang ke-26 (Fyi, Bank Ganesha beroperasi sejak 30 April 1992).Â
Visi Bank Ganesha untuk menjadi "Everyday Bank" pada tahun 2020 mendatang telah melayani nasabah dengan beragam produk inovatif. Alhasil, saya seakan merasa menjadi calon nasabah baru yang paling beruntung ketika itu.
Setibanya di Bank Ganesha, saya disambut ramah oleh petugas yang mempersilahkan saya untuk mengambil nomor antrian dan menanyakan keperluan. Setelah itu saya diarahkan untuk langsung menuju ke meja customer service guna memperoleh bantuan terkait pembukaan rekening baru.
Saya dibantu oleh Mbak Novitasari W untuk membuka rekening di Bank Ganesha. Pertama-tama, Mba Novitasari menjelaskan tentang produk apa saja yang dimiliki oleh Bank Ganesha serta menanyakan terkait kebutuhan apa yang saya perlukan dalam membuka rekening agar nantinya dapat disesuaikan dengan produk yang dimiliki oleh Bank Ganesha sehingga saya dapat memperoleh produk tabungan yang tepat sesuai kebutuhan.
Dari beragam produk semisal Giro Ganesha Active, Flexi Safe Link, Obligasi Negara Ritel Seri ORI014, dan lain sebagainya saya lalu memilih produk Tabungan Ganesha.Â
Mba Novitasari lantas mempersilahkan saya untuk mengisi beberapa lembar formulir aplikasi pembukaan rekening dan formulir aplikasi data nasabah perorangan.
Sembari menunggu, saya membaca beberapa pamflet tentang produk Bank Ganesha. Lalu, tiba-tiba saya disapa dengan ramahnya oleh salah seorang Manager Bank Ganesha. Sebagai seorang nasabah baru, tentunya hal tersebut sangatlah menyenangkan dan... membanggakan! Hal ini merupakan pelayanan yang sangat memuaskan terhadap nasabah.
Tak lama kemudian kartu ATM dan Buku Tabungan Bank Ganesha milik saya pun akhirnya jadi. Serunya lagi, kartu ATM yang saya peroleh tersebut telah menggunakan chip dan logo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN)! Yang mana logo GPN ini merupakan terobosan baru yang dicanangkan oleh Bank Indonesia (BI). Bangga!
Hal ini guna menjawab kebutuhan nasabah di era digital. Selain kemudahan dalam bertransaksi dengan menggunakan fasilitas kartu ATM berlogo GPN dan aplikasi BANGGA, Bank Ganesha juga menyediakan fitur G-money. Mba Novitasari membantu saya dalam melakukan aktivasi aplikasi dan fitur tersebut.
Sedangkan G-money merupakan uang elektronik untuk segala transaksi online yang mengusung jargon "Uang Jaman Sekarang". Adapun langkah mudah mendapatkan G-money dapat dijelaskan yaitu sebagai berikut: Download aplikasi G-money di Playstore/App Store; Aktivasi dengan melakukan cek email yang didaftarkan untuk mengaktifkan akun G-money. Klik aktifkan G-money ID yang terdiri dari 10 digit angka; dan Top up saldo G-money sebelum digunakan.
Token akan valid selama 30 menit; Minta kasir, berikan 6 digit token dan kita tinggal menyebutkan nominal yang diinginkan; Transaksi sukses! Kita lalu dipersilahkan untuk menyimpan bukti transaksinya.
Kegunaan fitur G-money sangat beragam semisal untuk: Belanja; Beli pulsa; Promo merchant; Voucher; Tagihan; QR Code scanner; Transfer; Tarik tunai; Minta dana; dan Investasi. G-money juga sangat memudahkan kita untuk melakukan belanja online!
Tren digital semakin menunjukkan eksistensinya, tidak terkecuali sebagaimana yang dilakukan oleh Bank Ganesha. Berdasarkan data, jumlah bank penyelenggara layanan keuangan digital selang periode 2014-2015 terus meningkat.
Oleh karenanya, Bank Ganesha juga memberikan layanan fasilitas tabungan Ganesha MAPCLUB yaitu produk tabungan Bank Ganesha yang menawarkan keuntungan memperoleh kesempatan belanja gratis di outlet MAP dengan semakin banyaknya poin yang dikumpulkan. Hal ini tentu serta merta akan menjadi insentif guna meningkatkan minat masyarakat untuk giat menabung.
Referensi:
- https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2017/10/25/separuh-pembayaran-e-commerce-indonesia-menggunakan-transfer-bank
- https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2016/08/08/jumlah-bank-penyelenggara-layanan-keuangan-digital-2014-2015
- https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2017/03/02/pergeseran-minat-nasabah-akan-transaksi-keuangan-perbankan
Facebook: Yesi Hendriani Supartoyo
Twitter: @yesihendriani
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H