Mohon tunggu...
Juli Yandika
Juli Yandika Mohon Tunggu... engineer -

Visit my blog yandika7.com

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

13 Jenis "Headline" yang Mematikan dalam "Copywriting"

30 November 2017   15:40 Diperbarui: 30 November 2017   15:56 29065
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Seberapa pentingkah headlinedalam copywriting?

SANGAT PENTING! Dalam buku Easy Copywriting karya Kang Dewa Eka Prayoga sangat menekan-kan hal ini. Menurut Kang Dewa, "3 detik pertama Anda akan menentukan segalanya... Jika orang-orang tidak membaca Headlinenya dipastikan mereka tidak akan membeli produk yang ditawarkan."

Oleh sebab itu, Kang Dewa membuat bab khusus yang hanya membahas tentang headline pada buku tersebut. Kamu dapat melihatnya pada Bab 4 yang telah dijelaskan Kang Dewa secara detail. Nah, pada tulisan ini, aku akan merangkum Bab 4  yang berisikan tentang "13 jenis headline yang mematikan".

Berikut 13 headline yang mematikan berdasarkan rangkuman Bab 4 dari Buku Easy Copywriting karya Kang Dewa:

1.Benefit Headline

Intinya: Anda menggambarkan KEUNTUNGAN yang akan mereka dapatkan setelah membeli produk atau menggunakan jasa Anda. Keuntungan tersebut bisa berupa keuntungan ekonomis maupun psikologis. Contoh headline ekonomis:

a. Beli Satu Dapat Dua 

b. Gratis iPhone Terbaru!

Contoh headline psikologis:

a. 3 Jam Kembali Seperti Perawan Lagi!

b. Langsing dalam 30 Hari, TANPA Diet!

2.News Headline

Intinya: Anda menginformasikan sesuatu kepada pembaca yang bersifat BERITA atau PENGUMUMAN. Contohnya:

a. Buka Tiap Hari Kecual Hari KIAMAT!

b. Pertama dan Terakhir di Tahun 2015!

3.Selective Headline

Intinya: Seakan-akan Anda menerangkan iklan atau promosi Anda untuk orang-orang tertentu. Contohnya:

a. Khusus untuk Kamu yang Suka Musik

b. Buat Anda yang Masih Jomblo!

4.Curiosity Headline

Intinya: Sebisa mungkin Anda membuat pembaca iklan atau promosi Anda merasa PENASARAN dengan apa yang Anda TAWARKAN. Contohnya:

 a. Satu Teknik Sederhana yang Selalu Dilakukan TOP Salesman Dunia

b. Rahasia menjadi Lebih KAYA lagi dari bisnis online tanpa harus memiliki produk sendiri

5.Gimmic Headline

Intinya: Anda menggunakan PERMAINAN KATA dan KALIMAT dalam Judul. Contohnya:

a. Jualan Terus, Rezeki Mulus

b. Ah, Saya MENYESAL!

c. Nomor REKENINGnya Berapa?

6.Fear Headline

Intinya: Seolah-olah Anda menakut-nakuti Pembaca, sehingga mereka benar-benar takut dan mengikuti apa yang anda tawarkan. Contohnya:

a. AWAS BANGKRUT!

b. JANGAN SAMPAI KEHABISAN!

7.Question Headline

Intinya: Anda memberikan PERTANYAAN kepada pembaca agar mereka jawab dalam hatinya. Contohnya:

a. Apakah Anda sudah sedekah hari ini?

b. Apakah Anda sudah mempersiapkan Masa Tua Anda?

8.Quatation Headline

Intinya: Anda mencantumkan Quote dari orang lain untuk dijadikan sebuah headline. Contohnya: "Kalau Dewa Prayoga sudah bicara tentang selling, beli saja bukunya. Karena emang dia jagoannya..."

9.Command Headline

Intinya: Anda seolah-olah MEMERINTAHKAN atau mengajak seseorang untuk melakukan sesuatu. Contohnya:

a. Ayo Sekolah!

b. Stop Melakukan Hal-hal yang Tidak Masuk Akal.

10.    Claim Headline

Intinya: Anda seolah-olah Mengaku-ngaku, Mengklaim, dan Menyatakan Sesuatu Secara Sepihak. Contohnya:

a. Motivator Termuda Nomor 1 di Indonesia

b. Seminar Terakbar tahun 2015

11.    You & I Headline

Intinya: Anda Seakan-akan BERBICARA LANGSUNG dengan PEMBACA. Menggunakan kata "Saya" dan "Anda/Kamu". Contohnya:

a. Saya Yakin Anda Tidak Mampu Menolak Penawaran Ini.

b. Saya Ingin mengajak Anda ikut Webinar GRATIS. Mau?

12.    Teaser Headline

Intinya: Anda seolah-olah menentang pembaca Anda untuk membuktikan kemampuan mereka. Contohnya:

a. Anda pasti tak sanggup mencapainya

b. Uang Anda Tak akan CUKUP Menggantikannya

13.    Merk Headline

Intinya: Anda mencantumkan Merk atau Logo Perusahaan Anda dalam Headline. Headline jenis ini sangat cocok bagi Anda yang sudah memiliki merk terkenal. Namun jika Anda baru di dunia bisnis, jangan sekali-sekali menggunakannnya. Kenapa? Orang-orang akan bertanya-tanya, "Kamu Siapa?", "Emangnya Kenapa?", "Terus, gue harus bilang WOW gitu?", dsb.

Bagaimana, sudah mendapat gambaran-kan?

Sebenarnya Headline jenis ini tidak hanya berfungsi bagi kamu yang ingin menjual suatu produk atau jasa. Jenis-jenis headline di atas bisa kamu gunakan juga dalam setiap tulisan yang kamu buat bagi kamu yang suka menulis. Karena memang pada dasarnya suatu tulisan itu tergantung dengan headline yang kamu buat. Semakin menarik kamu membuat headline, dijamin pasti orang-orang akan tergugah untuk membacanya. Apalagi jenis headline yang kamu buat tepat sasaran! Headline yang tepat sasaran itu ibarat seorang pemanah yang langsung memanah targetnya kea rah jantung, pasti mati dan tepat sasaran.

Sekarang giliran kamu untuk menerapkannya wanKawan.

Selamat berkarya...

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun