Pertama-tama, ucapan terimakasih sebesar-besarnya saya haturkan kepada Bapak H. Soeprapto Suparno selaku pendiri perusahaan. JNE mungkin tidak akan setenar sekarang tanpa perjuangan dan kerja keras beliau. Tak terasa telah 24 tahun lamanya JNE melayani para pelanggan setia. Usia yang terbilang cukup matang untuk berekspansi. Tak heran JNE kerap menjadi pilihan terbaik karena sejalan dengan visi perusahaan yaitu menjadi Perusahaan Rantai Pasok Global Terdepan di DUNIA. Misi yang diemban pun dilaksanakan dengan sepenuh hati yaitu Memberi Pengalaman Terbaik kepada Pelanggan Secara Konsisten. Serta tak luput memegang nilai-nilai dasar berupa jujur, disiplin, tanggung jawab dan visioner sehingga mampu mengantarkan JNE ke pintu gerbang kejayaan 24 tahun lamanya. Mungkin sedikit berbagiself experience selama menjadi pelanggan JNE, yang kerap kali saya gunakan sebagai salah satu pilihan ekspedisi pengiriman barang terbaik khususnya untuk online shopsaya dalam rangka meluaskan jangkauan usaha sejak 2011 silam. JNE menjadi pilihan karena prosesnya sangat mudah dengan waktu pengiriman yang sangat efisien dan dapat dikondisikan sesuai kebutuhan. Proses pengiriman barang ke konsumen menuntut tingkat keefisienan dan keefektifan yang tinggi. Hal ini semata-mata demi memberi kepuasan kepada para konsumen. Tak pelak saya membutuhkan perusahaan ekspedisi yang bisa memenuhi semua kebutuhan saya demi memuaskan konsumen dan untungnya JNE mampu memenuhi itu semua. Terimakasih, JNE!
Online shop yang saya geluti semenjak 2011 silam sejak masih berada di Manado sering menggunakan layanan JNE dimana jaringannya di Provinsi Sulawesi Utara, Kota Manado terdiri dari 1 cabang dan memiliki 3 agen.
[caption id="attachment_373179" align="aligncenter" width="549" caption="Sumber: jne.co.id"][/caption]
Selain melakukan pengiriman barang melalui JNE (untuk usaha online shop yang saya geluti), saya juga kerapkali melakukan belanja onlinedan memposisikan diri sebagai konsumen yang ingin terlayani secara puas. Seperti tempo hari, saya belanja online melalui hijabenka/berrybenka dan ternyata mereka berpartner dengan JNE sebagai pilihan tim ekspedisi.
[caption id="attachment_373184" align="aligncenter" width="406" caption="Online shop melalui partner ekspedisi JNE"]
Maka, dengan mudahnya saya dapat mengetahui status pesanan saya melalui website JNE dengan memasukkan Airway Bill pada kolom yang tersedia, seperti tampak di bawah ini:
[caption id="attachment_373185" align="aligncenter" width="607" caption="Trace and Tracking"]
Selanjutnya, akan muncul hasil berupa STATUS pengiriman barang kita.
[caption id="attachment_373187" align="aligncenter" width="620" caption="Tracking status ON PROCESS"]
Selang sehari setelah saya mengecek status pengiriman barang pesanan saya, eh keesokan harinya barang sudah tiba dengan selamat, tak kurang sesuatu apa pun. Dan saya cek kembali statusnya di website JNE, jne.co.id benar saja, statusnya telah berubah :)
[caption id="attachment_373188" align="aligncenter" width="520" caption="Tracking status DELIVERED"]
Informasinya sangat lengkap! Melalui kolom Tracking ini, kita bisa mengecek status kita beserta pengiriman pesanan barang kita lengkap dengan nama, alamat tujuan, tanggal penerimaan, diterima oleh siapa dan statusnya apa. Alhamdulillah barang pesanan saya tiba dengan selamat melalui pengiriman reguler, diterima oleh Pak Uci (penjaga kosan) pada tanggal 6 November lengkap dengan jam nya yaitu pukul 5 sore.
Pola Tracking seperti ini tentu memudahkan dan meningkatkan kepercayaan konsumen baik terhadap perusahaan online itu sendiri maupun perusahaan ekspedisi. Sekali lagi terimakasih JNE, sepertinya misinya benar-benar tersampaikan untuk memberi pengalaman terbaik secara konsisten kepada konsumen. Semoga saja kedepannya semakin konsisten pula dalam melayani dan menjunjung tinggi nilai-nilai dasarnya. Selamat menempuh perjalanan seperempat abad. Sukses!
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H