Mohon tunggu...
Aji Mufasa
Aji Mufasa Mohon Tunggu... Wiraswasta - Engineer | Agropreneur | Industrial Designer

"Hiduplah dengan penuh kesadaran"

Selanjutnya

Tutup

Segar Pilihan

Habits yang Berubah Saat Ramadan: Cara Saya Tetap Bugar saat Berpuasa

6 April 2023   14:42 Diperbarui: 6 April 2023   14:50 782
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi berolahraga saat malam hari, Photo by Miriam Alonso: (PEXEL)

Pada hari-hari biasa, rutinitas olahraga adalah bagian tak terpisahkan dari hidup saya. Mulai dari mengangkat beban di gym hingga berlari atau berenang, olahraga telah menjadi bagian penting dalam menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh saya. Namun, semuanya berubah saat memasuki bulan Ramadan.

Sebagai seorang Muslim, bulan Ramadan adalah waktu yang sangat istimewa bagi saya. Puasa di siang hari dan ibadah yang lebih intens membuat rutinitas sehari-hari berubah. Salah satu hal yang mengalami perubahan signifikan adalah rutinitas olahraga saya. Biasanya, saya berolahraga di pagi atau siang hari untuk memulai hari dengan energi yang baik. Tetapi selama Ramadan, puasa di siang hari membuat saya merasa kurang bertenaga dan waktu luang yang tersedia di pagi atau siang hari sangat terbatas karena berfokus pada ibadah.

Namun, sebagai seseorang yang peduli dengan kesehatan dan kebugaran, saya tidak ingin mengabaikan rutinitas olahraga saya selama Ramadan. Saya pun harus beradaptasi dengan perubahan ini dan mencari alternatif agar tetap bisa menjaga kebugaran tubuh. Salah satu solusinya adalah melakukan olahraga pada malam hari setelah berbuka puasa.

Berolahraga pada malam hari selama Ramadan menjadi tantangan baru bagi saya. Namun, saya merasa bahwa ini adalah kesempatan untuk menggali lebih dalam kreativitas dan kekuatan dalam diri saya untuk menjaga kebugaran tubuh selama bulan yang penuh berkah ini. Melalui perubahan rutinitas olahraga ini, saya belajar banyak tentang adaptabilitas dan motivasi diri menanmkan mental yang kuat dalam diri saya.

Perubahan rutinitas olahraga selama Ramadan tidaklah terjadi begitu saja. Ada beberapa alasan yang melatarbelakangi perubahan ini, terutama terkait dengan puasa yang dilakukan di siang hari.

Pertama-tama, salah satu alasan utama adalah pengaruh puasa terhadap energi tubuh. Ketika berpuasa, tubuh tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman selama berjam-jam, yang dapat membuat tingkat energi tubuh menurun. Pada beberapa hari awal Ramadan, saya merasa sangat lelah dan kurang bertenaga, terutama di pagi dan siang hari. Hal ini membuat saya sulit untuk menjalani rutinitas olahraga yang biasanya saya lakukan di pagi atau siang hari, karena tubuh saya merasa lemah dan tidak berenergi.

Selain itu, kelelahan juga menjadi faktor yang mempengaruhi rutinitas olahraga selama Ramadan. Puasa yang berlangsung sepanjang hari dapat membuat tidur saya terganggu, karena harus bangun lebih awal untuk sahur dan menjalani ibadah malam. Hal ini dapat mengakibatkan kurang tidur dan membuat tubuh merasa lebih lelah dari biasanya. Ketika tubuh sudah lelah, melakukan aktivitas olahraga di pagi atau siang hari menjadi lebih sulit dan berat, karena tubuh saya belum sepenuhnya pulih dan memulihkan energi.

Selain itu, waktu luang untuk berolahraga di pagi atau siang hari selama Ramadan juga terbatas. Biasanya, waktu pagi atau siang hari adalah waktu yang saya manfaatkan untuk berolahraga sebelum memulai aktivitas sehari-hari. Namun, selama Ramadan, waktu pagi dan siang hari menjadi lebih terfokus untuk ibadah seperti membaca Al-Quran, shalat, dan beristirahat. Hal ini membuat waktu untuk berolahraga menjadi terbatas dan memaksa saya untuk mencari alternatif lain untuk tetap menjaga rutinitas olahraga.

Dengan adanya pengaruh puasa terhadap energi tubuh, kelelahan, dan keterbatasan waktu luang, rutinitas olahraga yang biasanya saya lakukan di pagi atau siang hari harus berubah selama Ramadan. Saya harus mencari solusi agar tetap bisa menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh meskipun dalam situasi yang berbeda ini.

Meskipun rutinitas olahraga harus mengalami perubahan selama Ramadan, penting untuk tetap menjaga aktivitas fisik agar menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Olahraga dapat memberikan banyak manfaat penting, terutama selama bulan Ramadan yang penuh tantangan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Segar Selengkapnya
Lihat Segar Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun