Mohon tunggu...
Yazid Baarram
Yazid Baarram Mohon Tunggu... Desainer - Teknik Arsitektur

41221110016 - S1 Teknik Arsitektur - Universitas Mercu Buana - Pendidikan Anti Korupsi dan Etik UMB - Dosen pengampu Prof. Dr, Apollo, M.Si.Ak

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kuis 9 - Diskursus Kejahatan pada Pemikiran Teodesi

8 November 2024   22:46 Diperbarui: 9 November 2024   01:02 66
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Apa itu Teodise?

Teodise, atau theodicy dalam bahasa Inggris, adalah konsep yang berupaya menjelaskan bagaimana keberadaan Tuhan yang Mahabaik dan Mahakuasa dapat dikaitkan dengan adanya kejahatan dan penderitaan di dunia. 

Secara etimologis, istilah ini berasal dari bahasa Yunani “theos” (Tuhan) dan “dike” (keadilan), yang berarti keadilan Tuhan. Dalam pemikiran filsafat dan teologi, teodise menjadi penting karena memunculkan pertanyaan besar: bagaimana mungkin Tuhan yang baik dan berkuasa penuh membiarkan kejahatan terjadi?

Teodise mencoba menjawab "paradoks kejahatan" ini dengan menyusun argumen-argumen yang dapat menjelaskan hubungan antara Tuhan dan eksistensi penderitaan serta kejahatan. Berbagai pendekatan dalam teodise bertujuan untuk menunjukkan bahwa adanya kejahatan tidak serta-merta meniadakan sifat Tuhan yang baik dan adil.

Modul Prof Apollo
Modul Prof Apollo

Mengapa Konsep Kejahatan dalam Teodise Menjadi Diskursus Utama? 

Kejahatan telah lama menjadi perdebatan utama dalam teologi, filsafat, dan etika, karena kehadirannya mengundang kebingungan dan perdebatan mendalam tentang sifat Tuhan dan moralitas. Bagi banyak orang, kenyataan bahwa begitu banyak penderitaan yang terjadi di dunia ini – seperti kemiskinan, penyakit, kejahatan brutal, dan bencana alam – tampak tidak sesuai dengan gagasan tentang Tuhan yang maha pengasih dan penuh belas kasihan.

Oleh karena itu, konsep kejahatan dalam teodise dianggap sebagai permasalahan mendasar yang harus dijawab untuk memahami Tuhan dan sifat kebaikan-Nya.

Diskursus ini juga mempertanyakan peran Tuhan dalam kehidupan sehari-hari. Apakah Tuhan benar-benar aktif dalam kehidupan manusia atau sekadar membiarkan manusia berjalan sesuai hukum alam yang ada? Dan jika Tuhan tidak terlibat secara langsung, mengapa manusia harus memercayai kebaikan dan kasih Tuhan? Pertanyaan-pertanyaan ini menjadi sangat mendasar bagi orang yang ingin memahami makna keberadaan mereka dan tujuan akhir hidup mereka.

Modul Prof Apollo
Modul Prof Apollo

Bagaimana Teodise Menjawab Masalah Kejahatan? 

Dalam sejarah filsafat dan teologi, ada beberapa pendekatan utama dalam teodise yang berusaha menjelaskan kehadiran kejahatan, masing-masing dengan argumen dan implikasinya sendiri. 

A. Teodise Kehendak Bebas (Free Will Defense)

Pendekatan kehendak bebas menekankan bahwa Tuhan memberikan manusia kebebasan untuk memilih sebagai tanda kasih-Nya. Kebebasan ini penting agar manusia bisa berbuat baik secara tulus, tanpa paksaan. Namun, kebebasan ini juga berarti manusia dapat memilih untuk melakukan kejahatan atau dosa. Dengan kata lain, kejahatan adalah konsekuensi dari kehendak bebas yang Tuhan berikan kepada manusia.

Pendekatan ini menjelaskan bahwa jika Tuhan menghilangkan kehendak bebas untuk mencegah kejahatan, maka Dia juga akan menghilangkan kemampuan manusia untuk mencintai, berempati, dan memiliki pilihan moral. Maka, penderitaan dan kejahatan yang dihasilkan dari pilihan bebas manusia adalah harga yang harus dibayar demi keberadaan kebebasan moral.

B. Teodise Ujian dan Peningkatan Moral (Soul-Making Theodicy) 

Pendekatan ini menekankan bahwa kehidupan di dunia adalah sebuah proses pengembangan moral dan karakter. Dalam menghadapi penderitaan dan kejahatan, manusia diberi kesempatan untuk memperkuat kualitas-kualitas seperti empati, ketangguhan, dan kasih sayang. Ide ini berpendapat bahwa Tuhan mengizinkan penderitaan karena itu berfungsi untuk meningkatkan kedewasaan rohani manusia.

Contohnya, orang yang mengalami penderitaan sering kali menjadi lebih empati dan pengertian terhadap orang lain yang juga menderita. Jadi, menurut pendekatan ini, kejahatan dan penderitaan adalah bagian dari proses pembentukan jiwa yang membantu manusia mencapai tingkat moral dan spiritual yang lebih tinggi.

C. Teodise Kejahatan Alamiah 

Selain kejahatan yang dilakukan oleh manusia, ada pula penderitaan yang terjadi karena peristiwa alam, seperti gempa bumi, banjir, dan wabah penyakit, yang sering disebut sebagai "kejahatan alamiah. 

D. Teodise Misteri Ilahi (Divine Mystery)

Pendekatan ini mengakui bahwa manusia memiliki keterbatasan dalam memahami rencana Tuhan secara keseluruhan. Beberapa teolog berpendapat bahwa meskipun kejahatan tampak tidak adil atau tidak perlu dari sudut pandang manusia, Tuhan mungkin memiliki tujuan yang tidak dapat dimengerti sepenuhnya oleh akal manusia.

Pendekatan ini mengedepankan bahwa keterbatasan manusia dalam memahami yang ilahi bukanlah alasan untuk menyangkal keberadaan Tuhan atau kebaikan-Nya. Sebaliknya, hal ini mengajarkan manusia untuk rendah hati dan menerima bahwa ada hal-hal di luar pemahaman manusia yang mungkin menjadi bagian dari rencana Tuhan yang lebih besar dan lebih dalam.

Modul Prof Apollo
Modul Prof Apollo

Kesimpulan

Diskursus tentang kejahatan dalam teodise adalah kajian yang kompleks dan mendalam, yang terus menjadi perdebatan dalam filsafat dan teologi. Berbagai pendekatan dalam teodise, mulai dari argumen kehendak bebas hingga konsep misteri ilahi, semuanya berusaha memberikan pemahaman tentang bagaimana Tuhan yang baik dapat membiarkan kejahatan ada di dunia. 

Meskipun mungkin tidak ada satu jawaban yang memuaskan semua orang, diskursus ini membuka ruang bagi pertanyaan mendasar tentang eksistensi, moralitas, dan hubungan antara Tuhan dan manusia.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun