Siapa yang tidak tahu brand Apple ? Kualitas yang dimiliki produk-produk Apple sudah tidak diragukan lagi. Apple jugaterkenal dengan inovasinya yang selalu memanjakan hasrat masyarakat akan teknologi baru,sehingga Apple sangat dicintai oleh para penggunanya. Terutama  ditahun ini Iphone 15 launcing mulai tanggal 27 oktober 2023 di indonesia . Hal ini moment yang paling ditunggu oleh pecinta Iphone series . Mari kita menganalisi STP  Apple :Â
- segmenting
Apple menjual dan menyebarkan produk Iphone ke seluruh dunia, terlebih lagi ditargetkan kepada negara negara maju yang ada seluruh di dunia, sehingga Apple dapat memenuhi kebutuhan dan preferensi konsumen di pasar global.
- targeting
1. Remaja
Remaja  dianggap  sebagai salah satu target pasar Apple Inc. Remaja menggunakaniPod  karena  berbagai  alasan.  Sebagian  dari  alasan  ini  adalah  untuk  berkomunkasidengan  teman-temannya,  mendengarkan  music,  dan  membuka  Facebook,  MSN,Twitter, dll. Ada juga banyak aplikasi game yang menarik bagi mereka. iPod telahmenjadi tren bagi remaja.
2. Â Mahasiswa (pembelajar)
Perguruan tinggi dan universitas juga ditargetkan oleh Apple Inc. Mahasiswa dapatmenggunakan produk Apple Inc. seperti iPad, Macbook, iPhone, dan lainnya untuk merekam catatan dengan cepat. Catatan-catatan ini disimpan dalam perangkat mereka.Produk-produk  dari  Apple  juga  ringan  yang  memudahkan  mahasiswa  untukmembawanya ke kampus.
3. Pebisnis
Para pebisnis sangat tertarik dengan produk Apple. Semua perangkat Apple (iPhone,iPad,  Macbook,  dll.)  memiliki  kualitas  bisnis  yang  sangat  berguna.  Perangkat  inidigunakan untuk menyelesaikan pekerjaan secara efisien dan berkomunikasi denganklien dengan mudah. Selain itu, pengiriman dokumen dapat dilakukan dengan mudahdan teraturÂ
4. Orang dewasa
Orang dewasa juga merupakan salah satu target pasar Apple Inc. iPhone berguna bagiorang dewasa untuk kebutuhan sehari-hari mereka seperti panggilan telepon, petunjukpeta, koneksi internet, dokumen, dan kamera. Membawa perangkat kecil ini membuatorang dewasa hidup lebih mudah untuk berkomunikasi setiap hari.Â
- positioning
1. Berdasarkan karakteristikÂ
Produk Apple  memiliki  berbagai  karakteristik  yang  dapat  digunakan  dalam  prosespenentuan posisi oleh perusahaan. Banyak fitur produk Apple yang unik dan karena itumenciptakan posisi yang berbeda di benak konsumen daripada produk sejenis lainnyadari merek berbeda yang ada di pasarÂ
2. Berdasarkan Penggunaan atau aplikasi
Penggunaan  produk  menyebabkan  bentuk  segmen  yang  berbeda  sama  sekali  yangmerupakan segmentasi perilaku. Secara alami, produk-produk Apple dapat diposisikanoleh penggunaan atau Aplikasi mereka jugaÂ
3. Berdasarkan kelas produkÂ
Apple diposisikan sebagai merek premium dalam pikiran pelanggan yang menuntutdan mendapatkan harga premium.  Positioning  Apple untuk menargetkan pelangganyang kurang sensitif terhadap harga, sehingga menciptakan budaya dan serangkaiankegiatan yang membedakan Apple dari para pesaingnyaÂ
5. Berdasarkan pesaing
Jika Apple menganggap Samsung  sebagai pesaingnya maka Apple  harus  melihat  dari  kelas  premium  brand  pesaing.  Dengan  demikian, Apple dapat melakukan positioning dirinya berdasarkan perusahaan yang menjadi targetnya sebagai pesaingnya. Apple berada di White hot center. White hot center adalah posisi pasar di mana perhatian seluruh pelanggan menyala. Ini pada dasarnya adalah tempatutama  perhatian  pelanggan,  dan  setiap  orang  menyaksikan  setiap  langkah  yangdilakukan penjual.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H