Mohon tunggu...
Aji Mufasa
Aji Mufasa Mohon Tunggu... Wiraswasta - Engineer | Agropreneur | Industrial Designer

"Hiduplah dengan penuh kesadaran"

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

7 Cara Menjadi Lebih Efektif dengan Manajemen Waktu yang Tepat

18 Desember 2022   20:10 Diperbarui: 18 Desember 2022   20:09 217
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Photo by Andrey Grushnikov: https://www.pexels.com/photo/black-and-white-photo-of-clocks-707676/ Image caption

Manajemen waktu adalah salah satu keterampilan yang sangat penting untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi. Dengan mengelola waktu dengan baik, kita dapat menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat dan tepat waktu, serta menyisihkan waktu untuk kegiatan lain yang kita sukai. Berikut adalah beberapa cara untuk menjadi lebih efektif dengan manajemen waktu yang tepat:

Tentukan tujuan dan prioritas 

Sebelum memulai sesuatu, tentukan tujuan dan prioritas Anda. Hal ini akan membantu Anda menentukan apa yang harus Anda lakukan terlebih dahulu dan apa yang bisa ditunda sampai nanti.

Buat jadwal harian 

Buat jadwal harian Anda dengan mencatat kegiatan yang harus Anda lakukan setiap hari. Tentukan waktu yang tepat untuk setiap kegiatan dan jadwalkan sesuai dengan prioritas.

Batasi distraksi

Distraksi dapat menyebabkan Anda kehilangan fokus dan membuang waktu. Batasi distraksi seperti menonaktifkan notifikasi di ponsel atau menutup tab browser yang tidak relevan saat bekerja.

Gunakan teknik pembatasan waktu 

Teknik pembatasan waktu, seperti pomodoro, dapat membantu Anda mengelola waktu dengan lebih baik. Dengan menetapkan waktu yang tepat untuk setiap kegiatan, Anda dapat mencapai tujuan Anda dengan lebih efektif.

Lakukan kegiatan yang paling sulit terlebih dahulu 

Kegiatan yang paling sulit biasanya membutuhkan fokus dan energi yang lebih tinggi. Lakukan kegiatan tersebut pada saat Anda paling fresh dan fokus, seperti di pagi hari atau setelah istirahat yang cukup.

Bawa buku catatan atau aplikasi pengingat 

Bawa buku catatan atau gunakan aplikasi pengingat untuk mencatat kegiatan yang harus Anda lakukan. Ini akan membantu Anda mengingat apa yang harus dilakukan dan mengelola waktu dengan lebih efektif.

Beristirahat dengan cukup 

Beristirahat dengan cukup dapat membantu Anda untuk Mengurangi stres dan kelelahan, Menjaga kesehatan mental, Meningkatkan konsentrasi dan juga Meningkatkan kreativitas.

Dengan Manajemen waktu yang baik maka dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam pekerjaan dan kegiatan sehari-hari

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun