Apa yang terbetik di benak Anda ketika mendengar kata "Korea"? Kebanyakan pasti langsung berpikir soal K-Pop atau K-Drama. Yap... dua hal ini memang membuat Korea begitu dikenal orang. Banyak banget orang yang menggemari K-Pop dan K-Drama. Mungkin Anda salah satu diantaranya.
Sebenarnya selain K-Pop dan K-Drama, Korea terkenal karena wisatanya. Paket tour Korea adalah yang sering saya jual semasa saya bekerja di agen perjalanan wisata. Paket Korea yang saya jual belasan jenisnya tergantung kalangan yang disasar. Untuk orang tua yang mempunyai anak biasanya memilih paket theme park seperti Everland.
Sementara untuk orang tua tanpa anak biasanya akan memilih berwisata ke Jeju Island. Lalu untuk anak-anak muda akan memilih wisata yang menawarkan keriuhan kota seperti Seoul atau mengunjungi tempat shooting film terkenal seperti Nami Island. Apapun jenis wisata yang dijual, semuanya laku keras apalagi saat libur sekolah dan libur lebaran.
Aku dan Korea
Ketika saya datang ke Restoran Suasana di Aston Kuningan Suites pada Jumat 4 Mei 2018 lalu, saya langsung disambut oleh mbak penunggu meja registrasi yang ramah sekali. Ia memberi saya 3000 won, yaitu mata uang Korea. Eitssss jangan happy dulu.. uang ini bukan uang asli tapi uang KW alias uang-uangan, uang mainan gitu.
Uang "won" ini digunakan untuk membeli makanan ala Korea street food yang ada di lokasi acara. Sengaja emang caranya begini biar para undangan merasakan jajan pake uang Korea. Nuansa ruangan di desain ala Korea dengan photobooth berlatar belakang Korea, lalu dinding di belakang jajanan ala Korea juga di desain dengan tampilan gedung-gedung di Korea. Korea banget jadinya.
Kampanye Aku dan Korea menyasar para solo traveler yang ingin berwisata ke Korea. Mudahnya mendatangi Korea dan seringnya promo tiket yang dilakukan oleh para maskapai memang lebih menarik minat para solo traveler untuk datang sendiri ke Korea, tanpa melalui perantara biro perjalanan wisata.
Generasi milenial di jaman ini lebih suka jalan sendiri atau beramai-ramai dengan teman-temannya menyambangi sebuah daerah. Mereka datang berbekal informasi yang mereka cari sendiri di internet. Mulai dari hotel sampai cara menuju sebuah lokasi wisata. Semua dicari sendiri informasinya.
Ada apa aja sih di microsite AkudanKorea? Ada informasi mengenai event terbaru terkait beragam event seperti festival. Ada info mengenai destinasi yang paling dicari atau destinasi-destinasi wisata baru. Penawaran khusus berisi informasi berbagai promosi atau diskon dari para pelaku wisata dan testimoni dari orang-orang yang pernah berwisata ke Korea. Testimoni penting nih karena merupakan pendapat yang jujur dari para traveler.
Korea di mata Influencer dan Selebriti
"Saya paling terkesan Busan", begitu kata artis cantik Atikah Hasiholan ketika ditanya mengenai kesannya pada Korea. Atikah Hasiholan yang aktris, model dan pembawa acara ini pernah melakukan shooting di Busan, Korea. Busan adalah kota yang memiliki jumlah penduduk terpadat kedua di Korea. Namun meski penduduknya padat, namun kotanya sangat teratur.
Bagi Marischka Prudence, traveler influencer top, Korea identik dengan kulit orang-orangnya yang sehat. Ia terkagum-kagum dengan kulit orang Korea yang glowing, mulus dan sehat walaupun sudah tua. Kebiasaan menyantap makanan sehat dan rajin merawat kulit membuat orang-orang iri pada kulit orang Korea.
Itulah produk skin care Korea laku keras. Dulu ketika saya masih bekerja di agen perjalanan wisata, saya selalu mendapat oleh-oleh skin care Korea dari para peserta paket tour saya. Harga skin care di Korea jauh lebih murah dibandingkan di sini. Makanya orang-orang kita pasti ngeborong produk-produk skin care Korea. Saya pernah memakai produk skin care dari tamu-tamu tour saya dan emang enak di kulit.
Bahkan jika naik kendaraan umum, orang-orang yang kondisi wajahnya habis dioperasi malah sering dikasih tempat duduk. Iya .. di sana orang-orang yang selesai melakukan operasi justru disarankan buat jalan-jalan. Dokter beralasan ini membuat aliran darah menjadi lebih baik dan proses penyembuhan menjadi lebih cepat.
Janine senang dengan hasil operasinya. Harga operasi ini lebih murah dibandingkan jika operasi dilakukan di Amerika atau Eropa. Proses penyembuhan cepat dan Janine bisa beraktifitas segera. Namun Janine tetap mengingatkan agar kita melakukan cek dan re-cek jika ingin melakukan operasi plastik di Korea. Teliti dokter dan rumah sakitnya agar tak menyesal setelah operasi dan hasilnya sesuai dengan yang diinginkan, katanya.
Jadi pengen ke Korea? Saya pengen bangettt. Namun saat ini saya cukup puas menggigit Eomuk yang rasanya gurih banget dengan kuahnya yang segar dan ttteokpokki yang berkuah kental. Kedua street food Korea ini berbahan dasar ikan. Saya beli kedua penganan ini menggunakan uang won KW yang saya terima saat registrasi tadi. Cuman di acara ini lho jajanan bisa dibeli pake uang KW hehehe.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H