1.1..kONEKSI antar materi-kesimpulan dan reflesi - Penerapan Modul 1.1
Kesimpulan dan Refleksi Pemikiran Kihajar Dewantara
Yeni Yuliani S
TK ASY SYARIFIYAH
CGP ANGKATAN 11 Kabupaten Garut
Sebelum mempelajari Modul 1.1
Pemikiran lama
Anak adalah lmbaran kertas kosong yang bis akita tulis dengan Tulisa dan gamba
Pokus pada penyelesaian Materi
Lebih pokus pada kemampuan kognitif anak
Anak yang pandai adalah anak yang sering mendapatkan nilai 100
Setelah saya mempelajari modul 1.1
Perubahan pemikiran
Pendidikan adalah menuntun
Pendidikan berpihak kepada Anak
PENDIDIKAN MENUNTUN
Pendidikan Menuntun siswa mencapai keselamatan dan kebahagiaan anak
Pendidikan menuntun anak memperbaiki laku dan budi pekerti
Guru sebagai pamong,menuntun siswa dengan semboyan ,Inggarso sing tulodho,ingmadya Mangun Karsa,Tutwuri handayani
PENDIDKAN SESUAI KODRAT ALAM DAN KODRAT ZAMANNYA
Salah satu kodrat anak adalah bermain maka proses pembelajaran dapat di lakukan melalui bermain
Pendidikan berpusat pada Anak
Pendidikan terus berkembang sesuai perkembangan Zaman
Pendidikan berpihak kepada anak Pendidikan di lakukan penuh kasih dan saying juga perhatian dan memberikan Hak Hak anak .
PENERAAPAN PEMBELAJARAN SESUAI KIHAJAR DEWANTARA
Pembentukan karakter siswa mwlalui pemebelajaran dengan metode pembiasaan
Kegiatan pembelajaran yang inovatif,melakukan metode pembelajaran “Bermain Seraya Belajar”
Mengembangkan Bakat siswa melalui Ekskul dan memberikan kesempatan kepada anak untuk tampl dqan menampilkan hasil karya yang anak buat ,agar anak tumbuh rasa percaya dirinya
Terimakasih
Yeni Yuliani S
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H