Mohon tunggu...
Yentita U.S
Yentita U.S Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

I'm a Indonesian college student in film & television major. nice to meet you!

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Digitalisasi Sektor Jasa sebagai Bentuk Modernisasi

28 Oktober 2023   14:34 Diperbarui: 28 Oktober 2023   16:01 264
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Perkembangan modernisasi pada saat ini terus melesat hingga menyentuh banyak sector dalam kehidupan masyarakat baik dalam bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi, hingga jasa. Perkembangan ini membawa banyak dampak positif bagi kehidupan masyarakat. Salah satu bidang yang digandrungi saat ini yaitu digitalisasi dalam sector jasa. Digitalisasi dalam sector jasa ini memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk mendapatkan jasa dengan lebih mudah dan praktis. 

Banyak sekali aplikasi-aplikasi online yang menawarkan kemudahan dalam menyewa jasa. Sebagai contoh dalam aplikasi belanja online pelanggan akan lebih mudah untuk membeli barang hanya dengan membuka aplikasi di ponsel dan memilih barang yang ingin dibeli. Selain itu kebanyakan aplikasi belanja online banyak menawarkan barang dengan harga yang murah dan berkualitas serta menerapkan adanya sistem voucher. Aplikasi belanja online ini mempermudah masyarakat dalam belanja tanpa harus datang ke tokonya karena barang akan diantarkan oleh kurir langsung ke alamat tujuan sehingga menjadi lebih praktis. 

Selain aplikasi belanja online ada juga aplikasi lain yaitu ojek online yang mempermudah dalam hal transportasi. Lagi-lagi hanya dengan mengklik aplikasi dan menentukan alamat tujuan pelanggan akan lebih mudah dalam berpergian dengan menggunakan motor ataupun mobil. Selain itu aplikasi ojek online sekarang ini telah berkembang pesat sehingga akan lebih mudah dalam menyewa jasanya dimana saja dan kapan saja. Keunggulan lainnya yaitu tidak hanya mengantarkan pelanggan, ojek online ini juga bisa mengantarkan barang dan juga makanan dengan cara memesan terlebih dahulu di aplikasi. Hal ini tentunya sangat bermanfaat bagi seseorang yang tidak memiliki waktu banyak untuk memasak ataupun ingin mendapatkan hal yang lebih praktis.

Kemudian dari uraian di atas kita bisa menilai beberapa kekurangan dan kelebihan dari digitalisasi sector jasa antara lain kelebihannya yaitu

  1. Tarifnya murah dan transparan

  2. Lebih hemat waktu dan tenaga

  3. Aman dan terpercaya

  4. Bisa membayar non tunai

  5. Hemat tenaga dan waktu

  6. Pilihan variatif

  7. Mudah menemuka barang yang diinginkan

  8. Proses pembayaran mudah dan cepat

  9. Mendapat potongan harga

Itulah tadi kelebihan dari digitalisasi sector jasa. Selanjutnya yaitu terdapat beberapa kekurangan dari sector jasa yaitu

  1. Produk tidak sesuai

  2. Lebih boros

  3. Rawan pnipuan

  4. Resiko barang hilang atau rusak

  5. Pengiriman lama

  6. Jaringan sering bermasalah

  7. Kurangnya pemahaman driver terhadap keselamatan berkendara

  8. Hati-hati kemungkinan data tersebar

Itulah tadi hal-hal yang berkaitan dengan digitalisasi sector jasa yang berkembang dalam masyarakat.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun