Mohon tunggu...
Yeni Nurwulandari
Yeni Nurwulandari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Negeri Malang

Topik konten favorite yang saya sukai terkait dengan peristiwa sosial yang terjadi di masyarakat.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Bersama Mahasiswa AM Universitas Negeri Malang Mewujudkan Program SDGs Poin 4 di SMK Negeri 2 Blitar

7 Juni 2023   10:59 Diperbarui: 7 Juni 2023   11:02 466
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Asistensi Mengajar (AM) merupakan suatu program pembelajaran yang wajib dilakukan oleh mahasiswa dalam bidang pendidikan formal yang dibimbing oleh guru pamong dari sekolah yang dipilih dan dosen pembimbing lapangan. 

Asistensi Mengajar ini dilakukan selama satu semester dengan bobot SKS sebesar 20 dengan beberapa matakuliah yang dikonversi. Program AM memberikan pengalaman yang baru dan bermanfaat bagi mahasiswa terkhusus dalam bidang pendidikan. 

Pada saat melaksanakan AM di sekolah, mahasiswa harus melakukan kegiatan di bidang akademik dan non-akademik.  Asistensi mengajar juga merupakan salah satu bentuk dari program Kemendikbud khususnya pada MBKM (Merdeka-Belajar Kampus-Merdeka) yang sudah diterapkan dalam jenjang perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. 

Melalui kampus merdeka ini, mahasiswa bukan hanya melakukan kegiatan secara akademik di perkuliahan akan tetapi juga melakukan kegiatan non-akademik di luar wilayah kampus (sekolah atau masyarakat).

Dokumen Pribadi
Dokumen Pribadi

Pelaksanaan Asistensi Mengajar terdapat beberapa tahapan yang harus dilakukan oleh mahasiswa, yaitu tahap perencanaan kegiatan, pelaksanaan kegiatan, desiminasi hasil kegiatan, dan pelaporan. Pada saat melakukan perencanaan kegiatan mahasiswa diwajibkan untuk melaksanakan berbagai kegiatan yang sudah dijadwalkan oleh pihak kampus. 

Waktu yang diberikan yaitu selama dua minggu (24 Januari-4 Februari 2023) yang terbagi menjadi dua sesi yaitu pada satu minggu pertama (24-28 Januari) mahasiswa melakukan observasi terlebih dahulu ke sekolah mitra yang sudah dipilih. Pada waktu pemilihan mitra sekolah, saya mendapatkan tempat di SMKN 2 Blitar sesuai dengan daerah tempat tinggal saya yaitu Blitar.

SMK Negeri 2 Blitar ini merupakan salah satu sekolah kejuruan negeri yang ada di Blitar tepatnya beralamatkan di Jalan Tanjung No. 111, Sukorejo, Kota Blitar. Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Blitar sendiri memiliki 7 jurusan mulai dari Akuntansi, Manajemen Perkantoran, Bisnis Daring Pemasaran, Desain Komunikasi Visual, Teknik Komputer dan Jaringan, Usaha Layanan Wisata, dan Tata Busana. 

Sama halnya seperti sekolah lain, SMK Negeri 2 Blitar juga turut serta menerapkan berbagai kebijakan dari Kementerian Pendidikan, misalnya dengan mulai menerapkan kurikulum merdeka dalam proses pembelajaran. Dari berbagai jurusan yang ada di SMK Negeri 2 Blitar, salah satunya terdapat jurusan akuntansi dimana hal tersebut juga sesuai dengan bidang yang sedang saya tempuh yaitu pendidikan akuntansi. 

Kegiatan pertama yang dilakukan di SMKN 2 Blitar, yaitu melakukan observasi dan mencari permasalahan yang terjadi di SMKN 2 Blitar bersama dengan guru pamong yang sudah ditentukan oleh LP3 UM dengan tujuan untuk menghasilkan draft kegiatan AM di sekolah. Mahasiswa yang mengikuti kegiatan AM di SMKN 2 Blitar sebanyak 10 orang yang terdiri dari 3 Prodi Pendidikan Akuntansi, 6 Pendidikan Sejarah, dan 1 Pendidikan Tata Niaga.

Setelah melakukan kegiatan observasi dan mencari permasalahan di SMKN 2 Blitar, saya bersama dengan mahasiswa pendidikan akuntansi lainnya melakukan perencanaan kegiatan dan dijadikan draft kegiatan dengan tenggang waktu selama 1 minggu mulai dari 30 Januari -- 4 Februari di kampus Universitas Negeri Malang. 

Draft kegiatan yang sudah disusun kemudian dikonsultasikan kepada Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yang kemudian didiskusikan. Diskusi kami melalui google meet, hal ini dikarenakan jarak antara Malang dengan Blitar cukup jauh. Selain itu, semua mahasiswa prodi pendidikan akuntansi juga melakukan praktik peer teaching di depan mahasiswa lainnya. 

Peerteaching dilakukan supaya mahasiswa pada saat melakukan pembelajaran secara langsung di sekolah mitra dapat diimplementasikan dengan baik dan sesuai dengan target yang sudah direncanakan sebelumnya. 

Selanjutnya yaitu proses FGD (Focus Group Discussion) tanggal 6 Februari 2023, saya beserta dengan mahasiswa Asistensi Mengajar lainnya datang ke SMKN 2 Blitar bersama dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dari program studi pendidikan sejarah. 

Kami disambut oleh kepala sekolah serta Bapak/Ibu guru di SMKN 2 Blitar dan melakukan musyawarah atau diskusi terkait program kerja besar dari mahasiswa AM yang akan diimplementasikan di SMKN 2 Blitar.

Pada hari berikutnya kami melakukan review draft kegiatan dari mahasiswa AM prodi akuntansi bersama dengan guru pamong. Setelah kami mendapatkan persetujuan terkait kegiatan atau program kerja yang akan kami lakukan, kemudian kami melakukan diskusi secara virtual menggunakan google meet dengan DPL yang ada di Malang. Kami beserta dengan guru pamong juga melakukan pembagian atas guru mata pelajaran akuntansi dasar dengan menggunakan acuan kurikulum merdeka. 

Setelah kami mendapatkan persetujuan terkait program kerja yang akan kami lakukan, kemudian kami melakukan diskusi secara virtual menggunakan google meet dengan DPL yang ada di Malang. Kegiatan akademik yaitu proses belajar mengajar yang kami lakukan selama 2 bulan yaitu Februari dan Maret. 

Pembelajaran yang dilakukan di kelas X AK 1 menggunakan pembelajaran yang melibatkan dengan kecanggihan teknologi masa kini. Sehingga dalam mengikuti pembelajaran di dalam kelas siswa tidak menjadi cepat bosan. Pembelajaran inovatif yang dilakukan salah satunya menggunakan game yang berisi soal-soal akuntansi dasara yang harus dijawab oleh setiap anak dengan menggunakan metode acak nama. Dengan begitu siswa akan merasa bertanggungjawab atas pilihan soal yang harus dikerjakan. 

Selain melakukan kegiatan pembelajaran, saya juga menjadi pengawas UKK kelas 12 AK 1, 2, dan 3 dengan materi MYOB dan Spreadsheet.

Dokumen Pribadi
Dokumen Pribadi

Sebenarnya banyak sekali kegiatan yang kami lakukan selama program asistensi mengajar di SMKN 2 Blitar. Berbagai kreativitas dan inovasi yang diterapkan oleh mahasiswa pada saat melakukan pembelajaran di dalam kelas. Hal tersebut dikarenakan untuk mendukung pendidikan yang berkualitas dan mengikuti perkembangan IPTEK yang sangat pesat. 

Menciptakan lulusan SMK yang berkualitas diperlukan campur tangan dari pihak sekolah dan kemitraan pendidikan lainnya. Salah satunya melalui kegiatan asistensi mengajar Universitas Negeri Malang yang bekerja sama dengan SMKN 2 Blitar. 

Program Pendidikan Berkualitas merupakan salah satu program dari Sustainable Development Goals (SDGs) nomor 4, dimana pendidikan berkualitas telah diprogram untuk menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan berkualitas. Maka dari itu, diharapkan dengan adanya program asistensi mengajar membantu menciptakan pendidikan yang berkualitas dalam tingkat SMK.

Mahasiswa asistensi mengajar juga melakukan program kerja tim akuntansi, diantaranya penyusunan modul interaktif yang melibatkan perangkat digital seperti laptop atau handphone serta menggunakan jaringan internet. 

Kemudian menciptakan sistem otomatisasi presensi di perpustakaan khusus untuk kelas X dengan kartu tanda pelajar yang di scan menggunakan alat scan barcode yang ada di perpustakaan. Dengan begitu siswa tidak perlu mengisi daftar pengunjung secara manual melainkan sudah menggunakan kecanggihan teknologi. 

Selanjutnya, membuat perangkat pembelajaran berupa materi, latihan soal, game soal dengan google form atau dengan sistem acak soal menggunakan spiner online, dan lain sebagainya. 

Mahasiswa asistensi mengajar juga membuat soal untuk Penilaian Tengah Semester (PTS), remidi (materi akuntansi dasar yaitu perusahaan jasa, dagang, dan spreadsheet) serta Ulangan Akhir Semester (UAS) dengan menggunakan google form. 

Siswa bukan hanya dituntut untuk belajar secara konvensional melalui buku saja, akan tetapi siswa juga harus mampu memanfaatkan situasi sesuai dengan perkembangan teknologi pada era digitalisasi. Pemanfaatan teknologi yang baik akan menjadikan siswa dengan lulusan yang memiliki keunggulan yang baik dan berkompeten di segala bidang.

Dokumen Pribadi
Dokumen Pribadi

Kegiatan non-akademik yang dilakukan oleh mahasiwa asistensi mengajar di SMKN 2 Blitar, yaitu diantaranya:

  • Kegiatan P5 (Program Penguatan Profil Pelajar Pancasila) pada Kurikulum Merdeka selama 2 Minggu (6-13 Maret) tema "kebekerjaan" khusus untuk kelas X.
  • Kegiatan di Bisnis Center yaitu melakukan kegiatan mewadahi, menimbang, dan mengepres snack lebaran yang kemudian dijual oleh siswa jurusan pemasaran.
  • Kegiatan di gudang sekolah dengan melakukan pencatatan atas barang atau peralatan yang masuk dan keluar di Microsoft Excel serta membuat SOP peminjaman barang.
  • Kegiatan di Koperasi "Mekar" yaitu dengan melakukan pencatatan atas jurnal kas keluar dan buku besar sesuai dengan akun yang sudah tersedia di Microsoft excel.
  • Kegiatan di ruang Bimbingan Konseling (BK) yaitu melakukan pencatatan atas siswa yang meminta surat dispensasi serta membuat jurnal buku dispensasi pada setiap jurusan secara hardfile.  

Kegiatan baik akademik maupun nonakademik menjadikan mahasiswa asistensi mengajar memiliki pengalaman yang sangat baik dan berguna di masa yang akan datang. Pendidikan berkualitas bukan hanya dilakukan ditingkat pendidikan sekolah menengah akan tetapi dalam perguruan tinggi juga bertujuan menciptakan pendidikan yang berkualitas. 

Pendidikan berkualitas merupakan hal sangat penting untuk diterapkan di semua satuan pendidikan. Meningkatkan SDM yang unggul bermanfaat untuk memajukan kehidupan bangsa dan negara melalui pertumbuhan SDM dan ekonomi negara. Maka dari itu, pentingnya menciptakan program SDGs di seluruh satuan pendidikan dan masyarakat, sehingga menjadikan negara yang aman, maju, dan sejahtera.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun