Gaikindo Indonesia International Auto Show 2022 resmi dibuka pada 11 Agustus 2022. Saya berkesempatan hadir pada hari pembukaannya. Mata saya langsung berbinar melihat deretan mobil-mobil terbaru di depan mata. GIIAS 2022 benar-benar memanjakan para pecinta mobil.Â
Salah satu produsen mobil yang booth-nya wajib banget saya datangi adalah booth Toyota. Tahu dong, Toyota ini merk mobil favorit masyarakat Indonesia. Sampai ada satu lelucon yang beredar, bahwa mobil Toyota adalah mobil yang paling susah disalip, karena kelar menyalip satu mobil Toyota, ehhhh, di depannya ada mobil Toyota lagi hehehe.
Membawa tema "Let's Go Beyond" sebagai semangat Toyota di perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 yang berlangsung di ICE BSD City, Tangerang -- Banten pada 11 -- 21 Agustus, Toyota berkomitmen untuk terus menghadirkan Mobility Happiness for All, agar dapat memenuhi beragam kebutuhan mobilitas masyarakat Indonesia.Â
Toyota-Astra Motor (TAM) sebagai distributor Toyota di Indonesia menghadirkan tiga brand sekaligus (Toyota, Lexus, dan GAZOO Racing) di satu area yang sama, untuk memberikan pilihan mobilitas yang lebih beragam kepada masyarakat Indonesia. Di perhelatan GIIAS 2022 TAM hadirkan booth yang lebih futuristic dan advance seluas lebih dari 4.000m2 di Hall 1B ICE BSD melalui brand Toyota & Lexus.Â
Toyota GIIAS 2022 menampilkan berbagai line-up ever-better cars sebanyak lebih dari 35 unit selama pameran berlangsung, mulai dari kendaraan elektrifikasi, sports car, hingga model-model konvensional lainnya, untuk mendukung kebutuhan mobilitas masyarakat.Â
Sejalan dengan semangat Let's Go Beyond, Toyota juga senantiasa berupaya menghadirkan berbagai layanan dan program mobilitas unggulan yang diharapkan dapat melebihi ekspektasi pelanggan untuk menghadirkan Total Mobility Solution.
T-CARE, Layanan After Sales ToyotaÂ
Saya berjalan ke area Beyond Service Toyota. Di area ini para marketing memberikan penjelasan detail pada konsumen yang tertarik membeli mobil Toyota. Di area ini juga terdapat booth pelayanan after sales Toyota seperti M-Toyota dan T-CARE.
Saya tertarik mengikuti games di booth T-CARE. Ada beragam hadiah menarik yang bisa dimenangkan seperti jam digital, tumbler atau bantal leher. Lumayan... saya mendapat hadiah jam digital. Banyak permainan juga, lho, di booth Toyota yang lain.Â
T-CARE adalah layanan after sales dari Toyota. Program T-CARE merupakan manfaat tambahan yang diberikan kepada pelanggan saat pembelian kendaraan baru dan digabungkan ke dalam sales program yang ditetapkan oleh Toyota pada model kendaraan tertentu.Â
Pelanggan Toyota yang membeli kendaraan baru mulai Juli 2022 dengan kode produksi 2022, akan tercakup ke dalam program T-CARE.
Model-modelnya antara lain Corolla Cross & Corolla Cross Hybrid, C-HR Hybrid, Fortuner, LC-300, Raize, Rush, Alphard, Vellfire, Avanza, Veloz, Innova, Sienta, Voxy, Camry & Camry Hybrid,Corolla Altis & Corolla Altis Hybrid, Supra*, Toyota 86, Vios, Yaris, Hilux, Hi-Ace Premio & Commuter.
Berlaku efektif sejak 1 Juli 2022, pelanggan yang membeli mobil baru untuk model-model mobil tersebut mendapatkan benefit sebagai berikut :
Bebas Biaya Jasa (dari Servis Berkala ke-2 hingga ke-7, maksimal 3 tahun / 60.000 km).
Bebas Biaya Suku Cadang (dari Servis Berkala ke-2 hingga ke-7, maksimal 3 tahun / 60.000 km).
Reward berupa Extended Warranty selama 1 tahun / 20.000 km sehingga total Toyota Warranty Indonesia tercatat menjadi 4 tahun / 120.000 km, jika pelanggan rutin servis setiap 6 bulan.
Tapi kan Toyota punya program gratis biaya service berkala, tuh, bedanya apa, dong, sama T-CARE? Â Cakupan Bebas Biaya Jasa dan Biaya Suku Cadang pada program T-CARE adalah sampai Servis Berkala ke-7 (Maks. 3 tahun / 60.000 km) sedangkan program Gratis Biaya Servis Berkala hanya sampai Servis Berkala ke-6 (Maks. 4 tahun / 50.000 km).
Dengan kata lain, T-CARE memberikan benefit tambahan 1 kali servis berkala dengan cakupan periode yang lebih singkat sebanyak 1 tahun menjadi 3 tahun.
Terus.. kalo pelanggan mobil Toyota nggak melakukan service berkala secara tepat waktu, apakah tetap mendapat benefit T-CARE? Pelanggan Toyota tetap dapat menikmati benefit bebas biaya jasa dan bebas biaya suku cadang selama 3 tahun, tetapi tidak dapat menerima reward Extended Warranty (1 tahun / 20.000 km). Makanya.. yuk ah melakukan service berkala secara tepat waktu.
By the way.. tahu nggak sih pentingnya service berkala secara rutin dan tepat waktu? Service berkala setiap 6 bulan dilakukan untuk memastikan kendaraan Anda dalam kondisi aman dikendarai.
Elemen kendaraan bisa berkurang kualitasnya seiring berjalannya waktu, apalagi kalau mobil digunakan setiap hari. Service berkala dapat mendeteksi lebih dini kerusakan yang diakibatkan oleh kondisi tertentu kemudian mempengaruhi kerja mesin yang bisa menyebabkan kerusakan yang lebih berat.
Service Berkala mencakup pemeriksaan dan pemeliharaan komponen kendaraan Toyota Anda secara lengkap dan menyeluruh, seperti: mesin, sistem penggerak, sistem kelistrikan, sistem pembakaran, wiper dan washer, sistem rem, sistem kemudi serta lampu-lampu klakson. Service berkala dapat dilakukan lebih cepat, apabila kilometer kendaraan mencapai 10.000 KM sebelum 6 bulan.
Program T-CARE ini dilaksanakan secara Nasional di seluruh dealer resmi Toyota dan juga dapat digunakan di layanan Toyota Mobile Service dan Toyota Service Point. Program T-CARE berlangsung terus ya nggak ada batas waktu. Jadi nggak usah khawatir bahwa program T-CARE akan berakhir.Â
Selain T-CARE, saat ini di bengkel resmi Toyota juga menawarkan program perawatan kendaraan yang disebut "Promo Mantap" (Mobil Aman Tetap Prima). Program ini dapat dinikmati oleh seluruh pelanggan setia Toyota sepanjang bulan Agustus -- September 2022.Â
Melalui program ini, pelanggan dapat menikmati diskon 10% untuk produk TMO Injector Cleaner dan TMO Brake Cleaner, serta layanan penggantian ban Toyota Tire Solution (*untuk produk tipe ban tertentu).
Banyak banget kannnn layanan after sales dari Toyota, tertarik membeli mobil Toyota? So, pelanggan setia sama Toyota.. Â Yuk ke GIIAS 2022 dan dapetin deh aneka diskon menarik untuk pembelian mobil Toyota terbaru.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H