Mohon tunggu...
Yara Mustafa Rahal
Yara Mustafa Rahal Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Siber Asia

traveling

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Analisis STP (Segmenting, Targeting, Positioning) Apple Brand

11 Desember 2023   10:53 Diperbarui: 11 Desember 2023   11:00 661
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Siapa yang tidak tahu brand Apple ? Kualitas yang dimiliki produk-produk Apple sudah tidak diragukan lagi. Apple jugaterkenal dengan inovasinya yang selalu memanjakan hasrat masyarakat akan teknologi baru,sehingga Apple sangat dicintai oleh para penggunanya. Terutama  ditahun ini Iphone 15 launcing mulai tanggal 27 oktober 2023 di indonesia . Hal ini moment yang paling ditunggu oleh pecinta Iphone series . Mari kita menganalisi STP  Apple : 

  • segmenting

Apple menjual dan menyebarkan produk Iphone ke seluruh dunia, terlebih lagi ditargetkan kepada negara negara maju yang ada seluruh di dunia, sehingga Apple dapat memenuhi kebutuhan dan preferensi konsumen di pasar global.

  • targeting

1. Remaja

Remaja  dianggap  sebagai salah satu target pasar Apple Inc. Remaja menggunakaniPod  karena  berbagai  alasan.  Sebagian  dari  alasan  ini  adalah  untuk   berkomunkasidengan   teman-temannya,   mendengarkan   music,   dan   membuka   Facebook,   MSN,Twitter, dll. Ada juga banyak aplikasi game yang menarik bagi mereka. iPod telahmenjadi tren bagi remaja.

2.  Mahasiswa (pembelajar)

Perguruan tinggi dan universitas juga ditargetkan oleh Apple Inc. Mahasiswa dapatmenggunakan produk Apple Inc. seperti iPad, Macbook, iPhone, dan lainnya untuk merekam catatan dengan cepat. Catatan-catatan ini disimpan dalam perangkat mereka.Produk-produk   dari   Apple   juga   ringan   yang   memudahkan   mahasiswa   untukmembawanya ke kampus.

3. Pebisnis

Para pebisnis sangat tertarik dengan produk Apple. Semua perangkat Apple (iPhone,iPad,   Macbook,   dll.)   memiliki   kualitas   bisnis   yang   sangat   berguna.   Perangkat   inidigunakan untuk menyelesaikan pekerjaan secara efisien dan berkomunikasi denganklien dengan mudah. Selain itu, pengiriman dokumen dapat dilakukan dengan mudahdan teratur 

4. Orang dewasa

Orang dewasa juga merupakan salah satu target pasar Apple Inc. iPhone berguna bagiorang dewasa untuk kebutuhan sehari-hari mereka seperti panggilan telepon, petunjukpeta, koneksi internet, dokumen, dan kamera. Membawa perangkat kecil ini membuatorang dewasa hidup lebih mudah untuk berkomunikasi setiap hari. 

  • positioning

1. Berdasarkan karakteristik 

Produk Apple  memiliki  berbagai  karakteristik  yang  dapat  digunakan  dalam  prosespenentuan posisi oleh perusahaan. Banyak fitur produk Apple yang unik dan karena itumenciptakan posisi yang berbeda di benak konsumen daripada produk sejenis lainnyadari merek berbeda yang ada di pasar 

2. Berdasarkan Penggunaan atau aplikasi

Penggunaan  produk  menyebabkan   bentuk  segmen   yang   berbeda  sama  sekali   yangmerupakan segmentasi perilaku. Secara alami, produk-produk Apple dapat diposisikanoleh penggunaan atau Aplikasi mereka juga 

3. Berdasarkan kelas produk 

Apple diposisikan sebagai merek premium dalam pikiran pelanggan yang menuntutdan mendapatkan harga premium.  Positioning  Apple untuk menargetkan pelangganyang kurang sensitif terhadap harga, sehingga menciptakan budaya dan serangkaiankegiatan yang membedakan Apple dari para pesaingnya 

5. Berdasarkan pesaing

Jika Apple menganggap Samsung  sebagai pesaingnya maka Apple  harus  melihat  dari   kelas  premium  brand  pesaing.  Dengan  demikian, Apple dapat melakukan positioning dirinya berdasarkan perusahaan yang menjadi targetnya sebagai pesaingnya. Apple berada di White hot center. White hot center adalah posisi pasar di mana perhatian seluruh pelanggan menyala. Ini pada dasarnya adalah tempatutama   perhatian   pelanggan,   dan   setiap   orang   menyaksikan   setiap   langkah   yangdilakukan penjual.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun