Artikel "Writing as a Satisfying Endeavor" oleh Ingrid Bachmann di International Journal of Communication mengulas tentang penulisan akademis dalam studi komunikasi dan media. Berikut adalah ringkasan detail dari isi artikel tersebut:
Ironi dalam Penulisan Akademis: Bachmann membuka dengan menyoroti ironi dalam penulisan akademis di bidang komunikasi dan media. Meskipun bidang ini menyadari kompleksitas dalam menyampaikan pesan, penulisan akademis sering kali mengikuti standar yang kaku. Ia menunjukkan bahwa panduan penulisan umumnya berfokus pada gaya dan tata bahasa, namun jarang membahas bagaimana cara efektif menyampaikan ide.
Komunikasi Pengetahuan Ilmiah: Bachmann berargumen bahwa komunikasi pengetahuan ilmiah seharusnya memuaskan bagi penulis dan berguna bagi pembaca. Namun, literatur tentang komunikasi ilmiah sering kali menekankan pada kekecewaan, perjuangan, manajemen waktu, dan kelelahan, yang tidak terasa memuaskan atau menggembirakan.
Pendekatan Boczkowski dan Delli Carpini: Artikel ini mengapresiasi esai Pablo J. Boczkowski dan Michael X. Delli Carpini, yang membahas tentang keterampilan menulis dan meninjau "aturan permainan menulis." Mereka mengakui bahwa menulis adalah praktik yang sangat pribadi dan tidak ada satu cara yang cocok untuk semua orang dalam menyampaikan pengetahuan ilmiah.
Keberagaman dan Pluralitas: Bachmann menyoroti kompleksitas dinamika publikasi, terutama bagi cendekiawan dari global Selatan yang sering menghadapi hambatan bahasa dan budaya akademik. Ia mengkritik pendekatan formulaik dalam penulisan ilmiah dan menyarankan penggunaan format yang lebih populer dan beragam, seperti ensiklopedia tematik.
Mengakui Format Berbeda: Artikel ini menyarankan perlunya mengakui dan menerima format penulisan yang berbeda, seperti entri ensiklopedia, yang dapat melayani komunitas akademis yang lebih luas dan pembaca umum yang tertarik pada topik tertentu. Format ini juga bisa mengakomodasi bidang yang kurang diteliti.
Menuju Penulisan Ilmiah yang Lebih Memuaskan: Bachmann menyimpulkan bahwa masih banyak yang perlu dilakukan untuk membuat penulisan ilmiah lebih memuaskan bagi semua orang. Namun, ia mengakui adanya tanda-tanda perbaikan, dengan isu-isu ini semakin banyak dibahas dan didiskusikan dalam konferensi akademis, publikasi ilmiah, dan media sosial.
Secara keseluruhan, artikel ini menganjurkan pendekatan yang lebih inklusif, beragam, dan menyenangkan dalam penulisan akademis di bidang komunikasi dan media, serta menekankan pentingnya menghargai dan mengakui keberagaman dalam komunikasi ilmiah.
#Analisis
Analisis ini akan menerapkan tingkatan dari Taksonomi Bloom yang Direvisi, sebuah kerangka kerja untuk mengkategorikan tujuan pendidikan, untuk mendalami keterampilan berpikir tingkat tinggi.