Perbedaan Assesmen, Pengukuran, Penilaian dan Evaluasi
1. Assesmen
Assesmen adalah proses pengumpulan berbagai data yang dapat memberikan gambaran perkembangan belajar siswa.
2. Pengukuran
Adalah proses pengumpulan data
melalui pengamatan empiris untuk mengumpulkan informasi yang relevan dengan tujuan yang telah ditentukan pengukuran dapat diartikan sebagai kegiatan atau usaha yang dilakukan untuk memberikan angka-angka pada
suatu kejadian, gejala, peristiwa atau benda, sehingga hasil pengukuran akan selalu berupa angka.
3. Penilaian
Adalah suatu kegiatan membandingkan hasil pengukuran sifat suatu objek dengan suatu acuan yang relevan sehingga diperoleh kuantitas suatu objek yang bersifat kualitatif.
4. EvaluasiÂ
Adalah proses untuk menggambarkan,
memperoleh, atau menghasilkan informasi yang berguna untuk mempertimbangkan suatu keputusan.
Evaluasi dapat juga didefinisikan sebagai penafsiran terhadap pertumbuhan dan kemajuan siswa ke arah tujuan atau nilai yang telah ditetapkan dan tertulis dalam
kurikulum.
Dalam kurikulum K13 Tujuan pembelajaran dirumuskan dalam indikator pencapaian kompetensi  , kompetensi dasar, sedangkan dalam kurikulum merdeka (Kurma) dirumuskan dalam Tujuan pembelajaran, Capaian pembelajaran, dan kata tujuan pembelajaran Mengandung a, b, c, d
yang artinya..