Penggunaan media sosial sudah menjadi sesuatu yang umum di masyarakat kita. Terlebih negara kita Indonesia termasuk dalam jajaran pengguna Internet terbesar di dunia.Â
Dengan adanya internet ini segala macam aktifitas bisa berjalan lebih efisien. Dan sosial media saat ini bisa menjadi ujung tombak berbagai aktifitas tersebut. Seperti aktifitas bisnis, promosi produk dan layanan, inovasi, pertemanan, sharing dan lain sebagainya.Â
Sejalan dengan negara kita yang masuk dalam jajaran pengguna internet terbesar di dunia, kini media sosial pun dapat menjadi bagian dari struktur suatu pekerjaan.Â
Dengan media sosial perusahaan mampu untuk menjangkau banyak client atau konsumennya, dengan media sosial jejaring pertemanan bisa semakin luas, dengan jejaring sosial orang lebih mudah untuk sharing dan berbagi informasi, dengan media sosial orang bisa berjualan.
Adapun beberapa media sosial yang kini populer dengan banyak peggunanya yaitu sebagai berikut :
1. Facebook
Bicara seputar media sosial facebook ini sepertinya sudah tidak asing lagi. Hampir setiap orang baik itu usia anak-anak hingga usia lanjut minimalnya pernah menggunakan media sosial ini. Atau bahkan sampai saat ini masih menggunakannya.Â
Facebook telah berhasil menunjukan eksistensinya sebagai platform jejaring sosial terpopuler dengan pengguna mencapai hingga miliaran. Dengan media sosial facebook setiap orang bisa saling berkenalan, bertukar pikiran, promosi usaha, jualan dan sejenisnya.Â
2. Instagram
Instagram merupakan sebuat platform yang mengutamakan postingan visual. Dengan instagram setiap pengguna bisa berbagi apapun melalui sebuah foto atau video. Instagram ini cocok sekali digunakan oleh para pebisnis online, content creator, animator, photografer dan sebagainya.Â
Dengan instagram mereka bisa promosi produk ataupun hanya berbagi karya berupa gambar, video animasi pendek. Jika anda termasuk pebisnis online yang menjual sebuah produk, maka maksimalkan instagram karena ini cocok untuk anda.
3. Youtube
Tidak akan asing lagi ketika anda mendengar youtube. Media sharing yang satu ini kini menjadi magnet setiap content creator dengan beragam hobi. Dengan adanya youtube ini setiap orang yang memiliki hobi design grafis ataupun animasi, akan berlomba untuk mendapatkan subscriber sebanyak mungkin.Â
Karena dalam hal itu ada keuntungan yang bisa didapatkan. Youtube digunakan juga sebagai sebuah platform promosi berbasis PPC (pay per click, dimana jika setiap video yang dibuat sesuai dengan ketentuan dari google adsense. Setiap iklan mahal dapat anda pasang di content youtube anda guna menghasilkan profit yang tinggi.
4. Twitter
Twitter ini sepertinya merupakan media sosial yang paling tua. Namun hingga saat ini twitter berhasil untuk bersaing dengan media-media sosial baru yang bermunculan saat ini. Pada masa kejayaannya di awal mula dibentuknya twitter ini disebut sebagai situs microblogging. Penggunaan yang mudah dan juga sederhana membuat platform media sosial twitter ini ramai penggunanya hingga saat ini.
5. Google PlusÂ
Google plus ini muncul sebagai media sosial yang satu  terlihat cukup potensial ataupun menjanjikan. Dan seharusnya Google Plus bisa menjadi jawara media sosial mengalahkan Facebook dan media sosial lainnya. Dengan alasan untuk setiap jumlah pengguna email Google sudah mencapai 2 miliar lebih saat ini dan menjadi media untuk promosi Google plus. Sayangnya, hal tersebut tidak terjadi karena memang tidak semua pengguna Gmail menjadi pengguna Google Plus.Â
Anda termasuk pengguna media sosial yang mana?..Yang jelas apapun media sosialnya, gunakanlah untuk hal-hal yang positif, jangan membuat kegaduhan, penipuan dan sejenisnya ya. Terakhir Jika ada kritik, masukan yang positif bisa sertakan di kolom komentar. Terimakasih.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H