Mohon tunggu...
Ya Yat
Ya Yat Mohon Tunggu... Penulis - Blogger

Penyuka MotoGP, fans berat Valentino Rossi, sedang belajar menulis tentang banyak hal, Kompasianer of The Year 2016, bisa colek saya di twitter @daffana, IG @da_ffana, steller @daffana, FB Ya Yat, fanpage di @daffanafanpage atau email yatya46@gmail.com, blog saya yang lain di www.daffana.com

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Website dan Media Sosial Terbaru Danamon Siap untuk Digital Journey

28 Oktober 2017   06:47 Diperbarui: 28 Oktober 2017   08:29 4618
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
web danamon (dok.from screenshot)

Era milenium bisa dibilang sebagai kebangkitan era digital. Perkembangan digital sejak era milenium begitu cepat terjadi. Seakan semua aspek berlomba untuk menjadi nomor satu di dunia digital. Dunia digital memang mengedepankan kecepatan, ketepatan dan kemudahan. Semua yang bergerak di jaman digital harus punya aspek-aspek ini.

Dunia perbankan adalah yang paling harus responsif pada perkembangan digital. Bank tidak lagi hanya mengandalkan model konvensional, yang kalo butuh berurusan dengan transaksi bank kita harus datang ke banknya. Saya sudah lama tak datang ke bank untuk mengurus transaksi perbankan. Sehari-hari saya gunakan internet banking dan mobile banking. Kalau butuh uang cash saya tinggal ke ATM terdekat. Praktis.

Jika butuh berhubungan dengan pihak bank, saya memilih contact lewat akun media sosial bank tersebut. Rata-rata bank besar sudah mempunyai akun media sosial sendiri yang di managedengan baik. Mengontak lewat akun media sosial juga tak makan pulsa, karena saya selalu sedia kuota internet. Coba kalau harus menelpon customer service bank, sudah berapa banyak pulsa yang habis.

Bank Danamon adalah salah satu bank terbesar di Indonesia yang responsif pada perubahan jaman. Demi mengikuti perkembangan dunia digital yang serba cepat, bank Danamon melakukan inovasi dalam pelayanan kepada nasabahnya. Tujuannya adalah agar nasabah Danamon makin nyaman bertransaksi yang akan berujung pada meningkatnya loyalitas pada Danamon. Ya kalau banknya responsif dan membantu banget atas transaksi keuangan kita sehari-hari kan nggak mungkin kita pindah ke lain hati... eehhh ke lain bank.

web danamon (dok.from screenshot)
web danamon (dok.from screenshot)
Media sosial, transaksi onlinedan corporate website merupakan fokus inovasi Danamon. Jaman sekarang nggak punya akun medsos itu rasanya kok serba kurang update. Dalam rangka melaunching inovasi terbaru Danamon di corporate website dan akun media sosialnya, saya diundang untuk hadir pada acara Danamon -- Unleash The New Me yang berlangsung di bilangan Kemang Jakarta Selatan.

Website Danamon yang bisa diklik di www.danamon.co.id mengalami peremajaan dengan menggunakan sistem dan platform baru yaitu SiteCore. Apa itu SiteCore? SiteCore adalah sistem manajemen konten ternama di industri pengembangan website. Dengan menggunakan sistem dari SiteCore, website Danamon menjadi kaya akan fitur terkini yang pada akhirnya memudahkan nasabah mendapatkan informasi terkait kebutuhan mereka.

Website Danamon ini juga dirancang user friendly dengan tampilan kekinian yang modern. Website ini mudah diakses dengan gadget. As we know zaman sekarang orang-orang nggak pernah bisa lepas dari gadget, sampai ada ungkapan lebih baik ketinggalan dompet daripada ketinggalan gadget. Anak balita aja sudah dikenalkan dengan gadgetoleh orang tuanya. Generasi milenial menggunakan gadget untuk mendukung aktivitasnya. Generasi inilah salah satu yang disasar oleh Danamon.

Pak Tony Darusman (dok.yayat)
Pak Tony Darusman (dok.yayat)
Dalam acara launching kemarin, pak Gervasius Samosir selaku Country Head Solidiance pemilik SiteCore mengatakan bahwa generasi milenial adalah generasi yang akrab dengan teknologi. Generasi ini butuh segala sesuatu berjalan dengan cepat, mudah dan aman. Ini menyebabkan perubahan dalam kebiasaan bertransaksi perbankan. Orang tak butuh lagi datang ke bank, semua dilakukan secara online.

Peluncuran website terbaru dan media sosial ini merupakan rangkaian perjalanan Danamon yang diberi tema Danamon Digital Journey 18 -- Connecting Future. Tema ini diartikan sebagai Danamon memperkuat kanal komunikasi digital melalui Digital Journey sekaligus menjadi bukti bahwa Danamon siap menghadapi makin kuatnya dunia digital khususnya di tahun 2018. Saya nggak bisa membayangkan percepatan dunia digital tahun 2018, wong tiap bulan selalu ada yang baru di dunia digital.

Media Sosial Danamon

Paparan mengenai website Danamon selanjutnya dilakukan oleh pak Toni Darusman selaku CMO Danamon. Pak Toni ingat awalnya Danamon punya 23 akun media sosial yang nggak praktis digunakan di jaman sekarang. Me-manage-nya susah gitu lho dan banyak akun bikin nasabah juga susah berhubungan dengan Danamon. Akhirnya akun medsos ini dirampingkan.

IG Danamon (from screenshot)
IG Danamon (from screenshot)
Saat ini Danamon sudah melakukan restrukturisasi akun-akun resminya. Untuk akun twitter Danamon adalah @danamon. Akun facebook Danamon adalah Bank Danamon. Instagram Danamon adalah @myDanamon. LinkedIn Danamon adalah Bank Danamon dan akun Youtube Danamon adalah Bank Danamon. Sementara untuk pelayanan nasabah Danamon punya akun twitter @HelloDanamon. Lebih simple dan gampang dihapalkan kan daripada 23 akun. Udah pada follow akun-akun ini belum? Follow dong.

Untuk akun Instagram, Danamon sudah membuat persona Instagram baru secara popularitas jenis medsos ini meningkat pesat. Ada 45 juta pengguna Instagram di Indonesia yang merupakan bagian dari 700 juta pengguna Instagram di seluruh dunia. Dari 45 juta ini 40% nya adalah pengguna dengan usia 18-29 tahun, which is potensial banget buat Danamon.

Udah intip timeline akun IG Danamon belum? Kekinian banget deh... keren. Saya suka liatnya. Saya ingin timeline IG saya kayak gitu... biar dapet banyak followerhihi. Caption foto berisi informasi Danamon yang diberikan dengan jelas. Ya kan IG itu bukan cuma soal tampilan foto yang keren tapi juga caption yang memberikan informasi dengan jelas. Saya kadang bingung dengan user IG yang cuma upload foto tanpa memberikan caption. Maksud fotonya apa coba.

para narsum (dok.yayat)
para narsum (dok.yayat)
Komunikasi Danamon di Medsos bukan hanya untuk nasabah lho tapi juga untuk karyawan Danamon sendiri. Danamon kan tersebar di seluruh Indonesia, perlu komunikasi interaktif antar karyawannya. Karena itu Danamon membuat aplikasi bernnama EAZY dari SAP. Aplikasi ini berbentuk media sosial yang disiapkan secara khusus untuk internal Danamon. Jika internal Danamon gampang berinteraksi, mereka akan berkolaborasi dan pada akhirnya mendukung inovasi Danamon dan meningkatkan pelayanan pada nasabah.

Website Danamon Unleash The New Me

 Lalu bagaimana dengan websiteDanamon? Pak Toni Darusman menjelaskan bahwa sekarang ini website Danamon lebih freshdan easy to use serta gampang dibuka menggunakan perangkat apapun. Website ini berisi fitur-fitur yang memudahkan nasabah dalam bertransaksi

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun