Nama : Yeni Dwi AnggrasariÂ
NIM : 2020008121
Kelas : 5A3 Manajemen
Perkembangan teknologi informasi memberikan kemudahan pada berbagai aspek kegiatan bisnis, Hal ini disebabkan karena teknologi berperan sebagai alat bantu dalam pembuatan keputusan bisnis. Selain sebagai alat bantu dalam pembuatan keputusan bisnis, teknologi informasi juga berpengaruh terhadap pembuatan keputusan perorangan. Internet adalah salah satu bukti perkembangan teknologi, hal ini menyebabkan banyaknya situs-situs e-commerce yang bermunculan. E-commerce merupakan aplikasi teknologi untuk melakukan akses jual beli atau pertukaran produk, jasa, dan informasi melalui jaringan internet. Internet berperan penting dalam e-commerce untuk meningkatkan pertumbuhan perusahaan, para pelaku bisnis dituntut untuk dapat memberikan kinerja terbaiknya agar konsumen merasa puas.Â
Salah satu situs pendatang baru e-commerce di Indonesia adalah Blibli.com, yang menjual kebutuhan sehari-hari seperti pakaian, elektronik, perabotan rumah, perlengkapan kecantikan, perlengkapan olahraga, dan lain-lainnya. Popularitas situs e-commerce ini tergolong masih sangat kecil dibandingkan situs-situs e-commerce sejenis lainnya, Hal ini menjadikan internet telah menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian besar orang selain kebutuhan pangan, dan papan. Beberapa alasan mengapa internet begitu banyak di gemari antara lain kecepatan informasi, membantu di berbagai bidang kehidupan, dan fleksibilitas, salah satunya adalah e- commerce. Tumbuhnya e-commerce di Indonesia saat ini yang menjadi start up diantaranya Tokopedia, Bukalapak dan salah satunya adalah Blibli.com.Â
Blibli.com merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang E- Commerce khususnya perdagangan elektronik di Indonesia. Blibli.com sendiri menjual berbagai produk yang terdiri dari 16 kategori, diantaranya galeri Indonesia, blibli mart, otomotif, fashion pria dan wanita, home living, olahraga, peralatan elektronik, tiket dan voucher, travel, komputer dan laptop, kamera, mainan dan video game, handphone dan tablet, serta kesehatan dan kecantikan. Dari masing-masing kategori tersebut memiliki kualitas tersendiri. Dimana, kualitas tersebut berguna untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Salah satu faktor dalam memuaskan pelanggan yaitu, kualits produk yang dihasilkan karena dengan meningkatkan kualitas maka reputasi perusahaan akan meningkat, dengan meningkatkan kualitas produk perusahaan juga akan mendapatkan kesempatan untuk mewujudkan coats production yang berarti perusahaan mampu melakukan kegiatan produksi dengan efektif dan efisien.Â
Tarif ketentuan impor terbaru terkait barang kiriman diatur pemerintah melalui bea cukai dalam Peraturan Menteri Keuangan nomor PMK 199/PMK.10/2019 dan akan mulai berlaku pada 30 Januari 2020. Dalam aturan ini Bea Cukai menyesuaikan nilai pembebasan bea masuk atas barang kiriman dari sebelumnya USD 75 menjadi USD 3 per kiriman. Sedangkan pungutan pajak dalam rangka impor (PDRI) diberlakukan normal. Namun demikian pemerintah juga merasionalisasi tarif dari semula berkisar ± 27,5% - 37,5% (bea masuk 7,5%, PPN 10 %, PPh 10% dengan NPWP, dan PPh 20% tanpa NPWP) menjadi ± 17,5% (bea masuk 7,5%, PPN 10 %, PPh 0%).
Referensi :Â
Deri Rahma Yandi, W. S. (2019). Pengaruh Kualitas Informasi, Kualitas Sistem, dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Beli Ulang Pengguna E-Commerce Situs Blibli.Com dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening pada Masyarakat Kota Padang. Jurnal Kajian Manajemen Dan Wirausaha, 01(3), 67--77. https://doi.org/ISSN:Online 2655-6499
http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/mnj/article/viewFile/7904/3719
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H