Mohon tunggu...
Yayang Angelina Octora
Yayang Angelina Octora Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Pamulang

Hobi saya adalah membaca dan menonton film. Saya menyukai genre fantasi dan aksi. Saya pernah berpartisipasi dalam Gerakan Sekolah Menulis Buku Chapter IV: Nasional oleh Gerakan Menulis Buku Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Membangun Pondasi Kepercayaan Diri Anak Prasekolah Melalui Program Kreatif di Taman Kanak-Kanak Bunga Mawar

4 Desember 2023   05:59 Diperbarui: 4 Desember 2023   06:19 114
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Penyerahan Piagam PKM oleh Ketua Pengabdi kepada Kepala Sekolah Tk Bunga Mawar

Aditriana1, Mohammad Syamsu Saputra2, Muhammad Rafiq Aslim3, 

Rizky Nur Illahi4, Yayang Angelina Octora5.

 Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Manajemen, Universitas Pamulang, Indonesia

Abstract

 

The community service with the title "Building the Foundation of Preschool Children's Self-Confidence Through the Creative Activity Program at Bunga Mawar Kindergarten" aims to increase the self-confidence of preschool children through a series of creative activities in the Kindergarten environment. The program involves various activities such as painting, singing, role playing and crafts, which are specially designed to strengthen children's self-confidence. Apart from that, involving parents and teachers as active supporters in monitoring children's development. Evaluation and monitoring are carried out regularly to measure the development of children's self-confidence. Through this service, it is hoped that we can create an environment that supports the positive development of preschool children and make a positive contribution to the quality of early childhood education at Bunga Mawar Kindergarten.

Keywords: Confidence,Creative,Child Development

Abstrak

Pengabdian masyarakat dengan judul "Membangun Pondasi Kepercayaan Diri Anak Prasekolah Melalui Program Aktivitas Kreatif di Taman Kanak-Kanak Bunga Mawar" bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri anak prasekolah melalui serangkaian kegiatan kreatif di lingkungan Taman Kanak-Kanak tersebut. Program ini melibatkan berbagai aktivitas seperti seni lukis, bernyanyi, bermain peran, dan kerajinan tangan, yang dirancang khusus untuk memperkuat rasa percaya diri anak-anak. Selain itu, melibatkan orang tua dan guru sebagai pendukung aktif dalam mengawal perkembangan anak. Evaluasi dan pemantauan dilakukan secara berkala untuk mengukur perkembangan kepercayaan diri anak. Melalui pengabdian ini diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan positif anak prasekolah dan memberikan kontribusi positif terhadap kualitas pendidikan anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Bunga Mawar.

 

Kata Kunci:Kepercayaan diri,Kreatif,Perkembangan anak.

PENDAHULUAN

Pendidikan merupakan serangkaian proses pendidikan yang dilakukan secara terencana untuk mencapai hasil belajar. Melalui pendidikan semua anak dapat dibekali dengan ilmu pengetahuan sesuai yang diinginkan. Pendidikan tidak hanya didapatkan melalui kegiatan formal saja, namun orangtua juga merupakan tempat pendidikan pertama dan utama bagi pendidikan anak. Oleh karena itu, keluarga harus mengetahui dan menyadari bahwa betapa pentingnya memberikan pendidikan sejak usia dini.

Taman Kanak-kanak (TK) merupakan salah satu instansi pendidikan dasar yang penting. Taman Kanak-kanak mengajarkan kita menulis, membaca, menggambar dan mengasah keterampilan. Karena di kehidupan yang akan datang semua hal itu menjadi dasar utama yang sangatlah penting. Dengan adanya Taman Kanak-kanak, para orang tua juga menjadi tidak khawatir terhadap permasalahan anak seperti buta huruf, buta warna, dan tidak memiliki keterampilan. Biaya yang dikeluarkan orang tua masa kini juga beragam mulai dari Taman Kanakkanak yang benar-benar mendidik anak dengan biaya yang murah dan fasilitas seadanya juga Taman Kanak-kanak yang mewah dengan biaya yang cukup mahal tetapi memiliki fasilitas modern yang sebenarnya justru tidak berpengaruh pada kemauan anak untuk belajar.Banyak kendala pada proses pembelajaran, salah satunya kurangnya kepercayaan diri pada anak. Guru sering mendapati sebagian anak jarang berbicara secara aktif di dalam kelas. Hal ini terlihat bahwa masih terdapat anak yang malu-malu untuk berbicara, bahkan takut menjawab pertanyaan yang diberikan oleh gurunya. Anak menganggap bahwa apa yang dikeluarkan dari mulutnya itu adalah suatu ketidak benaran.

Permasalahan ini muncul karena kurangnya penerapan program aktivitas kreatif yang dapat memberikan ruang ekspresi dan pengembangan potensi anak. Beberapa faktor yang menyebabkan rendahnya kepercayaan diri anak prasekolah antara lain kurangnya kesempatan untuk berekspresi, kurangnya pengakuan terhadap pencapaian anak, dan ketidakpastian dalam menghadapi situasi baru. Rendahnya ketersediaan sarana dan prasarana yang mendukung aktivitas kreatif dapat menjadi hambatan utama dalam menciptakan lingkungan yang stimulatif untuk perkembangan kepercayaan diri anak. Selain itu, rendahnya pemahaman orang tua dan pengajar tentang pentingnya aktivitas kreatif dalam pembentukan kepercayaan diri anak juga turut memperparah situasi tersebut. Kurangnya kesadaran akan dampak positif dari aktivitas kreatif terhadap perkembangan psikososial anak menyebabkan kurangnya dukungan dari orang tua dan guru.

Oleh karena itu, perlu adanya upaya untuk mengatasi permasalahan ini melalui pengembangan dan implementasi program aktivitas kreatif yang dapat meningkatkan kepercayaan diri anak prasekolah. Dalam hal ini, kolaborasi antara pihak sekolah, orang tua, dan masyarakat sekitar perlu ditingkatkan guna menciptakan lingkungan pendidikan yang holistik dan mendukung perkembangan anak secara optimal. Berdasarkan latar belakang tersebut, Tim Program Pengabdian Masyarakat (PKM) Universitas Pamulang yang berjumlah 5 mahasiswa  ikut serta dalam melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di TK Bunga Mawar,Tangerang Selatan dengan tema: "Membangun Pondasi Kepercayaan Diri Anak Prasekolah Melalui Program Kreatif di Taman Kanak Kanak Bunga Mawar".

METODE PENGABDIAN

Metode Kegiatan

Melakukan kegiatan mengajar secara langsung kepada anak-anak di Tk Bunga Mawar untuk membangun kepercayaan diri dan kreatifitas mereka dengan melakukan kegiatan bercocok tanam, menjelaskan macam macam bangun datar dan menempelkan bangun datar,dan mewarnai. Pada akhir kegiatan tim PKM mengadakan sesi tanya jawab dengan anak-anak dengan tujuan agar anak-anak tersebut lebih percaya diri ketika ingin bertanya maupun menjawab pertanyaan yang di berikan oleh gurunya.

Realisasi Pemecahan Masalah

Realisasi pemecahan masalah dalam program kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan pada hari Kamis, 16 November 2023 pada pukul 08.00 - 11.30 WIB. Kegiatan ini menggunakan metode interaksi langsung dengan anak anak dengan melakukan kegiatan antara lain sebagai berikut:

1. Bercocok Tanam

2. Menjelaskan dan Menempelkan bangun datar

3. Mewarnai buah-buahan

4. Tanya Jawab dengan kakak-kakak pengabdi

HASIL DAN PEMBAHASAN

Hasil dari pengabdian masyarakat dengan judul "Membangun Pondasi Kepercayaan Diri Anak Prasekolah Melalui Program Aktivitas Kreatif di Taman Kanak-Kanak Bunga Mawar" mencakup peningkatan signifikan dalam kepercayaan diri anak prasekolah. Program aktivitas kreatif yang diimplementasikan, seperti seni lukis, belajarsambil bermain bersama, dan kegiatan kreatif lainnya, berhasil menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan psikososial anak-anak.

Para anak prasekolah di Taman Kanak-Kanak Bunga Mawar menunjukkan peningkatan ekspresi diri dan keberanian dalam berkomunikasi. Mereka lebih aktif berpartisipasi dalam kegiatan kelompok, mengekspresikan ide-ide mereka secara kreatif, dan menunjukkan peningkatan dalam kemampuan berbicara di depan teman-teman mereka. Selain itu, melalui pengalaman berbagai aktivitas kreatif, anak-anak ini belajar mengatasi rasa takut akan kegagalan, membangun rasa percaya diri dalam mengeksplorasi ide-ide baru, dan menghargai kerja sama dalam kelompok. Para anak prasekolah tidak lagi terlihat malu ketika ditanya baik oleh guru maupun kakak pengabdi.

Pembahasan dari hasil pengabdian masyarakat ini menunjukkan bahwa implementasi program aktivitas kreatif di Taman Kanak-Kanak Bunga Mawar memiliki dampak positif yang signifikan pada pengembangan kepercayaan diri anak prasekolah. Lingkungan yang mendukung, guru yang terlatih, dan kegiatan yang dirancang dengan baik berperan penting dalam membentuk pondasi kepercayaan diri yang kuat pada usia dini, memberikan dampak positif yang berkelanjutan dalam perkembangan anak-anak.

 

Becocok Tanam
Becocok Tanam

Menjelaskan dan Menempelkan bangun datar
Menjelaskan dan Menempelkan bangun datar

Mewarnai buah-buahan
Mewarnai buah-buahan
Tanya Jawab dengan kakak-kakak pengabdi
Tanya Jawab dengan kakak-kakak pengabdi

Penyerahan Piagam PKM oleh Ketua Pengabdi kepada Kepala Sekolah Tk Bunga Mawar
Penyerahan Piagam PKM oleh Ketua Pengabdi kepada Kepala Sekolah Tk Bunga Mawar

KESIMPULAN DAN SARAN

Kesimpulan 

Pengabdian masyarakat dengan tema "Membangun Pondasi Kepercayaan Diri Anak Prasekolah Melalui Program Aktivitas Kreatif di Taman Kanak-Kanak Bunga Mawar" dapat disimpulkan bahwa melalui program tersebut, terlihat peningkatan signifikan dalam pembentukan kepercayaan diri anak prasekolah. Aktivitas kreatif yang diimplementasikan di Taman Kanak-Kanak Bunga Mawar berhasil memberikan ruang bagi anak-anak untuk mengeksplorasi kreativitas mereka, mengatasi ketidakpastian, dan mengembangkan kepercayaan diri. Hasil pengamatan dan evaluasi menunjukkan bahwa anak-anak lebih proaktif, berani berbicara, dan lebih percaya diri dalam mengeksplorasi lingkungan sekitar. Dengan demikian, program ini tidak hanya memberikan manfaat langsung pada perkembangan kreativitas, tetapi juga membentuk pondasi kuat untuk meningkatkan kepercayaan diri anak prasekolah di Taman KanakKanak Bunga Mawar.

 

Saran

Pengabdian masyarakat dengan judul "Membangun Pondasi Kepercayaan Diri Anak Prasekolah Melalui Program Aktivitas Kreatif di Taman Kanak-Kanak Bunga Mawar" dapat diwujudkan melalui sejumlah kegiatan yang mendukung perkembangan kepercayaan diri anak-anak prasekolah. Pertama, dapat diselenggarakan workshop bagi orangtua dan pendidik tentang pentingnya mendukung perkembangan kepercayaan diri anak. Selanjutnya, diadakan serangkaian kegiatan kreatif di Taman Kanak-Kanak Bunga Mawar, seperti seni lukis, drama kecil, dan permainan kelompok yang dirancang untuk memperkuat rasa percaya diri anak-anak. Dalam program ini, melibatkan juga partisipasi aktif orangtua untuk menciptakan lingkungan yang mendukung di rumah. Selain itu, dapat dibentuk kelompok diskusi antar orangtua untuk saling berbagi pengalaman dan strategi dalam membantu perkembangan kepercayaan diri anak di 8 lingkungan sekolah maupun di rumah. Semua kegiatan ini diharapkan dapat menciptakan atmosfer positif dan mendukung anak-anak prasekolah dalam membangun pondasi kepercayaan diri yang kuat.

DAFTAR PUSTAKA

Puspitasari, H. (2013). Membangun Rasa Percaya Diri Anak. Jakarta: PTElex Media Komputindo.

Kurnia Dewi., Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini., Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Faultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang

Ulfah Syuhada Nasution., Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia Dini Dengan Bercocok Tanam., ISSN 2776-7647 (online)., Jurnal Pemberdaaan Sosial dan Teknologi Masyarakat., Vol.1 No.1, april 2021,hlm,17-20.

 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun