Mohon tunggu...
Yeni Tetriyana
Yeni Tetriyana Mohon Tunggu... Guru - Guru SMA Pelita Raya

Hobby menulis memasak dan kuliner

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Song Interpreting

7 Oktober 2022   20:45 Diperbarui: 7 Oktober 2022   20:49 520
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Latar Belakang

Hal tersulit yang saya sering temukan di dalam kelas ketika membelajarkan siswa adalah bagaimana membelajarkan siswa untuk mengungkapkan kosa kata-kosa kata bahasa inggris.. Sebagian besar siswa mengucapkan kosa kata bahasa inggris secara tidak tepat sehingga kosa kata tersebut tidak bisa dipahami atau juga mengarah ke arti yang lainnya yang tidak sesuai dengan apa yang mereka maksudkan sebenarnya Bahkan ada diantara peserta didik memiliki sedikit sedikit sekali kosa kata yang dimilikinya yang lebih miris lagi mereka tidak membawa bahkan tidak memiliki kamus. Kadang- kadang saya merasa pesimis dengan situasi seperti itu bagaimana cara saya supaya peserta didik kelas satu bisa memiliki pembendaharaan kata yang banyak tetapi menyenang.

Memiliki kosa kata ini sangatlah penting karena hal ini berhubungan dengan kemampuan berbahasa inggris. Jika peserta didik ingin menyampaikan sesuatu dalam bahasa inggris, tentunya mereka harus dapat mengucapkan semua kosa kata secara tepat supaya bisa dipahami. Manfaat dari Penguasaan Pembendaharaan kata - Vokabulary atau jika kita artikan dalam bahasa Indonesia adalah Pembendaharaan kata rupanya memiliki manfaat yang sangat banyak dan ini sangat penting kita ketahui khususnya bagi peserta didik yang ingin sekali mengusai skill bahasa Inggris. Dengan mengetahui manfaat yang cukup banyak ini, tentunya akan menambah movitasi kita dalam menghafal Vocabulary serta mampu membentuk kalimat-kalimat utuh dari vocabulary yang sudah di kuasai.

 Berdasarkan dari berbagai penelitian rupanya dengan banyak menguasai pembendaharaan kata Bahasa Inggris mampu meningkatkan IQ namun sebelum membahas lebih jauh mengenai manfaat Vocabulary sebaiknya kita simak dulu penjabaran saya terkait salah satu hasil penelitian yang menyatakan bahwa pengetahuan tentang 20 prefix dan 14 root (kata dasar) ditambah kemampuan menggunakannya maka itu akan dapat membantu seseorang memahami lebih dari 100.000 kata.

 Dan hasil lain dari penelitian itu juga menyatakan semakin besar prefix dan root yang dipahami oleh seseorang maka akan semakin besar juga Pembendaharaan yang bisa ia kuasai. Semisal seseorang memahami kurang lebih 29 prefix dan 25 root maka ia akan mampu memahami kata dalam bahasa Inggris sebanyak 125.000 kata. Tentunya untuk menguasai pembendaharaan kata (vocabulary) maka terlebih dahulu kita harus belajar terkait prefix dan root dan juga harus memahami kelas kata sebagaimana telah dijelaskan pada pelajaran "Part Of speech".

 Baiklah, kita lanjut lagi pada pokok pembahasan mengenai manfaat dari penguasaan Vocabulary. Dengan banyak vocabulary otomatis peserta didik lebih mudah mengusai dan memahami bahasa inggris dan juga akan lebih memudahkan peserta didik dalam mengembangkan skill berbicara, membaca, menulis dan mendengar.

 Vocabulary atau Perbendaharaan Kata, maksud saya berapa banyak kata-kata bahasa Inggris yang kita kuasai, tentu saja mencerminkan apakah kita benar-benar bisa berbahasa Inggris atau bisa sedikit sekali bahasa Inggris. Kalau orang yang bahasa aslinya adalah bahasa inggris seperti orang Inggris atau orang Amerika, bisa jadi mereka menguasai semua kata bahasa inggris, karena itulah mereka bisa ( MOTHER TOUNGE).

 Apakah membanggakan dan menguntungkan jika mempunyai vocabulary atau perbendaharaan kata yang banyak dalam bahasa inggris? Pasti!. Keuntungan punya banyak vocabulary ini seperti punya banyak uang, sehingga waktu kursus bahasa inggris dulu saya dapat istilah ini "More Money You have, more things you can buy. More vocabulary you have, more things you can say". Artinya, semakin banyak yang yang kita punya semakin banyak yang bisa kita beli, semakin banyak perbendaharaan kata yang kita punya semakin banyak pula yang dapat kita katakan" tentu yang dapat kita katakan dalam bahasa inggris. 

Seperti sewaktu kita shopping dan membeli lebih banyak barang-barang? punyailah lebih banyak uang. Senang menjadi orang yang dengan lancar bisa berbicara atau menulis dalam bahasa inggris? Punyailah perbendaharaan kata bahasa inggris yang banyak. Punya sedikit uang, jangan harap bisa banyak shopping, tak punya uang apalagi. Jika vocabulary sedikit, jangan harap bisa bisa lancar bahasa inggris, tanpa vocabulary sama sekali maka artinya tidak bisa bahasa inggris.

 Nah, kalau benar-benar berniat untuk bisa bahasa inggris, segera ambil langkah agar setiap hari perbendaharaan kata bahasa inggris kita semakin banyak. Caranya tentu sangat bervariasi. Ada orang yang menghapalkan kamus juga loh. Bagaimana cara kita supaya peserta didik lebih tertarik dengan bahasa inggris? Dan dengan segudang kosa kata. Sehingga mereka bisa seperti kamus berjalan. Tetapi saya lebih tertarik untuk menerapkan dengan cara mendengar kan sebuah lagu lalu ditulis pada wordwall sehingga memudah untuk menambah kosa kata dalam bahasa inggris. 

Sebagai tenaga pendidik dalam melaksanakan proses belajar dan mengajar akan selalu terfokus pada bagaimana menyampaikan materi pada pebelajar dengan baik sehingga pebelajar akan paham bahan ajar. Kepahaman pebelajar merupakan hal yang penting dalam proses belajar mengajar karena hal tersebut merupakan hasil akhir dari proses belajar dan mengajar. Hasil akhir tersebut juga disertai dengan suatu yang tidak kalah pentingnya yaitu adanya suatu strategi dalam proses belajar dan mengajar yang inovatif yang menciptakan pembelajaran yang efektif. Pembelajaran disebut efektif bila dapat memfasilitasi peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran yang ditentukan. Untuk itu pengajar perlu menyusun strategi yang sesuai dengan karakteristik peserta didik dan mampu membuatnya mencapai kompetensi yang di tentukan dalam tujuan pembelajaran. Dalam hal ini pemanfaatan media juga dibutuhkan dalam pembelajaran inovatif. Pembelajaran inovatif dengan menggunakan strategi pembelajaran serta pemanfaatan media sangat penting untuk menciptakan pembelajaran bahasa Inggris yang efektif. 

Kosakata (Inggris: vocabulary) adalah himpunan kata yang diketahui maknanya dan dapat digunakan oleh seseorang dalam suatu bahasa,. Kosakata seseorang didefinisikan sebagai himpunan semua kata-kata yang dimengerti oleh orang tersebut atau semua kata-kata yang kemungkinan akan digunakan oleh orang tersebut untuk menyusun kalimat baru. Kekayaan kosakata seseorang secara umum dianggap merupakan gambaran dari intelegensia atau tingkat pendidikannya.

 Pemahaman kosakata secara umum dianggap sebagai bagian penting dari proses pembelajaran suatu bahasa ataupun pengembangan kemampuan seseorang dalam suatu bahasa yang sudah dikuasai. Peserta didik sekolah sering diajarkan kata-kata baru sebagai bagian dari mata pelajaran tertentu dan banyak pula orang dewasa yang menganggap pembentukan kosakata sebagai suatu kegiatan yang menarik dan edukatif.

 Penguasaan kosa kata merupakan hal yang paling mendasar yang harus dikuasai seseorang dalam pembelajaran bahasa inggris yang merupakan bahasa asing bagi seluruh siswa dan masyarakat Indonesia. Bagaimana seseorang dapat mengungkapkan suatu bahasa apabila ia tidak memahami kosakata dari bahasa tersebut. Apalagi kalau yang dipelajari itu adalah bahasa asing, sehingga penguasaan kosakata bahasa tersebut merupakan sesuatu yang mutlak dimiliki oleh pembelajar bahasa.. Apabila seorang siswa memiliki perbendaharaan kata bahasa inggris yang memadai maka otomatis akan lebih menunjang pada pencapaian empat kompetensi bahasa inggris tadi. Demikian juga sebaliknya tanpa memiliki kosa kata yang memadai seorang siswa akan mengalami kesulitan dalam mencapai kompetensi berbahasa di atas.

Masalah 

Kurikulum yang digunakan dewasa ini berorientasi pada kompetensi, artinya siswa dituntut untuk memiliki kompetensi tertentu atau kecakapan sebagai hasil proses pembelajaran di sekolah. Pendidikan berbasis kompetensi menekankan pada kemampuan yang harus dimiliki oleh lulusan suatu jenjang pendidikan. Kompetensi yang sering disebut dengan standar kompetensi adalah kemampuan yang secara umum harus dikuasai lulusan. Kompetensi menurut Hall dan Jones (1976: 29) adalah "pernyataan yang menggambarkan penampilan suatu kemampuan tertentu secara bulat yang merupakan perpaduan antara pengetahuan dan kemampuan yang dapat diamati dan diukur". Kompetensi (kemampuan) lulusan merupakan modal utama untuk bersaing di tingkat global, karena persaingan yang terjadi adalah pada kemampuan sumber daya manusia. Oleh karena. itu, penerapan pendidikan berbasis kompetensi diharapkan akan menghasilkan lulusan yang mampu berkompetisi di tingkat global. 

Dalam pelaksanaan proses pembelajaran bahasa inggris, saya sering mendapati para siswa di SMA PELITA RAYA JAMBI, sekolah tempat saya mengajar mengalami kesulitan dalam mencapai suatu kompetensi dasar. Hal ini dikarenakan penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa kurang memadai, sehingga sangat mengganggu pencapaian kompetensi seperti yang tertera dalam kurikulum. Mereka sering kesulitan memahami arti sebuah kata karena pemahaman kosakata mereka relatif kurang memadai sehingga proses pencapaian suatu kompetensi dasar akan berjalan lebih lama.

 bagaimana memotivasi siswa belajar vovabulary dalam pelajaran bahasa Inggris melalui lagu bahasa Inggris. Minimnya penguasaan vocabulary cenderung disebabkan oleh proses penyajian pembelajaran yang di terapkan oleh guru yang bersangkutan. Berdasarkan pengalaman yang dilakukan dalam pembelajaran bahasa Inggris, permasalahan yang terjadi dalam penyajian diantaranya :

  •  Tehnik penyajian yang berlangsung satu arah dengan metode ceramah dan cenderung monoton, sehingga siswa menjadi pasif. Penerapan cara belajar siswa dalam kelas masih bersifat individual, dan tidak ada variasi 
  • Dalam penyajian pembelajaran hampir tidak pernah menggunakan media dan tehnik lainnya sehingga pembelajaran kurang diminati siswa. 
  • Terbatasnya media pembelajaran sehingga pembelajaran kurang diminati dan tidak bervariasi 
  • Kurangnya guru menggunakan jenis tehnik yang menarik

 Apabila para siswa mengalami kesulitan dalam memahami arti sebuah kata selama proses pembelajaran maka dengan terpaksa akhirnya saya memberikan jalan pintas pada mereka dengan cara : 

a. menyuruh siswa mencari arti kata tersebut dalam kamus 

b. memberitahu secara langsung arti dari kata tersebut.

 walaupun cara tersebut apabila terlalu sering digunakan berakibat kurang baik bagi para siswa karena :

 1. hanya beberapa orang siswa yang memiliki kamus

 2. siswa menjadi tergantung pada kamus bukan pada pemahaman konteks kata

 3. siswa sering menunggu pada makna kata yang berasal dari guru.

 Cara penyelesaian masalah

 Melihat kendala-kendala di atas maka saya mencoba mencari berbagai macam teknik dan strategi agar pemahaman kosakata bahasa inggris siswa-siswi SMA PELITA RAYA JAMBI yang saya ajar yaitu kelas X meningkat dengan harapan para siswa tidak selalu bergantung pada kamus atau menunggu jawaban dari guru dalam memahami arti sebuah kata sehingga hal ini diharapkan akan memudahkan pencapaian suatu kompetensi berbahasa sekaligus meningkatkan pemahaman siswa akan kosakata bahasa inggris.

 Dalam setiap pertemuan telah memperbanyak waktu bagi siswa untuk belajar mengucapkan kosa kata dengan benar. saya meminta siswa untuk meniru bagaimana penulis melafalkan setiap kosa kata. Proses ini dilakukan secara rutin dan siswa bisa mengucapkan setiap kosa kata tersebut, tetapi pada pertemuan selanjutnya siswa tersebut sudah lupa bagaimana caranya untuk melafalkan kosa kata tersebut dengan tepat. Hal ini mengindikasikan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam mengingat lafal yang benar dari setiap kosa kata tersebut.

 Pada suatu hari siswa-siswa di kelas tersebut meminta saya untuk mengajarkan mereka untuk menyanyikan sebuah lagu berbahasa inggris di dalam kelas. saya kemudian mengetahui bahwa sebagian besar dari mereka suka bernyanyi.

 Beranjak dari hal ini, pada akhirnya saya mencoba mengajar siswa untuk melafal kosa kata dengan benar melalui media lagu. 

Ada dua pendekatan utama dalam pembelajaran vocabulary yang populer , yaitu

 a. pendekatan daftar kata 

b. pendekatan kontekstual 

Pendekatan daftar kata yaitu memberikan daftar kata dan maknanya secara langsung pada para siswa. Daftar kata ini mungkin ada hubungannya dengan topik-topik yang sedang dipelajari oleh siswa atau mungkin juga tidak .

 Menurut saya pendekatan seperti ini ada sisi kelebihannya dan juga kelemahannya. 

Kelebihannya yaitu : 

  • Praktis 
  • Mudah dikerjakan 
  • Tidak menyita banyak waktu dalam menyampaikannya.

 Sedangkan kelemahannnya yaitu : 

  • Hanya dianggap sebagai catatan biasa oleh siswa
  •  Mudah terlupakan 
  • Tidak berkesan buat siswa 
  • Siswa terlalu sering membuka daftar kata tersebut dalam proses pembelajaran.

 Pendekatan yang kedua adalah pendekatan kontekstual yaitu pembelajaran kosakata yang disandarkan pada berbagai aktivitas terkait untuk mencari makna dari suatu kata. Kelemahan dari pendekatan ini adalah : 

  • Memerlukan teknik-teknik tertentu dalam menyampaikannya
  •  Memerlukan media yang cukup banyak
  •  Menyita cukup banyak waktu dalam menyampaikannya

 Kekuatan :

  •  Dapat diterapkan dengan menggunakan berbagai variasi  penyampaian 
  • Siswa merasa terkesan dan senang selama proses pembelajaran 
  • Mudah diingat siswa

Dari kedua pendekatan tadi menurut hemat saya, pendekatan yang paling menyenangkan buat siswa adalah pendekatan kontekstual. Hal ini dikarenakan bahwa seluruh siswa dapat terlibat secara langsung melalui berbagai macam aktivitas untuk mencari dan menemukan makna-makna dari suatu kata dengan dibimbing oleh guru walaupun tentu saja tidak harus selalu menggunakan pendekatan ini setiap kali saya masuk kelas. saya menggunakan pendekatan daftar kata melalui lagu yag telah saya tayangkan dan didengar oleh peserta didik. Apabila siswa bertanya tentang arti kosakata yang telah saya ucapkan. Saya telah mempraktekkan pembelajaran vocabulary menggunakan pendekatan kontekstual yaitu dengan menggunakan media.

 Agar kegiatan pembelajaran menarik bagi siswa sekaligus membantu siswa dalam penguasaan vocabulary, salah satu alternative pemecahan masalah adalah dengan melakukan tindakan dalam bentuk menggunakan lagu sebagai alat apresiasi, adapun langkah -- langkah yang saya lakukan dalam tindakan adalah : 

1. Saya mempersiapkan semua perangkat mengajar seperti : RPP yang meliputi media, bahan, LKPD dan penilaian. Serta mempersiapkan beberapa lagu, laptop dan speaker sound, in focus dan Lembar evaluasi.

 Langkah -- langkah Pre reading 

  • Greeting 
  • Brainstorming 
  • Ask student listen this song and song together

Song 

Jealous Labrinth 

I'm jealous of the rain 

That falls upon your skin

 It's closer than my hands have been

 I'm jealous of the rain

 I'm jealous of the wind 

That ripples through your clothes

 It's closer than your shadow 

Oh, I'm jealous of the wind, 

cause I wished you the best of 

All this world could give

 And I told you 

when you left me

 There's nothing to forgive

 But I always thought you'd come back,

 tell me all you found was Heartbreak and misery

 It's hard for me to say, 

I'm jealous of the way You're happy without me

 I'm jealous of the nights

 That I don't spend with you

 I'm wondering who you lay next to 

Oh, I'm jealous of the nights 

I'm jealous of the love

 Love that was in here 

Gone for someone else to share

 Oh, I'm jealous of the love,

 cause I wished you the best

 of All this world could give

 And I told you when you left me

 There's nothing to forgive

 But I always thought you'd come back, 

tell me all you found was Heartbreak and misery

 It's hard for me to say,

 I'm jealous of the way You're happy without me

 As I sink in the sand

 Watch you slip through my hands Oh, 

as I die here another day Cause all I do is cry behind this smile

 I wished you the best of 

All this world could give

 And I told you when you left me

There's nothing to forgive

 But I always thought you'd come back,

 tell me all you found was Heartbreak and misery

 It's hard for me to say,

 I'm jealous of the way 

You're happy without me 

It's hard for me to say,

 I'm jealous of the way You're happy without me

  • Peserta didik mengidentipikasi kosa kata yang terkait dengan tema 
  • Menjawab pertanyaan dengan bermain peran dengan menggunakan ask and answer

2. Saya menugasi siswa secara kelompok untuk mendengarkan lagu yang mereka sukai. Memakai kata sulit setiap bait lagu, mengomentari isi lagu. Pemilihan lagu sesuai dengan tema pembelajaran pada saat itu.

3.  Pada kegiatan inti siswa mendengarkan lagu sambil melengkapi kata -- kata rumpang dalam syair lagu yang terdapat pada LKS.

4.  Siswa menukarkan hasilnya dengan siswa lain dan guru memperdengarkan kembali lagu tersebut. 

5. Kegiatan lainnya adalah menjelaskan maksud tiap bait dalam lagu, megomentari isi syair lagu dan menyanyikan syair lagu tersebut. 6. Kemudian saya menugaskan siswa untuk menulis syair lagu baru tetapi dengan kata-kata mereka sendiri sambil mereka mengekpresikan syair yang telah mereka buat.

7. Setelah itu saya menilainya bagi peserta didik yang memiliki syair lagu yang bagus saya beri tanda bintang dan souvenir.

 Kegiatan berlangsung santai dan menyenangkan, siswa merasa tidak tertekan, saya melihat antusias saat KBM berlangsung. 

Untuk memotivasi siswa kelas X belajar vocabulary pembelajaran bahasa Inggris. Untuk meningkatkan sikap proaktif siswa saat berlangsung proses pembelajaran bahasa Inggris. 

Pelajaran yang diperoleh

 Saya merasa nyaman dan senang karena begitu banyak peserta didik yang paham akan kosa kata mereka dapatkan, karena dengan kondisi seperti ini terus menerus saya yakin dan percaya peserta didik bisa menjadi kamus berjalan. Selain itu peserta didik juga memiliki pembendaharaan kata yang banyak dan juga siswa bisa:

  •  Peserta didik lebih mudah menghafalkan kosa kata
  •  Peserta didik merasa menyenangkan dengan menggunakan lagu dan wordwall untuk menambah vocabulary 
  • Peserta didik lebih banyak pembendaharaan kata didalam bahasa inggris 
  • Untuk memotivasi siswa kelas X belajar vocabulary pembelajaran bahasa Inggris.
  •  Untuk meningkatkan sikap proaktif siswa saat berlangsung proses pembelajaran bahasa Inggris.

Diharapkan dapat bermanfaat bagi pihak -- pihak yang berkepentingan yaitu : 

Sebagai bahan masukan dan pertimbangan bagi guru bahasa Inggris dan guru lainnya dalam memilih dan menggunakan serta mengembangkan metode pengajaran yang lebih baik. 

Siswa dapat menambah dan mengembangkan kemampuan dalam mengapresiasikan kemampuan terhadap Empat aspek keterampilan berbahasa Inggris sesuai dengan tingkat pengalaman dan daya kreatifitasnya. 

Kendala-Kendala Yang Dihadapi 

Melalui media syair lagu memang sangat menarik dan peserta didik sangat termotivasi dalam belajar namun ada beberapa kendala yang dihadapi yaitu:

  •  Keterbatasan waktu para peserta didik untuk membuat syair lagu
  •  Para peserta didik kurang bisa mengexpresikan diri dalam sebuah lagu 
  • Para peserta didik mengalami kekurangan kata-kata dalam mengungkapkan makna syair dalam sebuah lagu

 Kesimpulan dan Saran 

Belajar bahasa Inggris pada dasarnya tidak sesulit yang orang katakan, karena bahasa inggris bisa melalui medium apa pun salah satunya melalui lirik lagu -- lagu Inggris. Belajar bahasa Inggris dengan mendengarkan lagu barat yang dibarengi dengan membaca lirik lagu, bertujuan untuk melatih listening dan menambah vocabulary anda dan dituangkan kembali melalui menulis lagu versi bahasa inggris . Bagi peserta didik yang hobi mendengarkan musik, ada kala nya memanfaatkan hobi ke arah positif. Berawal dari apa yang disenangi maka hasilnya pun baik, karena belajar bahasa Inggris harus di dasari kemauan yang serius. 

Listening dan penguasaan vocabulary itu hukumnya wajib untuk diperlajari, karena kedua komponen tersebut sering digunakan ketika sedang melakukan percapakan bahasa Inggris. Saat melakukan percakapan bahasa Inggris anda harus cermat dalam mendengarkan dan berbicara yang relevan dengan pertanyaan. Melalui lirik lagu Inggris peserta didik dapat membaca sekaligus mengartikan bahasa Inggris dari lirik tersebut ke dalam bahasa Indonesia, strategi seperti itu akan menambah pengetahuan anda dalam vocabulary. 

Demikian hal nya dengan listening saat anda memutar lagu Inggris dan mengikuti liriknya dengan memegang script lyric tersebut maka secara tidak langsung anda mengasah kemampuan berbicara dengan bahasa Inggris. Kemudian jika peserta didik ditugaskan kembali untuk membuat sendiri dengan kata-kata sendiri hal ini untuk menambah skill mereka dalam menulis. Belajar bahasa Inggris dengan lirik lagu merupakan satu dari sekian banyak cara yang dilakukan agar bisa berbahasa Inggris, namun perlu diperhatikan bahwa ketika anda memilih cara yang tepat dan sesuai dengan karakter maka proses pembelajaran akan terasa mudah.

 LAMPIRAN Video siswa siswi SMA PELITA RAYA JAMBI dalam menyanyikan lagu. https://www.instagram.com/p/BhDXtSsHK2fABOFqbuN_xkBtfyfTtcOv25ZsQQ0/?igshid=YmMyMTA2M2Y= 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun