Perbedaan Assesmen, Pengukuran, Penilaian dan Evaluasi
1. Assesmen
Assesmen adalah proses pengumpulan berbagai data yang dapat memberikan gambaran perkembangan belajar siswa.
2. Pengukuran
Adalah proses pengumpulan data
melalui pengamatan empiris untuk mengumpulkan informasi yang relevan dengan tujuan yang telah ditentukan pengukuran dapat diartikan sebagai kegiatan atau usaha yang dilakukan untuk memberikan angka-angka pada
suatu kejadian, gejala, peristiwa atau benda, sehingga hasil pengukuran akan selalu berupa angka.
3. Penilaian
Adalah suatu kegiatan membandingkan hasil pengukuran sifat suatu objek dengan suatu acuan yang relevan sehingga diperoleh kuantitas suatu objek yang bersifat kualitatif.
4. EvaluasiÂ
Adalah proses untuk menggambarkan,
memperoleh, atau menghasilkan informasi yang berguna untuk mempertimbangkan suatu keputusan.
Evaluasi dapat juga didefinisikan sebagai penafsiran terhadap pertumbuhan dan kemajuan siswa ke arah tujuan atau nilai yang telah ditetapkan dan tertulis dalam
kurikulum.
Dalam kurikulum K13 Tujuan pembelajaran dirumuskan dalam indikator pencapaian kompetensi  , kompetensi dasar, sedangkan dalam kurikulum merdeka (Kurma) dirumuskan dalam Tujuan pembelajaran, Capaian pembelajaran, dan kata tujuan pembelajaran Mengandung a, b, c, d
yang artinya..
a. Audisince
b. Behavior
C. Condition
d. Degree
Â
Dalam KKO ada tiga Ranah, Kognitif, Afektif dan Psikomotorik
1. Ranah Kognitif/Pengetahuan
 Ranah kognitif meliputi kemampuan menyatakan kembali konsep atau prinsip yang telah dipelajari, yang berkaitan dengan kemampuan berpikir, kompetensi memperoleh pengetahuan, pengenalan, pemahaman, konseptualisasi, penentuan, dan penalaran.
Bloom membagi lagi ranah kognitif (intelektual) menjadi enam tingkatan, yakni,
- C1 (Pengetahuan/Knowledge)
- C2 (Pemahaman/Comprehension)
- C3 (Penerapan/Application)
- C4 (Analisis/Analysis)
- C5 (Sintesis/Synthesis)
- C6 (Evaluasi/Evaluation)
2. Ranah Afektif (Sikap)
Ranah afektif adalah ranah yang berhubungan dengan sikap, nilai, perasaan, emosi, serta derajat penerimaan atau penolakan suatu objek dalam kegiatan belajar mengajar.Â
Bloom membagi ranah afektif menjadi lima kategori, yakni
C1 Receiving/Attending (Penerimaan)
C2 Responding (Menanggapi)
C3 Valuing (Penilaian)
C4 Organization (Organisasi)
C5 Characterization (Karakteristik)
3. Ranah Psikomotorik (Tindakan)
Ranah psikomotorik meliputi kompetensi dalam melakukan pekerjaan dengan melibatkan anggota badan serta kompetensi yang berkaitan dengan gerak fisik (motorik). Hal tersebut terdiri dari gerakan refleks, keterampilan, gerakan dasar, kemampuan perseptual, ketepatan, keterampilan kompleks, ekspresif, dan interpretatif.
Terdapat sejumlah kategori yang masuk ke dalam ranah psikomotorik, yakni
C1 Meniru
C2 Memanipulasi
C3 Pengalamiahan
 C4 Artikulasi
Terimakasih...
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H